edipurwanto-Lanskap Teknologi Paten adalah visualisasi tingkat tinggi dari kumpulan besar kumpulan data paten yang spesifik untuk teknologi tertentu. Ini memberikan pandangan dari berbagai segmen teknologi dalam dataset dan sangat berguna bagi para pembuat keputusan. Peta ini selanjutnya dibagi menjadi segmen teknologi terperinci yang lebih spesifik untuk memvisualisasikan hubungan teknologi, diversifikasi teknologi, dan berbagai tren teknologi. Penambangan kumpulan data besar untuk detail teknologi tertentu adalah proses yang melelahkan. Saat ini berbagai vendor seperti Aureka dari MicroPat menyediakan pembuatan otomatis peta lanskap paten untuk kumpulan data besar. Dasar pembuatan peta ini adalah frekuensi kata kunci. Dengan demikian peta-peta ini membutuhkan kecerdasan manusia untuk lebih menyempurnakannya.

Lanskap paten berisi berbagai grafik teknologi 2-D dan 3-D lainnya untuk mewakili berbagai area yang sedang berkembang, tumbuh tinggi, sedang, dan tumbuh rendah dalam teknologi tertentu, atau lintas teknologi. Ini membantu dalam mengekstrapolasi konsentrasi dan tren penemuan dengan segmen teknologi besar. Lebih lanjut, ini juga mencakup representasi grafis dari teknologi Paten kurva-S untuk menunjukkan kecepatan penemuan dan kegiatan paten, dalam berbagai segmen teknologi.

Sebuah lanskap paten membantu dalam:

Kategorisasi set data besar ke dalam berbagai segmen teknologi.

Portofolio paten besar perusahaan kategorisasi

Identifikasi calon pesaing dalam domain teknologi

Memvisualisasikan tren dalam lanskap teknologi dari waktu ke waktu

Membandingkan portofolio perusahaan pesaing

Identifikasi kemungkinan kolaborasi dan akuisisi dan merger

Identifikasi kemungkinan peluang penelitian
Kesimpulannya, lanskap teknologi paten adalah jenis laporan Technology Competitive Intelligence (TCI), yang terdiri dari representasi visual dari analisis analitik informasi set data paten besar dalam domain teknologi tertentu. Laporan ini biasanya mengatur dan menyoroti tren pengajuan paten, jumlah paten menurut negara, organisasi paten teratas, dan detail lainnya. Laporan ini membantu dalam mengidentifikasi celah teknologi dan ruang putih.