Selain biaya yang menjadi pertanyaan ketika menunaikan ibadah umrah, hal lain yang selalu muncul menjadi pertanyaan adalah berapa lama umroh dilaksanakan. Berapa lama pastinya ibadah umroh dilaksanakan? Berikut pembahasannya

 

Persiapan dan Durasi Ibadah Umroh

Umat muslim sering bertanya berapa lama umroh atau berapa lama durasi pastinya. Sebenarnya pelaksanaan waktu ibadah umroh adalah kurang 9 hari sampai 12 hari perjalanan. Durasi ini tergantung kebijakan travel agen umroh yang Anda pilih.

Anda tak perlu khawatir mengenai durasi yang relatif singkat dibandingkan haji tersebut, Anda sudah bisa menyelesaikan ibadah umroh sesuai dengan syariat Islam. Jadi, Anda tidak akan melewatkan ibadah tertentu. Hal ini karena travel agen yang dipilih biasanya telah bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan ibadah tersebut.

Selain durasi, Anda juga harus memperhatikan persiapan untuk umroh di bawah ini:

 

1.  Mempelajari Musim di Arab Saudi

Arab Saudi memiliki dua musim layaknya Indonesia. Namun, meskipun mirip tingkat kelembaban di Arab sangat berbeda sehingga sangat jarang sekali terjadi hujan. Mengetahui musim dan suhu di sana akan sangat membantu Anda beradaptasi dengan lingkungan. Anda juga bisa melakukan antisipasi dengan membawa perlengkapan pendukung ketika umroh.

 

2.  Menjaga Kondisi Tubuh

Ibadah umroh membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Rangkaian ibadah seperti tawaf dan sai membutuhkan kekuatan tubuh. Jarak tempuh dari kedua ibadah ini kurang lebih sekitar 4,55 km apabila Anda melakukan tawaf berdekatan dengan Ka’bah.

Dari dua ibadah di atas saja sudah terlihat bahwa kesehatan menjadi modal yang penting dalam melakukan ibadah umroh.

 

3.  Manasik

Sebelum berangkat umroh, Anda sebagai calon jamaah sangat disarankan untuk mengikuti latihan intensif umroh, atau biasa disebut sebagai manasik. Travel agen telah menyediakan pelatihan manasik sebelum berangkat.

 

4.  Tabungan Umroh

Dalam melakukan ibadah umroh, tentu memiliki tabungan bisa menjadi mempermudah persiapan Anda dalam melaksanakan ibadah umroh. Anda bisa menggunakan tabungan online, misalnya Sembilankita. Sembilankita menyediakan layanan tabungan umroh yang bisa mengatur keuangan Anda agar bisa lebih cepat mencapai target biaya umroh.

 

Demikian artikel berapa lama umroh dilaksanakan dan apa saja persiapannnya. Semoga setelah membaca artikel ini hati Anda semakin mantap untuk melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Dapatkan promo umroh dan haji menarik hanya di https://sembilankita.com/umrah.

By roket