Ketika datang untuk memilih layanan pemantauan situs web untuk situs web bisnis Anda, Anda ingin memastikan Anda memilih yang dapat dipercaya. Jika Anda tidak memilih layanan yang tepat, Anda mungkin berpikir Anda terlindungi dari waktu henti berlebih ketika, pada kenyataannya, Anda tidak benar-benar terlindungi seperti yang Anda dapatkan jika Anda tidak menerapkan pemantauan situs web sama sekali. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih layanan pemantauan situs web untuk situs web bisnis Anda.

Bagaimana Layanan Memberitahu Anda?

Layanan pemantauan situs web yang berbeda memberi tahu pelanggan tentang waktu henti situs web dengan cara yang berbeda. Jika sebuah perusahaan hanya memberi tahu Anda melalui email, apa yang terjadi jika server email Anda turun dengan server situs Anda? Jika demikian, Anda tidak akan diberi tahu tentang waktu henti hingga masalah diselesaikan, yang berarti Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaiki masalah saat situs tidak aktif karena Anda tidak akan mengetahuinya . Sebuah layanan berkualitas akan menawarkan serangkaian opsi pemberitahuan termasuk pesan teks SMS dan panggilan telepon.

Berapa Banyak Server yang Ada dan Di Mana Mereka?

Jika layanan pemantauan situs web hanya memiliki satu server, apa yang terjadi jika server mati? Jika server mati, situs Anda tidak sedang dipantau selama pemadaman. Jika situs memiliki banyak server, Anda perlu tahu di mana lokasinya. Jika mereka berada di lokasi yang sama dan satu server mati, itu bukan masalah karena server lain akan mengambil kelonggaran. Namun, jika listrik mati total di area tersebut, semua server akan mati jika berada di lokasi yang sama. Itulah mengapa Anda perlu memilih layanan yang memiliki banyak server di banyak lokasi.

Seberapa Sering Situs Anda Diperiksa?

Layanan pemantauan situs web menawarkan interval yang berbeda di mana situs web Anda dapat diperiksa untuk masalah kinerja dan waktu henti. Karena setiap detik penting untuk waktu henti dan keuntungan, Anda ingin memastikan situs Anda diperiksa setidaknya setiap 60 detik. Beberapa layanan bahkan memiliki teknologi canggih yang memungkinkan mereka memeriksa situs setiap beberapa detik. Pastikan layanan yang Anda pilih cukup sering memantau situs Anda sehingga Anda diberi tahu waktu henti sesegera mungkin.

Bagaimana Layanan Pemantauan Situs Web Memeriksa Waktu Henti?

Sebagian besar layanan pemantauan situs web memeriksa server nama situs secara konstan. Namun, jika layanan menyimpan cache pencarian server nama alih-alih benar-benar memeriksanya, waktu yang dibutuhkan layanan untuk benar-benar mendeteksi pemadaman dapat sangat bervariasi tergantung pada time-to-live (TTL) situs Anda. Anda tidak ingin menunggu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk diberitahu oleh penyedia layanan Anda. Itulah mengapa Anda perlu memilih salah satu yang tidak bergantung pada caching untuk tujuan pemantauan.

Apakah Software Diperlukan?

Beberapa layanan pemantauan situs web mengharuskan Anda menginstal perangkat lunak untuk memantau situs web Anda. Jika Anda tidak ingin repot menginstal perangkat lunak di situs Anda, Anda perlu bekerja dengan layanan yang akan menginstal perangkat lunak untuk Anda atau layanan yang tidak memerlukan instalasi perangkat lunak apa pun. Tidak semua pemilik situs web cukup paham teknologi untuk menangani instalasi perangkat lunak. Jika Anda salah satunya, ini harus menjadi perhatian utama Anda.

Tidak Semua Layanan Pemantauan Situs Web Dibuat Sama

Seperti yang Anda lihat, tidak semua layanan pemantauan situs web dibuat sama. Anda perlu memastikan bahwa Anda memilih salah satu yang menawarkan layanan berkualitas yang benar-benar dapat melindungi Anda dari downtime dan memaksimalkan profitabilitas situs Anda.

 

Sumber: Jasanesia