Hal yang perlu Anda perhatikan adalah untuk bisa mengetik di halaman pertama dan mendapatkan posisi teratas antara rangking 1 sampai 3, ternyata tidak semudah yang Anda pikirkan. Mesin pencari atau search engine sendiri memiliki tiga tugas utama untuk menemukan tipe query atau query yang diketikkan.

1. Crawling

Proses pertama adalah mesin pencari akan menjelajah, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari semua situs web, dari halaman ke tautan.

2. Pengindeksan

Setelah perayapan berhasil, perayap web akan menyimpan informasi ke enty: daftar indeks.

3. Peringkat

Last but not least, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan konten paling relevan yang cocok dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Algoritme Google juga memastikan bahwa pengguna mendapatkan informasi dan konten dari sumber yang relevan dan tepercaya. Google sendiri juga memiliki algoritma yang diperbarui yang akan berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan waktu dan teknologi.

Nama algoritme yang menggunakan nama khusus, termasuk Panda, adalah algoritme yang terkait dengan aktivitas pemfilteran, hadiah, denda untuk konten situs web. Kemudian Penguin adalah algoritma yang dapat digunakan untuk mencegah spamdeks. Dan yang terakhir adalah Hummingbird, yaitu algoritma yang dapat meningkatkan kualitas dari kedua algoritma tersebut.

Mengenai teknik SEO, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang bahasa pemrograman dan aktivitas teknis. Ada beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan dan optimalkan untuk meningkatkan performa halaman web Anda.

Contohnya adalah melakukan audit halaman web penting, robots.txt, peta situs, jalur link, kecepatan halaman, dan banyak lagi. Anda bisa mengecek informasi tentang tools yang disediakan oleh Google yaitu Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA). Dan jangan lupa untuk melakukan peningkatan dan pengoptimalan pada halaman dan SEO pada halaman Anda.

Kami juga menawarkan jasa pembuatan website dengan harga bersahabat, serta juga menyediakan jasa seo jogja dengan pengalaman yang baik.

Indikator Utama SEO

Setidaknya ada 7 indikator utama untuk mengoptimalkan halaman web dengan SEO. Berikut penjelasan dari delapan indikator tersebut.

1. Struktur URL

Indikator pertama yang perlu dipertimbangkan adalah membuat struktur URL yang benar dan relevan dengan topik yang sedang dibahas. Pastikan juga untuk membuat tautan permanen atau siput yang berisi kata kunci utama konten halaman web Anda.

2. Penggunaan SSL / TLS

Sejak 2014, Google telah memprioritaskan situs web yang menggunakan SSL / TLS. Dengan adanya SSL dapat meningkatkan keamanan data pengguna akibat enkripsi selama proses transfer data yang berlangsung di website.

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sangat penting untuk mengoptimalkan situs web. Salah satu cara untuk mengetahui apakah situs Anda memiliki SSL / TLS atau tidak adalah dengan melihat URL Anda. Jika Anda masih menggunakan HTTP, pastikan situs Anda tidak memiliki SSL / TLS. Namun, jika Anda memiliki bukti sertifikat, URL akan dimulai dengan HTTPS.

3. Menentukan Topik Konten

Setelah menyelesaikan beberapa pengaturan di atas, langkah selanjutnya adalah menentukan topik yang ingin Anda kuasai. Untuk konten yang menarik, dengan lalu lintas yang baik, peneliti merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang relevan dengan bisnis Anda.

4. Menentukan Search Intent

Selanjutnya, buat struktur konten yang baik dan ikuti prinsip penulisan artikel yang baik. Umumnya akan menggunakan prinsip 5W + 1H. Jangan lupa untuk membuat struktur judul, tambahkan gambar, video atau infografik untuk mendukung konten yang Anda buat.

5. Tambahkan Meta Tag

Indikator keenam adalah menambahkan judul dan deskripsi meta. Ini sangat penting, untuk membantu Google mengidentifikasi halaman situs web Anda. Saat membuat, ada juga aturan penting, yaitu jangan menulis banyak judul dan meta description.

6. Menambahkan backlink

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, Google akan semakin menganggap situs Anda memiliki kredibilitas tinggi. Pastikan backlink yang Anda dapatkan berasal dari blog atau situs web berkualitas.

7. Optimalkan kecepatan website

Untuk indikator terakhir, ini yang paling penting. Sejak 2018, Google telah menetapkan bahwa kecepatan situs web, desktop, dan seluler, merupakan indikator SEO. Semakin cepat situs web Anda, semakin mudah untuk menentukan peringkat pada halaman pencarian di mesin pencari.