Digital Talent Accelerator & Job Connect Binar Academy

Golang adalah salah satu bahasa pemograman yang populer dan cukup familiar di dalam dunia IT. Sebagaimana istilah lainnya di dalam bahasa pemrograman, Anda juga perlu memahami dengan baik arti Golang itu sendiri. Hal ini penting, terutama jika Anda masih baru akan mempelajari bidang ini dari dasar dan belum memiliki pengetahuan sama sekali.

Golang merupakan singkatan dari Go Language dan termasuk salah satu bahasa pemograman yang mudah untuk dipahami. Di dalam prakteknya, Golang dapat diketik dengan cara statis untuk menghasilkan sejumlah kode biner dalam mesin yang bisa dikombinasikan dengannya. Hal inilah yang membuat Golang terbilang mudah untuk dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun.

Bahasa pemograman yang menggunakan nama dengan awal Go ini memang dilahirkan oleh Google. Namun di dalam proses pengembangnnya, Google juga menggandeng 3 orang ahli, antara lain: Robert Griesemer, Rob Pike dan juga Ken Thompson. Golang bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah website maupun membuat berbagai aplikasi lainnya. Secara luas, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bahasa pemograman yang satu ini.

 

Golang adalah bahasa pemograman yang handal, berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

  • Platformnya menggunakan sistem open sourceā€

Sejak awal Golang memang menggunakan sistem open source yang fleksibel dan ramah digunakan. Hal ini memungkinkan bahasa pemograman ini digunakan oleh banyak orang sekaligus. Golang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi maupun membangun website dengan lebih mudah.

  • Dilengkapi dengan fitur garbage collector

Fitur unggulan yang terdapat di dalam Golang ini memungkinkan pengguna lebih mudah untuk mengelola memori di dalam sistem. Pengelolaan memori ini bahkan akan jauh lebih mudah dan cepat, jika dibandingkan dengan pengelolaan memori yang terjadi pada bahasa pemograman lainnya. Garbage collector ini akan sangat membantu dan membuat sistem menjadi lebih efisien.

  • Memiliki struktur data serta algoritma yang simpel

Jika dibandingkan dengan bahasa pemograman lainnya, Golang memang lebih mudah dipelajari. Hal ini disebabkan oleh struktur data dan juga algoritmanya yang simpel dan mudah untuk dipahami. Bukan hanya oleh orang-orang IT saja, Golang bahkan sangat mudah untuk dipahami oleh para pemula.

  • Dapat membuat peningkatan performa

Golang merupakan bahasa pemograman yang bisa meningkatkan performa sebuah aplikasi. Hal ini akan mempermudah pengunjung untuk mengakses aplikasi tersebut. Golang dapat diterapkan pada kode mesin, sebab kecepatannya bisa mengungguli berbagai bahasa pemograman lainnya dengan baik.

  • Golang terbilang reponsif terhadap kesalahan

Di dalam prakteknya, bahasa pemograman yang satu ini memang cukup responsif dan bisa membuat kesalahan terdeteksi dengan cepat. Golang dapat memberitahukan jika terdapat kesalahan pengetikan pada tahap kompilasi yang dilakukan. Hal ini akan mempermudah proses untuk mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya dengan cepat.

  • Mudah, cepat dan juga murah

Sebagai bahasa pemograman yang simpel, Golang memang bisa diterapkan dengan mudah. Hal ini akan membantu proses pembuatan aplikasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Bukan hanya itu saja, bahasa pemograman ini juga akan sekaligus menghemat biaya produksi dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

  • Memiliki kemampuan mumpuni

Golang termasuk bahasa pemograman yang sangat diminati, bahkan banyak perusahaan besar yang sudah menggunakannya di dalam aplikasi mereka. Hal ini bisa menjadi salah salah satu bukti kinerja Golang di dalam aplikasi.

Itulah beberapa keunggulan bahasa pemrograman Golang, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

By sartika