Pendidikan anak pada usia dini seperti TK memang harus dipilih dengan hati hati. Terlebih bila untuk buah hati anda. Karena akan menjadi dasar pendidikan untuk masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan dan hal penting untuk orang tua yang sedang mempersiapkan buah hati masuk ke TK Jakarta.  

3 Persiapam Sebelum Anak Masuk TK

1. Menceritakan hal yang menyenangkan tentang TK pada anak

Saat akan masuk ke lingkungan yang baru anak anak biasanya akan takut karena belum terbiasa. Terlebih saat nanti tidak ada orang tua disisinya. Sehingga sebelum masuk ke dunia sekolah TK, orang tua harus membuat persiapan terlebih dahulu seperti memberi pengertian pada anak tentang dunia sekolah dan TK nantinya.

Orang tua bisa memberi gambaran singkat tentang dunia sekolah kepada anak dengan cara menyenangkan dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hal ini akan membantu menenangkan anak bila jauh dari orang tua dan akan bertemu teman yang baru. Orang tua bisa menanyakan apa saja hal menarik disekolah TK Jakarta saat anak kembali pulang.

2. Mengajarkan bersosialisasi sebelum masuk TK

Anak anak akan terbiasa bermain dengan saudaranya atau dengan anak di sekitar lingkungan rumah. Namun anak anak tentu harus beradaptasi lagi bila bertemu dengan teman yang belum pernah ditemuinya. Sehingga penting untuk membekali anak kemampuan bersosialisasi agar tidak kaget saat masuk sekolah.

Belajar berbagi, belajar menghargai, belajar menjalin hubungan dengan anak lainnya perlu diajarkan sejak dini dalam lingkungan rumah. Hal ini penting agar anak tidak menjadi seseorang yang egois dan malah takut untuk berbagi dengan teman teman sebayanya di TK Jakarta. Bakal pengalaman dan teori ini paling tidak harus dimengerti anak sejak dirumah.

3. Melatih anak mandiri

Saat akan masuk ke bangku sekolah TK maka anak akan belajar dan bermain jauh dari orang tua. Sehingga selain kemampuan beradaptasi dengan baik pada lingkungan sekitar, orang tua juga harus mengajarkan sikap mandiri kepada anak sejak dari rumah. Kemandirian diajarkan agar anak tidak kaget saat belajar di sekolah dengan aturan yang harus ditaati.

Beberapa cara melatih kemandirian anak di rumah bisa dimulai dari hal hal kecil seperti belajar merapikan mainan sendiri, atau meletakkan botol minum ke tempatnya setelah habis, dan meletakkan pakaian kotor pada keranjang cucian. Hal hal kecil seperti ini akan membuat anak lebih mudah menyesuaikan diri dengan sekolah TK Jakarta nantinya.

Walaupun masih didimonasi dengan kegiatan bermain, namun pendidikan dasar seperti TK sangat penting untuk melihat perkembangan si kecil kedepannya. Sehingga para orang tua harus memilih sekolah dasar untuk buah hati dengan baik dan jangan sampai salah pilih. Tips diatas akan membantu anda sebagai informasi tentang TK.

Jika Anda menginginkan pendidikan terbaik untuk si kecil, maka jangan ragu untuk menempatkan mereka di tk jakarta terbaik yang ada di Sekolah Murid Merdeka.