Alat cukur pria biasa digunakan untuk mencukur jenggot, kumis, sampai bulu ketiak. Dan saat ini desain pisau cukur semakin berkembang untuk mempermudah proses menghilangkan bulu bulu yang tidak diinginkan. Namun tahukah anda bahwa pisa cukur tersebut harus sering diganti ? Yuk ketahui kenapa dan kapan waktu yang tepat menggantinya.

Alasan Kenapa Harus Sering Ganti Pisau Cukur

1. Pisau Cukur Sudah Penuh dengan Kotoran

Apabila pisau cukur sudah digunakan berkali kali, maka besar kemungkinan di sana sudah menumpuk banyak kotoran. Mulai dari kotoran bekas krim cukur, sabun, sel kulit mati, rambut rambut yang menyangkut, sampai bakteri. Bahkan jika anda tidak membilas sela selanya dengan baik, maka kondisi pisau cukur pun akan semakin buruk.

2. Kulit Berisiko Rusak

Pisau cukur yang digunakan berkali kali dan penuh dengan kotoran pasti tampak lebih kusam dari pertama kali anda menggunakannya. Bahkan bukan tidak mungkin jika pisau cukur tersebut telah mulai berkarat. Apabila terus digunakan, maka dapat memicu kerusakan pada kulit dan menyebabkan peradangan di sekitar folikel rambut. 

Lebih parahnya,  penggunaan pisau cukur seperti itu setelahnya akan menimbulkan rasa nyeri, perih, dan luka yang terkadang dapat menimbulkan bekas. Padahal niat hati menggunakan alat cukur pria untuk menjaga tampilan tetap rapi, justru meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Tentu anda tidak mau seperti ini bukan ?

3. Pisau Cukur yang Tumpul Memakan Waktu Lebih Lama

Ketika sudah digunakan berkali kali dan penuh dengan kotoran, kinerja pisau cukur pasti akan berkurang. Pisaunya sudah menjadi tumpul dan tidak setajam saat pertama kali digunakan. Jika sudah demikian, menggunakan pisau cukur yang tumpul tentu akan memakan waktu lebih lama. Dan mencukur pada area yang sama beberapa kali dapat memicu iritasi dan jerawat pada kulit.

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Pisau Cukur ?

Dengan beberapa alasan di atas, tentu anda harus sering mengganti pisau cukur secara berkala. Dan semakin sering pisau cukur digunakan, maka anda harus lebih sering pula menggantinya. Pertanyaannya sekarang adalah kapan waktu yang tepat untuk mengganti alat cukur tersebut ?

Para pakar menganjurkan untuk mengganti alat cukur pria dalam satu atau dua minggu sekali apabila anda termasuk sering mencukur. Dan apabila terdapat retakan pada pisau cukur, maka disarankan untuk segera membuangnya. Maksimal anda dapat menggunakan pisau cukur untuk 6 sampai 8 kali pemakaian, tidak lebih.

Jadi, apakah sudah waktunya anda mengganti pisau cukur ? Pastikan anda selalu menggunakan alat cukur yang tajam supaya prosesnya lebih efektif dan tidak melukai kulit. Agar memudahkan, anda bisa memesan pisau cukur melalui Olaif secara online. Terlebih Olaif Triple Blade Men’s Shaver telah dilengkapi 3 pisau mata cukur dengan 5 pcs dalam satu wadah. 

 

By roket