Kami merekomendasikan anggaran pemasaran dan periklanan sebesar 7%-8% dari Penjualan Bruto. Namun secara umum diamati bahwa bisnis kecil biasanya menghabiskan sekitar 10% dari pendapatannya untuk iklan, namun beberapa faktor dapat mengubah persentase ini. Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk membelanjakan lebih banyak uang untuk iklan jika mereka memiliki nama rumah tangga, beroperasi di industri yang kompetitif, atau menerima liputan media secara teratur.

Dengan pemikiran ini, tidak sulit untuk memahami mengapa lonjakan pilihan iklan baru untuk bisnis telah menjadi berkah sekaligus tantangan.

Anda harus mendefinisikan bisnis Anda dengan jelas, apa yang Anda tawarkan, dan apa yang ingin Anda katakan tentang produk atau layanan Anda. Kemudian, gunakan media periklanan yang tersedia untuk berkomunikasi dengan target pasar Anda secara efektif.

Mengapa iklan penting untuk UMKM?

Periklanan sangat penting untuk usaha kecil karena:

Ini memberi bisnis lebih banyak eksposur ke pelanggan potensial.

Dengan iklan yang tepat, usaha kecil dapat meningkatkan penjualan dan pembelian berulang.

Periklanan membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan saat ini.

Ini dapat membantu meningkatkan jumlah pelanggan baru yang menjadi pelanggan kembali.

Periklanan internet telah menciptakan cara baru bagi bisnis untuk memasarkan diri mereka sendiri. Pemilik usaha kecil sekarang dapat mempromosikan produk dan layanan mereka melalui media sosial, iklan bayar per klik (PPC), optimisasi mesin pencari (SEO), dan iklan pencarian.

Mengapa UMKM membutuhkan iklan?

Bisnis kecil memerlukan iklan karena membantu mereka untuk:

Kembangkan kehadiran di komunitas mereka.

Jelaskan siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.

Memasarkan diri sebagai merek bisnis.

Menunjukkan nilai produk dan layanan mereka secara lebih efektif daripada jika mereka tidak beriklan sama sekali.

Ini adalah cara yang efektif untuk memberi tahu calon pelanggan bahwa Anda ada dan apa yang Anda tawarkan.

Dalam banyak kasus, pemilik usaha kecil memiliki keinginan yang kuat untuk mengembangkan identitas merek mereka sendiri. Tanpa iklan, ini hampir mustahil untuk dicapai.

Periklanan juga dapat membantu usaha kecil membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial dengan berkomunikasi langsung melalui iklan.

Selain itu, periklanan penting bagi usaha kecil karena menarik pelanggan baru dari luar wilayah terdekat mereka. Misalnya, sebuah restoran mungkin mengiklankan dirinya di berbagai bagian negara melalui iklan cetak dan pemasaran online. Dengan cara ini, orang-orang yang mungkin belum pernah mendengar tentang restoran tersebut dapat mengetahui keberadaannya dan memutuskan untuk berkunjung saat berada di area tersebut.

Periklanan sangat penting untuk bisnis kecil karena meningkatkan penjualan dan membantu mereka tetap kompetitif melawan perusahaan besar.

Pentingnya anggaran pemasaran

Kehadiran anggaran pemasaran untuk bisnis kecil sering diremehkan, tetapi dapat menentukan sejauh mana bisnis akan berhasil.

Meskipun periklanan menjadi lebih terjangkau berkat munculnya internet dan media sosial, namun tetap membutuhkan perencanaan dan penganggaran. Iklan harus disetujui oleh pemilik atau pengelola, dibuat oleh para profesional atau desainer in-house, dan ditempatkan di media yang diinginkan.

Penting untuk membuat anggaran pemasaran untuk usaha kecil. Tanpa satu, pemilik bisnis mungkin menghabiskan uang untuk iklan tanpa pernah menentukan berapa biayanya atau apakah iklan tersebut secara efektif mendatangkan pelanggan baru, bisnis berulang atau rujukan.

Dengan anggaran pemasaran untuk usaha kecil, pemilik usaha dapat menentukan jumlah uang tertentu yang akan dikeluarkan untuk iklan. Mereka dapat menggunakan informasi ini untuk merencanakan di mana iklan akan diterbitkan, berapa banyak yang harus dianggarkan untuk setiap iklan, dan seberapa sering menjalankannya. Ini membuatnya lebih mudah untuk melacak keefektifan berbagai iklan dibandingkan dengan iklan lain yang diproduksi oleh bisnis.

Berapa anggaran pemasaran rata-rata untuk bisnis kecil?

Usaha kecil terutama mengandalkan pemasaran dan periklanan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Survei tahun 2019 oleh The Manifest mengungkapkan bahwa rata- rata anggaran pemasaran untuk bisnis kecil kurang dari $10.000 setahun.

