Anda Sering Insomnia

Sebagian orang sering mengeluh insomnia saat tengah malam atau jelang dini hari. Kebiasaan begadang bisa menyebabkan Anda tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Akibatnya tubuh merasa lemas, lelah dan kurang semangat dalam menjalani aktivitas harian. Jangan abaikan masalah insomnia jika Anda tidak ingin mengalami penurunan produktivitas. Cara mengatasi susah tidur adalah menghindari penyebab utama hal tersebut, misalnya main ponsel.

Benarkah main ponsel bisa membuat Anda lebih susah tidur?

Sebenarnya, banyak artikel kesehatan yang membahas dampak buruk bermain ponsel atau PC secara berlebihan. Gadget yang telah menjadi kebutuhan primer masyarakat Milenial bisa memicu masalah insomnia. Ada beberapa alasan yang dikemukakan para ahli terkait efektivitas gadget yang sebabkan susah tidur berikut :

1.                 Intensitas cahaya ponsel

Ponsel atau tablet yang Anda mainkan jelang tidur bisa membuat pengguna susah tidur. Hal ini dikarenakan paparan cahaya dari ponsel dan tablet bisa menurunkan kadar melatonin yang merupakan senyawa alami untuk meningkatkan kemampuan tubuh istirahat. Tak tanggung-tanggung, cahaya ponsel dan tablet bisa menurunkan senyawa alami ini hingga 23 persen, lho!

2.                 Jarak yang terlalu dekat

Jarak bermain ponsel yang terlalu dekat dengan muka sangat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur malam. Tak heran kalau ahli menyarankan ponsel atau tablet berjarak setidaknya 14 inci dari wajah agar Anda lebih mudah tidur.

3.                 Tingkat kecerahan yang tinggi

Jangan suka memainkan ponsel dalam kondisi kamar yang gelap atau temaram. Pasalnya, Anda akan tertarik untuk menyalakan atau meningkatkan kecerahan ponsel tersebut. Semakin cerah layar gawai Anda, maka kesulitan tidur bakal semakin terasa. Apalagi ada teknologi ponsel yang bisa memberikan kecerahan warna hingga 30 lux, Anda bakal rentan mengalami kesulitan tidur karena hal ini.

Coba tips mengatasi insomnia yang efektif ini!

Cara mengatasi susah tidur bisa Anda coba agar kebiasaan begadang tengah malam bisa diminimalisir sebaik mungkin. Buat peraturan penting untuk menghindari main gawai sebelum Anda pergi tidur. Selain itu, Anda juga wajib mematikan alat elektronik lain yang bisa memicu kesulitan tidur. Coba saja lakukan kebiasaan baru dengan mematikan ponsel Anda saat menjelang waktu tidur, maka tidur malam yang berkualitas bisa Anda dapatkan.

Susah tidur bisa disebabkan oleh pikiran yang kalut karena stress dan depresi. Anda harus membuat suasana kamar yang nyaman dengan nuansa baru, bersih, rapi, atau menggunakan lilin aromaterapi. Kenyamanan merupakan kunci mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, ya! Anda juga bisa melakukan olahraga sore atau aktivitas fisik yang lebih melelahkan agar tubuh bisa segera beristirahat pada malam hari.

Kunci mengatasi susah tidur terletak pada keseriusan Anda memulai gaya hidup sehat. Bebaskan diri Anda dari segala rutinitas agar bisa menikmati relaksasi terbaik. Tidur merupakan cara tubuh untuk kembali bugar dan siap melakukan aktivitas yang lebih produktif lagi. Yuk, coba tips menghindari penyebab susah tidur agar Anda bisa menikmati regenerasi sel yang baik pada malam hari!

By fondop