Peta Pemikiran

Menemukan Anda merasa bahwa Anda memiliki beberapa ide hebat, tetapi ketika Anda duduk untuk menulisnya, ide-ide itu tidak lagi menjadi yang terbaik? atau mungkin lebih buruk, Anda tidak dapat benar-benar merasakan apa yang ada dalam pikiran itu? di salah satu perusahaan pelatihan sarjana pascasarjana saya, kami menerjemahkan sebagian gagasan berbentuk kata-kata di atas kertas. salah satu metode yang menggunakan bagian otak kita yang biasanya kurang dimanfaatkan disebut “pemetaan pikiran”. apa itu peta pikiran?

Baca juga : Bimbel Karantina , Bimbel Masuk PTN

Apakah Anda pernah mengalami seperti Anda memiliki beberapa pemikiran super, tetapi ketika Anda duduk untuk menulisnya, itu mungkin bukan yang terbaik? atau bahkan lebih buruk, Anda tidak bisa tanpa ragu memahami apa pikiran itu? di salah satu kelompok pembinaan mahasiswa pascasarjana saya, kami telah membahas masalah menerjemahkan sebagian pikiran yang berbentuk kata-kata di atas kertas. salah satu teknik yang menggunakan bagian otak kita yang umumnya kurang dimanfaatkan disebut sebagai “pemetaan pikiran”.

Apa itu peta pikiran? tony buzan, yang menciptakan kata “peta pikiran” dan menulisnya secara drastis, menggambarkannya sebagai teknik grafis yang kuat yang memanfaatkan cara otak kita melukis dengan jelas. dia mengatakan itu memiliki empat karakteristik.

  1. Masalah utama dikristalisasi dalam foto utama
  2. Pokok bahasan utama terpancar dari foto yang relevan sebagai cabang
  3. Cabang berisi foto kunci atau frase kunci terungkap pada baris terkait.
  4. Cabang membentuk struktur nodal yang terhubung

Bagaimana peta pikiran Anda? pemetaan pikiran adalah kelas satu yang dieksekusi dalam pewarnaan. ketika Anda memiliki beberapa spidol atau pensil warna, dan selembar kertas putih, Anda sudah siap. jika tidak, cukup gunakan apa yang Anda miliki. mulai dengan ide kritis bahwa Anda mencoba untuk membungkus pikiran Anda. mungkin foto besar (misalnya bab berikutnya) atau konsep yang lebih kecil (misalnya beberapa paragraf berikut.) tuliskan dalam satu atau dua kata di tengah kertas, dan buat lingkaran di sekelilingnya. jika mungkin ada gambar atau gambar yang dapat Anda posisikan dengan frasa, kartun yang masuk konsepnya adalah Anda mengaktifkan sisi non-verbal dari pikiran Anda. bagus dari apa yang Anda gambar tidak selalu penting, mengingat fakta bahwa Anda akan menjadi orang yang paling mudah dilihat. hal yang sama tepat untuk pemikiran yang Anda hasilkan. jangan diedit, hanya dimasukkan ke dalam apa yang terlintas dalam pikiran.

Baca juga : Bimbel Masuk UI, Les Privat, Bimbel SBMPTN

Tidak ada pedoman untuk cara melanjutkan dari sini. Saya biasanya melakukan pelanggaran. cara pikiran saya bekerja, saya mulai memikirkan pemikiran, kelas, dan pemikiran terkait, yang saya tulis dalam lingkaran kecil yang mengelilingi lingkaran di tengah. saya kemudian menggunakan strain untuk mereka. tony buzan suka menggambar garis lengkung yang memancar dari tengah, dan menulis pikiran terkait atau terkait pada alunannya. hasil akhirnya tampak seperti pohon yang memancar dari tempat yang penting. metode saya tampak lebih seperti sekelompok lolipop.

Saat Anda masih menambahkan batasan terkait di lingkaran atau cabang luar Anda, Anda masih menarik hubungannya. Anda mungkin memperhatikan saat Anda mengisinya bahwa ada koneksi silang yang muncul. Saya merasa berguna untuk menarik garis di antara pikiran-pikiran yang saling berhubungan itu.

Baca juga : Les Privat SBMPTN

Bagaimana peta pikiran membantu? theBrain adalah asosiatif, and belahan otak yang tepat (pada kebanyakan orang) bertanggung jawab untuk non-verbal, visual, asosiatif, dan banyak pemikiran kreatif. biasanya saat menulis, kita biasanya menggunakan otak kiri kita, yang memiliki kecenderungan lebih dekat dengan pendekatan analitis, satu ide pada satu waktu. pikiran internal kita, bagaimanapun, tidak dibuat seperti itu. untuk alasan ini kami mendapat hambatan saat kami mencoba mendapatkan pikiran super kami di atas kertas.

Dengan menggunakan peta pikiran sebagai titik awal untuk bertanya-tanya, Anda dapat melewati dan merasakan perasaan karena pemikiran yang terlalu analitis. peta pikiran mendukung Anda untuk melihat beberapa konsep sekilas, dan dengan demikian mendukung pertanyaan Anda. itu cara pikiran saling terkait (atau lebih sedikit terkait daripada ide Anda.) Ini mendukung lebih banyak orang masuk ke komponen otak Anda yang kreatif dan non-linear.

Bagaimana mahasiswa pascasarjana dan profesor menggunakan peta pikiran? pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya, “bagaimana gina menulis dengan begitu cemerlang dan jelas? bagaimana cara menjaga semua pemikiran inovatifnya tetap lurus?” rahasianya adalah saya menggunakan peta pikiran untuk menulis artikel saya. jadi itu bukan iq tinggi tetapi bakat pemetaan pikiran saya yang membawa saya ke tempat saya saat ini.

Baca juga : 3 Jenis Umum Hibah Beasiswa Perguruan Tinggi

Berikut adalah beberapa metode yang bermanfaat untuk memanfaatkan pemetaan pikiran.

  1. Gunakan untuk brainstorming pemikiran untuk gagasan Anda atau tantangan studi baru.
  2. Buatlah peta pemikiran tentang kehancuran Anda selanjutnya atau yang sedang Anda hadapi saat ini.
  3. Ketika merencanakan karir Anda, buatlah peta pemikiran untuk mengekspos profesional dan kontra dari pilihan yang tersedia.
  4. Gunakan peta Pikiran untuk membuat catatan.
  5. Pemetaan pikiran dapat membantu Anda tetap sadar dan tertarik dengan perhatian Anda.
  6. Disatukan untuk pertemuan mendatang dengan peta pemikiran dan menggunakannya untuk memberikan penjelasan atas ide-ide Anda.
  7. Menggunakannya dalam mengajar, masing-masing untuk menyusun kelas dan untuk handout.
    Pokok-pokok pikiran dengan pikiran. Anda akan menemukan itu adalah kehancuran bersih dari satu-satunya cara kami mendekati banyak hal dalam gaya hidup.