Bus umum seperti kita ketahui tetap menjadi pilihan alternatif untuk mudik setelah kereta api dan pesawat. Bus umum tetap dibutuhkan masyarakat untuk sarana transportasi di saat mudik. Apalagi saat ini membeli tiket bus sudah bisa online. Bayarnya pun makin mudah dengan pinjaman online cepat cair terbaru yang sudah tersedia di marketplace yang menyediakan pembelian tiket bus seperti JD.ID.

Mudik di masa pandemi tetap bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti halnya yang dilakukan bagi para penumpang kereta api dan pesawat terbang, para penumpang bus harus menunjukkan KTP serta bukti surat keterangan sehat bebas covid.

Supaya lebih jelas berikut adalah panduan aman mudik menggunakan bus umum di masa pandemi.

Menyertakan bukti bebas Covid 19

Beberapa armada bus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun, tidak dimungkiri bahwa pengawasan di beberapa terminal masih tidak terlalu ketat seperti halnya di stasiun kereta api maupun jika menggunakan pesawat terbang.

Namun demikian, pada prinsipnya calon penumpang bus tetap harus menyertakan surat kesehatan bebas covid. Bisa dalam bentuk surat PCR yang berlaku selama 7 hari atau surat hasil tes rapid antigen yang berlaku selama 3 hari.

Baiknya lakukan tes satu hari sebelum jadwal keberangkatan sehingga masa berlaku surat tes kesehatannya tidak terlalu lama.

Jaga jarak saat berada di dalam bus

Jika kurang yakin dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh armada bus, pastikan dengan baik. Sehingga ada pemberian batas jarak aman sesama penumpang di dalam bus. Kepastian kapasitas penumpang di masa pandemi memang terus diperbaharui. Paling tidak kapasitas bus terisi antara antara 70% sampai dengan maksimal 85% sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Jaga jarak aman juga tidak hanya dilakukan saat di dalam bus saja tetapi juga saat antrean pembelian tiket, atau saat menunggu keberangkatan di ruang tunggu.

Gunakan masker selama berada di bus

Pastikan bahwa kamu selalu mengenakan masker selama bepergian apalagi jika bertemu banyak orang. Jika terpaksa harus membuka masker, upayakan berada jauh dari kerumunan atau tempat orang berkumpul. Jangan juga abai saat makan atau istirahat.

Selalu cuci tangan, hindari menyentuh bagian wajah

Penyebaran virus corana yang selama ini ditemukan adalah lewat tangan. Virus corona bisa menempel di beberapa tempat dalam waktu yang cukup lama. Alasan itulah mengapa setiap orang kini disarankan untuk rajin mencuci tangan setiap setelah menggunakan fasilitas umum.

Misalnya seperti saat melakukan pembayaran di loket, saat masuk ke toilet umum, ataupun saat duduk di ruang tunggu. Pasti ada saat di mana seseorang berinteraksi di tempat itu dengan memegang handle pintu atau kursi. Pastikan juga jika menyentuh bagian wajah, tangan sudah bersih.

Beli tiket bus bisa bayar bulan depan lho

Keuntungannya, kini beli tiket bus pun sudah bisa dilakukan secara online. Sehingga memudahkan sekaligus mencegah penumpang berinteraksi langsung dengan petugas armada bus. Salah satu marketplace yang kini bisa menyediakan platform pembelian tiket bus secara online adalah JD.ID.

Keuntungannya lagi, pembayaran bisa dilakukan dengan cara dicicil jika total pembelian tiket mencapai minimal Rp1 juta. Kamu bisa menggunakan Kredivo untuk membeli tiket bus secara online di JD.ID. Kredivo menyediakan layanan pay later atau beli sekarang bayar nanti tanpa bunga dalam jangka waktu 30 hari.

Jika berangkat secara rombongan dengan keluarga, pembayarannya bisa dicicil asalkan mencapai minimal biaya untuk cicilan sebesar Rp1 juta.

Cicilannya bisa dibagi sesuai dengan pilihan tenor 3, 6 sampai dengan 9 bulan. Bunga cicilannya rendah hanya 2,6% saja. Pembelian secara rombongan ini bisa diperuntukkan bagi keluarga maupun kerabat atau teman-teman.

Untuk melakukan pendaftaran akun Kredivo bisa dilakukan secara online lewat aplikasinya. Aplikasi Kredivo bisa diunduh dengan mudah lewat App Store maupun Google Play Store. Tidak hanya untuk beli tiket busa saja. Kredivo bisa dipakai untuk bayar-bayar tagihan bulanan. Jadi, saat mudik sekalipun bisa tetap bayar-bayar BPJS, Listrik, Hp meski masih di kampung halaman. Praktis dan mudah bukan?

 

 

 

 

By sartika