Travel Jakarta Wonosobo dari adeliatrans.com merupakan satu diantara moda transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk perjalanan liburan dari jabodetabek ke beberapa tempat menarik di kawasan dieng.

https://adeliatrans.com

Agar informasi menjadi lebih lengkap tim dari https://adeliatrans.com akan mengulas perjalanan tim kami menuju ke bukit Sikunir Dieng atau Wonosobo.

Hah perjalanan saya mulai dari Demak itu sekitar jam satu, karena saya dari demaya Demak Jawa Tengah. Oke saya menuju ke Semarang dan disana saya bertemu dengan teman-teman. setelah teman-teman terkumpul akhirnya kita mulai perjalanan dari Semarang.

Untuk rutenya kita memilih melewati area gunung Ungaran, nah di sana nanti kita akan pilih melalui jalur ke arah Gedung Songo. sesekali kita Berhenti sejenak, teman saya nanti yang akan mengemudikan motor.

perjalanan kita lanjutkan lagi dan akhirnya kita sudah sampai di Bundaran Kota Temanggung, yaitu ya oh bener ini Kota Temanggung nanti kita tinggal cari jalur menuju ke arah Wonosobo.

Di Temanggung ini banyak sekali petani-petani cengkeh, Kemudian untuk hanya itu juga banyak dan pemandangannya Disini sangat bagus. saya akui memang bagus sekali disini dan udaranya juga tidak terlalu dingin, masih sedang dan agak sejuk. 

Oke sekarang kita akan menuju ke jalur Wonosobo, di pasar Legi Parakan ini masih di Kota Temanggung, di sini cukup rame banget apalagi kalau pagi hari pasti sangat macet. 

Dari kejauhan disana ada Bukit bertuliskan botorono, itu adalah wisata Bukit botorono. di sana viewnya sangat bagus sekali karena dia ada di atas bukit. kamu bisa menikmati sunset di sana tapi kali ini kami tidak mampir ke botorono kita akan lanjut saja fokus menuju ke Wonosobo

Setelah kita sudah keluar di Kota Temanggung, Sebentar lagi kita akan memasuki Kota Wonosobo. akhirnya kita sudah sampai di kota Wonosobo. ini adalah gapura selamat datang Wonosobo di sini udaranya mulai dingin dan kami memutuskan untuk istirahat. nanti akan kami lanjutkan lagi setelah sholat maghrib

Saat hari sudah gelap perjalanan kita lanjutkan lagi. Udaranya Disini sangat dingin ya makin malam semakin dingin Apalagi ditambah gerimis kondisinya semakin menggigil badan.

yang kamu sekarang ini adalah Bundaran Kota Wonosobo ya semakin masuk kota, di sini hujannya juga semakin lumayan deras. jadi nanti mungkin rekamannya akan saya loncat langsung ke lokasi sekundernya saja terus sejauh satu setengah KM

ssampainya di loket area Sikunir, di sini kita dikenakan biaya 15.000 per orang, llalu ini adalah area Parkirnya. di sini kita langsung ditawari tenda karena memang disini sportnya untuk berkemah. Sewa tenda nya persatu tenda itu dikenakan biaya 100.000 untuk isi 4 orang.

Jadi satu tenda isi empat orang itu biayanya Rp 100000, kemudian kita lanjut masuk ke dalam mencari area untuk berkemah, karena lumayan penuh ini di depan jadi kita harus cari lokasi lain yang agak lapang dan bisa buat parkir motor karena Nanti motornya itu diparkir disamping tenda kita. sebelumnya kita bayar parkir dulu ya bermotor itu Rp10.000

Setelah Kita sudah dapat Lokasi yang cukup lapang di samping danau, kemudian disini kita nanti akan mendirikan tenda dan juga parkir sepeda motor kita. disampingnya itu Danau atau Telaga namanya itu Telaga Cebong. Nah besok akan saya perlihatkan, karena ini malam hari jadi tidak kelihatan untuk difoto.