Iklan adalah biaya tetap, artinya tidak berubah dengan volume penjualan. Gagasan di balik biaya tetap adalah bahwa pemilik bisnis tidak akan menghabiskan lebih banyak uang jika mereka memiliki gaji bersih yang lebih besar dari bisnis mereka.

Misalnya, jika pemilik umkm menerima pendapatan $1 juta dan membelanjakan $100 ribu untuk iklan, mereka akan menghasilkan 10% dari uang mereka. Jika pendapatan meningkat menjadi $2 juta, pemilik hanya akan membelanjakan $200 ribu untuk iklan dan melihat laba atas investasi 5% .

Dan dengan iklan digital, yang dengan cepat menjadi metode periklanan yang disukai, tidak ada batasan berapa banyak orang yang melihat iklan mereka. Pengeluaran iklan digital telah diamati tumbuh 12,2% dari tahun ke tahun pada tahun 2020.

Usaha kecil biasanya beriklan di surat kabar lokal dan surat edaran. Mereka juga dapat memilih untuk fokus pada iklan digital.

Platform media sosial menawarkan pengembalian investasi yang lebih baik kepada usaha kecil daripada bentuk iklan lainnya.

Jumlah uang yang dibelanjakan bisnis untuk iklan setiap tahun bergantung pada seberapa banyak pendapatan yang dihasilkan bisnis. Saat pendapatan bisnis meningkat, jumlah uang yang dibelanjakan untuk iklan juga meningkat.

Tidak ada persyaratan atau aturan khusus yang harus diikuti oleh semua usaha kecil dalam hal periklanan. Pengeluaran perusahaan konstruksi tidak akan sama dengan biaya perusahaan akuntansi. Setiap usaha kecil memiliki kebutuhan periklanan yang unik.

 

Jenis periklanan apa yang perlu difokuskan oleh pemilik usaha kecil?

Usaha kecil harus mencari jalan yang berbeda untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, termasuk:

Surat surat langsung, kartu pos, dan selebaran

Peluang sponsor dengan klub olahraga lokal dan acara komunitas

Jaringan untuk mempromosikan brand Anda

Iklan media sosial pada platform seperti Facebook dan Instagram dan jasa google ads

Pemasaran PPC seputar acara atau hari libur tertentu

Cara terbaik agar bisnis kecil berhasil adalah dengan menemukan metode periklanan yang paling sesuai untuk bisnis mereka dan menaatinya.

 

Faktor-faktor yang menentukan anggaran periklanan

Anggaran pemasaran dan periklanan biasanya diputuskan berdasarkan dana yang tersedia dalam anggaran pemasaran dan promosi perusahaan. Ini dapat mencakup:

 

Pengenalan nama rumah tangga

Geografi tempat bisnis beroperasi

Daya saing industri

Anggaran untuk acara industri

Biaya akuisisi pelanggan baru

Permintaan konsumen untuk layanan atau produk baru

Bagaimana cara mengurangi biaya iklan online?

Usaha kecil dapat mengurangi biaya iklan online mereka dengan memanfaatkan peluang pemasaran digital.

Karena sebagian besar usaha kecil beroperasi terutama secara online, mereka harus fokus pada jenis periklanan digital seperti:

Blogging untuk menunjukkan perkembangan baru dan menarik dengan perusahaan

 

Membuat akun media sosial untuk merek

Mempromosikan acara lokal yang melibatkan bisnis Anda

Menghosting webinar pendidikan untuk audiens target

Meninggalkan kampanye iklan digital berperforma rendah dan berfokus pada kampanye berperforma tinggi

Menggunakan alat untuk mengevaluasi keefektifan iklan online Anda

Menargetkan hanya pelanggan Anda yang paling memenuhi syarat dengan setiap iklan, Anda dapat memaksimalkan efisiensi anggaran iklan online Anda dengan memastikan Anda menjangkau pemirsa yang relevan.

 

Kesimpulan

Periklanan adalah bagian penting dari keberhasilan usaha kecil. Terlepas dari kesalahpahaman umum, periklanan berfungsi dan dapat membantu bisnis mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan keuntungan.

UMKM perlu menemukan metode periklanan yang tepat yang sesuai dengan bisnis mereka dan beriklan secara konsisten. Jika belum memiliki website untuk tujuan iklan, maka anda bisa mencari dulu jasa pembuatan website profesional. Dengan ini, mereka dapat melihat peningkatan keuntungan dan basis pelanggan melalui investasi mereka dalam periklanan. Kami harap Anda tidak lagi bingung tentang berapa banyak yang dibelanjakan bisnis kecil untuk iklan.

By roket