Fakta Menarik Idul Fitri

Fakta Menarik Idul Fitri – Hari besar umat muslim akan diawali dengan puasa sebulan penuh lalu pada tanggal 1 Syawal seluruh umat muslim akan merayakan hari kemenangannya. Pada hari kemenangan ini semua umat muslim akan merayakannya dengan penuh suka cita.

Dibalik kemeriahan Idul Fitri ternyata terdapat beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut adalah Fakta Menarik Idul Fitri yang telah kami rangkumkan untuk Anda.

THR

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan salah satu hal yang tidak mungkin terlewatkan pada saat lebaran. THR ini biasanya akan diberikan perusahaan kepada buruh, pimpinan kepada pendukungnya, maupun pejabat kepada bawahannya.

THR bisa berupa sembako, uang, maupun hal-hal lainnya sebagai ungkapan rasa cinta pada hari yang bahagia. Bagi anak-anak THR biasanya berupa uang. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang menukarkan uang baru untuk mereka berikan kepada anak-anak

Libur Bersama

Beberapa negara muslim Idul Fitri merupakan hari libur resmi yang berlangsung selama tiga hari lamanya. Jadi, jika Anda sedang merayakan hari raya ini dengan sangat antusias, maka Anda memiliki waktu tiga hari untuk melakukannya.

Biasanya, perayaan Idul Fitri dilakukan bersama keluarga, kerabat, dan juga teman serta dengan mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang diberikan kepada seluruh umat muslim.

Pertanyaan Misterius

Keunikan lainnya saat hari raya Idul Fitri adalah pertanyaan-pertanyaan misterius saat berkumpul keluarga. Pada forum tersebut, akan ada banyak hal orang bicarakan, mulai dari kabar, perkerjaan, kehidupan pribadi, maupun hal sepele lainnya.

Namun, bagi beberapa orang momen lebaran merupakan waktu untuk memperkuat mental. Terlebih lagi bagi kawula muda baik cowok maupun cewek akan menghadapi beberapa pertanyaan-pertanyaan aneh.

Salah satu pertanyaan yang mengganggu dan merupakan pertanyaan paling sulit serta misterius yaitu “Kapan Kawin, kok gendutan sih, belum hamil juga?”

Menggunakan Baju Baru

Fakta Menarik Idul Fitri

Menggunakan baju baru tidak hanya terjadi pada Negara Indonesia saja, bahkan hampir seluruh penjuru dunia pun juga merayakan Idul Fitri dengan membersihkan diri pada pagi hari dan menggunakan pakaian terbaik untuk melakukan shalat Id.

Bahkan, pada Negara India setiap wanita akan menggunakan henna pada tangannya untuk memeriahkan hari lebaran.

Pemberian Kado dan Hantaran

Tradisi ini mungkin sudah tidak asing lagi pada Indonesia. Yaitu untuk menyambut bulan Ramadhan banyak orang yang saling memberi kado serta hantaran. Pemberian kado dan hantaran ini sebagai bentuk pengungkapan rasa dengan harapan terbaik pada Idul Fitri.

Pada beberapa sudut negara, hadiah atau kado biasanya akan diberikan kepada anak-anak saja berupa uang, aksesories lucu, maupun mainan. Namun, pada Indonesia setiap orang pun akan mendapatkan hantaran berupa makanan khas lebaran, peralatan sholat, dan masih banyak lagi.

Nama Berbeda di Berbagai Negara

Hari raya Idul Fitri memiliki banyak nama pada setiap negara. Pada Negara Azerbaijan mereka menyebutnya “Ramazan Bairami”, pada Negara Malaysia mereka menyebut “Hari Raya Puasa”, Negara Senegal menyebut “Korite” dan Indonesia menyebutnya sebagai “Lebaran”.

Meski memiliki nama yang berbeda, namun untuk merayakan festival ini setiap individu Muslim akan merasakan emosi yang sama.

Itulah beberapa fakta menarik Idul Fitri yang akan menambah wawasan Anda pada hari kemerdekaan ini. Demikianlah artikel ini kami buat semoga dan terus dukung kami dengan membaca artikel kami yang lainnya.

Selain Fakta Menarik Idul Fitri, Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih banyak mengenai Idul Fitri dan mendownloadnya melalui Khutbah Idul Fitri 2022 pdf.

By skyweb