Dieng terdapat banyak sekali perbukitan atau gunung yang bisa dijadikan pilihan untuk menikmati panorama sunrise, karena kawasan Dieng termasuk kawasan dataran tinggi. Salah satu bukit yang populer di Dieng dengan panorama sunrisenya itu ada di bukit Sikunir.

untuk ke bukitnya kita akan lanjutkan pada subuh hari, sementara kita berkemah dulu disini dan menyalakan api unggun agar kita tidak kedinginan. karena udara Disini sangat dingin sekali.

Masih pagi banget sekitar jam lima subuh kita akan mulai pendakian menuju ke bukit Sikunir. nanti diatas kita bisa menikmati sunrise dan juga pemandangan bukit-bukit yang ada di bawah area Bukit Sikunir.

Di awal mulai perjalanan ini jalannya masih landai, jadi masih ringan-ringan saja nanti semakin keatas kita akan semakin sulit karena dia berbentuk anak tangga. bagi kamu yang tidak terbiasa mungkin akan terengah-engah karena udara di sini juga semakin keatas semakin tipis. kalau sudah capek ya istirahat saja jangan terlalu dipaksakan.

Setelah berjalan antara 30-50 menitan, akhirnya kita sudah sampai di ujung Bukit Sikunir. Tapi sayangnya pemandangannya tertutup kabut tebal jadi kita tidak bisa menikmati pemandangan yang ada di bawah Bukit Sikunir ini.

untuk ketinggian Bukit Sikunir, kurang lebih 2300 diatas permukaan air. Jika saja keadaan tidak berkabut seperti ini kamu bisa melihat Gunung Sindoro dari bukit Sikunir. Sayangnya saya kurang beruntung jadi ya bagaimana lagi Kita tidak bisa melihat apa-apa dari ketinggian sini ya. Kita akan menunggu sampai 08.00, jika masih berkabut seperti ini ya kita nanti akan turun

Rombongan kita terbagi menjadi dua, yang Rombongan pertama kita akan turun dan rombongan kedua masih bertahan di atas ini sekitar 07.00 dan matahari masih belum kelihatan.

Jam 7.30 pagi ini kabut tebelnya mulai menghilang, Ya walaupun tidak seluruhnya setidaknya kita masih bisa melihat bukit-bukit yang ada di bawah Bukit Sikunir ini. pada hari ini kita gagal untuk menikmati sunrise ya tapi jika kamu ingin menikmati sampai saya sarankan untuk mendatangi tempat ini pada bulan-bulan yang tepat.

kalau asal datang kayak kita ini Ya dapetnya ya kabut tebal kayak gini, nah di bawah bisa kamu lihat di situ ada lautan awan bagus sekali. dilihat dari pemandangan atas ini walaupun gunungnya masih ke terhalang Ya setidaknya kita masih bisa melihat pemandangan seindah ini

Menjelang siang ini sekitar jam 08.00 kita akan turun, seperti janji saya tadi. saya akan memperlihatkan Telaga Cebong. nah ini adalah penampakan Telaga Cebong, kamu bisa ambil foto di sini dengan background Telaga Cebong dan bukit di belakangnya.

sekarang saya akan ajak anda jalan-jalan di area camping, sambil melihat pemandangan bukit-bukit yang tertutup awan itu, di sini juga kanan kiri ada beberapa perkemahan yang sudah didirikan mulai tadi malam.

kendaraan-kendaraan semua masuk area perkemahan, karena memang berjaga-jaga kalau ada pencurian. Namanya juga Perkemahan kita tidak tahu ada orang yang mutil atau buka-buka bagasi Kita kan nggak tahu lebih amannya ya di samping tenda, kalau ada apa-apa bisa langsung ketahuan.

jangan lupa cek kembali barang bawaan anda jangan sampai ada yang tertinggal, didalam tenda kita tidak perlu membongkar tenda nya karena nanti akan dibongkar oleh yang punya sendiri.

sekarang kita lanjutkan perjalanannya, di sebelah kiri Telaga Cebong tadi ya kalau malam memang tidak kelihatan. kalau pagi atau siang Kelihatan bagus ada bukit-bukit nya. 

By roket