seo untuk hotel

Strategi Pemasaran Hotel

Berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan manajemen hotel dalam menanggapi pandemi global COVID, yang telah mengganggu seluruh industri perjalanan.

  1. Perhatikan sisi keamanan untuk kenyamanan

Dalam hal menanggapi ancaman virus korona dan perubahan perilaku dari pelanggan, satu-satunya pesan pemasaran terbesar yang perlu disampaikan oleh hotel adalah bahwa langkah-langkah keselamatan dan kebersihan diterapkan.

Bagaimanapun, agar tamu dapat tinggal bersama Anda dan menikmati kunjungan mereka, mereka perlu merasa bahwa risiko mereka serendah mungkin.

Komunikasikan langkah-langkah kebersihan dan keamanan yang Anda lakukan di beranda situs web Anda, di media sosial, selama proses pemesanan, dan dalam komunikasi sebelum Anda menginap.

Pastikan Anda memperbarui deskripsi pada platform pihak ketiga dan mencari cara untuk melangkah lebih jauh, seperti menggunakan check-in nirsentuh dan pembayaran.

Anda dapat membaca lebih lanjut di artikel “Kebersihan adalah Pesan Pemasaran Baru untuk Hotel” .

  1. Tingkatkan Penekanan pada Kenyamanan

Mereka yang berada di industri perhotelan perlu menghadapi dampak COVID terhadap pelanggan bisnis. Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah, pembatalan acara bisnis yang meluas dan pembatasan pertemuan massal, perjalanan bisnis menjadi sangat terpukul. Jika ini adalah fokus utama untuk hotel Anda, Anda mungkin perlu mengalihkan fokus.

Meskipun perjalanan wisata juga terpengaruh, namun belum mencapai tingkat yang sama dan masih ada cara untuk menarik wisatawan rekreasi, terutama jika Anda memfokuskan strategi pemasaran hotel pada keluarga, pasangan, dan kelompok teman.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda menggunakan saluran distribusi dan komunikasi yang memungkinkan Anda menjangkau para tamu ini.

Soroti aktivitas seperti tur dan kunjungan ke landmark lokal, dan promosikan fasilitas yang akan menarik bagi tamu rekreasi. Lihat bagaimana hotel saingan yang berspesialisasi dalam perjalanan rekreasi juga memasarkan properti mereka.

  1. Fokus pada Lokal sebagai Lawan Internasional

Dengan pembatasan perjalanan, beberapa negara mengharuskan orang untuk melakukan karantina saat masuk atau kembali, dan ketakutan akan perjalanan internasional meningkat, beberapa strategi pemasaran hotel yang paling efektif selama pandemi adalah strategi yang berfokus untuk menarik tamu lokal dari negara yang sama, atau dari negara tetangga dengan aturan serupa di tempat.

Berfokus pada pasar lokal mungkin berarti menyoroti fasilitas seperti restoran, gym, atau ruang pertemuan Anda dan itu juga bisa melibatkan mempromosikan salah satu kamar hotel Anda sebagai kantor sementara, yang ideal bagi mereka yang bekerja dari jarak jauh.

Beberapa hotel juga menargetkan pasar lokal dengan hal-hal seperti pengiriman makanan. Strategi pemasaran hotel yang bisa sangat efektif di sini melibatkan mengubah pengiriman makanan menjadi sebuah pengalaman.

Ini berarti memastikan makanan disajikan dengan baik dan juga menyertakan tambahan dalam makanan tersebut, seperti lilin, atau kode QR dengan playlist romantis Spotify.

  1. Memberikan Nilai & Kebijakan Pembatalan Fleksibel

Dengan orang-orang yang merasa lebih enggan untuk tinggal di hotel selama pandemi, sangatlah penting untuk menyoroti USP Anda. Orang perlu diyakinkan, jadi fokuslah pada apa yang membedakan hotel Anda dari properti pesaing, apakah itu desain Anda, lokasi Anda, kualitas fasilitas Anda, reputasi restoran Anda, atau atraksi terdekat.

Penting untuk fokus pada gagasan tentang nilai dan memberikan pengalaman. Anda tidak perlu memotong tarif untuk menarik tamu, selama Anda memberikan nilai uang. Ini bisa berarti menawarkan layanan tambahan, seperti layanan sarapan di kamar, minuman gratis, layanan pijat, persewaan sepeda, dan hal-hal lain yang akan diingat tamu Anda.

Anda juga harus menghormati fakta bahwa virus corona akan ada di benak orang dan mereka mungkin ingin membatalkan pemesanan, atau menjadwalkan ulang untuk lain waktu. Cobalah untuk menawarkan kebijakan pembatalan yang murah hati dan fleksibel jika memungkinkan.

Komponen SEO untuk meningkatkan kinerja website anda

  1. Luangkan Waktu untuk Menganalisis Data Anda

Salah satu strategi pemasaran hotel terbaik melibatkan memanfaatkan ketersediaan data situs web, beralih ke alat seperti Google Analytics, dan menggunakan informasi ini untuk memahami demografi mana yang paling tertarik untuk melakukan perjalanan ke hotel Anda, atau yang paling bersedia melakukannya. Dengan demikian, demografis target utama Anda mungkin perlu diubah.

Gunakan sistem manajemen properti Anda untuk menjelajahi berbagai grup dalam basis pelanggan Anda dan menganalisis datanya. Demografi mana yang paling mungkin bepergian? Demografi mana yang paling tidak bepergian? Apa area utama kelemahan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Seberapa besar potensi pertumbuhan yang dimiliki hotel Anda?

Setelah Anda memiliki jawaban ini, Anda dapat mulai berpikir untuk mengubah beberapa pesan pemasaran Anda.

  1. Biarkan Calon Tamu & Klien B2B Mengalami Hotel Anda Dari Jarak Jauh

Dalam konteks COVID, banyak wisatawan perlu diyakinkan bahwa kunjungan mereka akan bermanfaat dan tur realitas virtual untuk hotel menyediakan cara terbaik untuk menikmati hotel atau restoran selama fase pengambilan keputusan. Ini akan memungkinkan calon pelanggan rekreasi, pernikahan, atau acara mendapatkan kesan yang jelas tentang fasilitas dari jauh.

Aksesibilitas ke tur virtual reality telah meningkat pesat belakangan ini dan sebagian besar video VR modern berbasis web dan dapat dilihat di perangkat apa pun dengan browser web, termasuk komputer, ponsel, dan tablet. Tentu saja, pengalaman dan pencelupan secara keseluruhan dapat ditingkatkan lebih jauh melalui penggunaan headset VR.

By Mr Jago

Mengulas berbagai topik populer seprti Otomotif, Tips dan trik serta Digital Marketing berbasi mesin pencari (SEO)