7 Tips Investasi Saham untuk Pemula

7 Tips Investasi saham untuk pemula – Saham merupakan instrumen investasi berupa bukti kepemilikan modal atas sebuah perusahaan. Biasanya saham ini ada pada perusahaan berbadan hukum perseroan terbatas (PT).

Kini, investasi saham menjadi sasaran generasi milenial. Pasalnya, banyak investor muda yang menunjukkan saldo rekeningnya setelah rutin berinvestasi. Kali ini, saya ingin membagikan 7 tips investasi saham untuk pemula. Berikut ulasannya.

7 Tips Investasi Saham untuk Pemula

7 Tips Investasi Saham untuk Pemula

1 Menentukan Tujuan Investasi

Sebelum membeli saham perusahaan, tentukan terlebih dahulu apa tujuan investasi yang anda maksud. Anda dapat membedakan tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Tujuan jangka pendek yaitu tujuan yang harus segera terwujud.

Sedangkan tujuan jangka panjang, anda dapat merealisasikannya beberapa tahun kedepan. Nah, tujuan manakah yang cocok dari investasi saham tersebut?

2 Memilih Perusahaan yang Tepat

Tips Investasi saham untuk pemula berikutnya yaitu memilih perusahaan yang tepat. Cara memilih perusahaan untuk investasi saham yang pertama anda dapat mengumpulkan daftar perusahaan PT rekomended.

Catatlah nama- nama perusahaan dan mulailah untuk melihat keunggulan dan kelemahannya dari segi saham perusahaan. Anda dapat melakukan analisis, mulai dari harga saham, tingkat likuidasi, deviden tahun sebelumnya, dan sebagainya.

3 Memahami Kondisi Keuangan Personal

Saat hendak berinvestasi, anda harus memahami kondisi keuangan personal. Jangan menginvestasikan seluruh uang anda. Anda harus mengaturnya berapa persen untuk alokasi investasi dan berapa persen untuk kebutuhan.

Jika anda mempunyai dana yang menganggur itu akan lebih baik. Tetapi, meskipun anda mempunyai dana yang pas- pasan anda tetap bisa melakukan investasi. Itulah mengapa penting bagi anda untuk mencari informasi mengenai saham sebuah perusahaan.

4 Nominal Investasi

Tidak masalah jika anda mempunyai nominal minimum untuk investasi saham. Berinvestasilah secara rutin, saat perusahaan melakukan emisi atau menerbitkan saham. Selalu ingat pepatah, sedikit sedikit lama- lama menjadi bukit.

5 Memahami Risiko

Saham mempunyai risiko yang tinggi. Ketika sebuah perusahaan mengalami kerugian, maka harga saham juga akan menurun. Artinya, uang yang anda investasikan nilainya juga ikut menurun. Semakin besar dana yang anda investasikan pada saham, maka risikonya juga semakin tinggi.

6 Bersikap Realistis

Banyak perusahaan yang menawarkan return tinggi untuk harga sahamnya. Anda jangan tergiur dari persentase return tersebut. Sebab, rata- rata paling tinggi return sebuah saham berkisar pada 12%. Bersikaplah realistis, saham yang memiliki fluktuasi tinggi biasanya akan menurun drastis.

Jangan berekspektasi berlebihan karena melihat orang lain mendapatkan return yang tinggi. Saham membutuhkan waktu untuk naik dan turun mengikuti kondisi keuagan perusahaan. Saham yang stabil cenderung menenangkan pikiran daripada saham dengan naik turun yang runcing.

7 Jangan Berhenti Belajar

Untuk sukses dan terhindar dari kerugian pada investasi saham, anda harus terus belajar. Itulah mengapa, banyak sekali buku mengenai saham yang dijual di pasaran. Pengetahuan mengenai saham tidak sesempit daun kelor, lebih dari itu lebih luas lagi dan memerlukan jiwa- jiwa haus belajar.

Itulah 7 Tips Investasi Saham untuk Pemula pada ulasan kali ini. Jika anda ingin memperluas tips seputar investasi saham, anda dapat mengunjungi  https://www.goodscoop.id/  . Pada blog tersebut terdapat banyak artikel yang membahas mengenai tips berinvestasi saham. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bisnis yang berkaitan dengan keuangan. Informasi tersebut bersifat update, sehingga anda tidak akan ketinggalan tips- tips baru untuk investasi saham.

By skyweb