7+ Cara Mempercepat Loading Blog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika seseorang ingin mengakses suatu halaman website, tentunya orang tersebut mengingkan loading halaman yang cepat. Oleh sebab itu, jika blog/website memiliki loading halaman yang lama maka pengunjung tidak nyaman. Tapi, anda jangan khawatir karena ada acara mempercepat loading blog.

Terkadang, saat orang mengakses menjelajah suatu situs web yang memiliki loading yang lama, maka orang tersebut beranggapan bahwasannya hal tersebut di karena dari koneksi internetnya yang lemot.

Namun, hal itu salah. Loading halaman suatu website juga bisa menjadi lambah yang disebabkan oleh kurangnya optimasi halaman oleh si pemilik blog maupun website. Maka dari itu, anda harus meningkatkan performa halaman website yang anda miliki.

Dengan begitu, si pengunjung akan merasa nyaman saat mengakses suatu situs web. Terdapat banya cara mempercepat loading web, salah satunya yaitu mengecilkan ukurang gambar, dan lain sebagainya.

Mengapa sangat Penting untuk mengoptimasi halaman loading web ?

Sudah saya katakan sebelumnya, kenyaman merupakan hal yang terpenting untuk setiap pengguna internet. Setiap orang lebih dari milyaran terus mencari informasi-informasi di google.

Apabila suatu halaman yang di akses oleh pengguna internet lambat, maka otomatis si pengguna tersebut akan menutup halamannya dan berpindah ke tempat lain.

Oleh karena itu, tingkatlah performa loading web yang akan membuat pengguna merasa nyaman. Dengan begitu, anda akan dinilai baik oleh pengguna-pengguna internet karena orang tersebut beranggapan anda memiliki nilai performa web yang bagus.

Baiklah langsung saja, disini saya akan menyampaikan bagaimana cara mempercepat loading web yang akan membantu anda untuk mengoptimasi blog atau website yang anda miliki. Sehingga, akan dinilai baik bagi pengguna internet.

Dilansir dari idcloudhost.com, terdapat 9 cara mempercepat loading blog/website. Mari kita simak apa saja cara yang dilakukannya.

9 Cara Mempercepat Loading blog atau website

Setiap pemilik website tentunya mengingkan loading blog atau web yang dimilikinya mempunyai performa loading yang baik. Namun, ada juga yang blog yang kurang atau sangat lambat untuk diakses. Namun, anda jangan khawatir karena ada caranya, yaitu :

  • Mengoptimasi Ukuran Gambar
  • Mengaktifkan Caching
  • Membatasi jumlah postingan per halaman
  • Menghapus plugin yang tidak dipakai
  • Mengaktifkan GZip compression
  • Menggunakan embed untuk video
  • Leverage browser caching
  • Menggunakan CDN
  • Memilih hosting yang memiliki performa yang handal

Kunjungi Juga Blog Meaoow.com

Mengoptimasi Ukuran Gambar

Setiap halaman blog/website tentunya memiliki minimal 1 gambar di dalamnya. Gambar tersebutlah yang dapat mendukung artikel. Misalnya, artikel tentang Kesehatan maka gambar dari suatu halaman tersebut tentunya rumah sakit, dokter, dan sebagainya.

Namun, terkadang ukurang gambar yang berlebihan akan berdampak pada performa website. Oleh sebab itu, anda harus mengecilkan ukurang gambar tersebut agar tidak berdampak buruk pada kinerja halaman blog/web anda.

Mengaktifkan Caching

Cara mempercepat loading blog lainnya ialah mengaktif caching. Hal tersebut bertujuan untuk membantu anda dalam mempercepat loading sehingga akan meningkatkan performa halaman yang lebih baik lagi. Caching ialah proses penyimpanan file/data sementara halaman html dari sebuah content blog.

Membatasi Jumlah Postingan per halaman

cara ini juga sangat berguna untuk meningkatkan performa web anda. jika anda tidak ingin menampilkan jumlah postingan yang banyak, maka sebaiknya anda harus membatasi setiap postingan pada suatu halaman. Sehingga, tidak akan menganggu daya performa loading web yang anda miliki.

Menghapus Plugin yang tidak berkepentingan

Pengguna wordpress tentunya sangat berkaitan dengan fitur plugin. Akan tetapi, jika anda menginstal terlalu banyak plugin tentunya akan berdampar buruh pada loading web anda. karena di sebabkan oleh beratnya plugin atau terlalu banyak plugin yang terinstall.

Oleh karena itu, install beberapa plugin yang menurut anda itu penting. Serta, uninstall plugin yang tidak cocok untuk anda. hal tersebut akan membantu meningkatkan performa web anda.

Mengaktifkan GZip compression

Selain dari menghapus plugin, cara mempercepat loading web lainnya yaitu dengan mengaktifkan GZip compression. Cara ini sangat berguna untuk anda jika ingin mempercepat loading web. Sebab, GZip compression akan mengecilkan ukurarn file css, xml, font, json, HTML, dan javascript.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurarngin beban-beban yang ada pada blog/website anda. sehingga, GZip compression akan membantu meningkatkan loading web yang lebih baik lagi.

Menggunakan Embed untuk video

Jika anda ingin memasukkan video dari yotube ke website anda maka akan mengurangi performa. Namun, hal tersebut dapat anda atasi dengan menggunakan embed.

Pada bagian editor gutenberge di wordpress, penggunaan embed video sangatlah gampang. Kalian bisa pilih embed lalu pilih youtube, kemudan masukkan url video dari youtube yang ingin anda masukkan.

Leverage browser caching

Jika anda menggunakan fitur ini, maka anda sangat beruntung. Sebab, fitur tersebut dapat meringkan browser dari pengunjung yang akan datang ke webs anda. hal tersebut di karena oleh browser dari si pengunjung bisa menyimpan cache file.

Menggunakan CDN

Fitur ini sangatlah berguna untuk meningkat loading web. Karena, CDN merupakan jaringan yang server yang sudah pada seluruh jaringan dunia. Fungsin dari CDN ialah untuk membantu loading blog/website meskipun pengunjung dari belahan dunia manapun.

Memilih hosting yang memiliki performa yang handal

Selain penggunaan CDN, cara mempercepat loading blog/website lainnya yaitu memilih hotisng yang handal. Anda harus selektif dalam memilih hosting, sebab hosting yang memiliki performa yang buruk akan berdampak pada web anda.

Jadi, anda harus benar-benar meminta rekomendasi dari teman-teman anda yang sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan hosting.

Nah, itulah dia tadi cara mempecepat loading blog/website yang bisa anda ketahui. Sehingga dapat membantu anda dalam meningkatkan performa blog atau website yang anda miliki. Sangat mudah, bukan ?

 

By havidz