Jangan pernah mulai mengecat sebelum membersihkan dan menyiapkan permukaan vinyl secara menyeluruh. Ini adalah satu-satunya cara agar primer dan cat menempel dengan baik pada vinyl.

  1. Periksa kebocoran air

Jika Anda ingin mengecat lantai vinyl di kamar mandi, hal pertama yang harus diperiksa adalah kemungkinan kelembapan dan kebocoran. Sangat penting untuk memecahkan masalah yang ada sebelum mengecat.

 Jika tidak, Anda akan menghabiskan waktu dan uang, tetapi hasilnya tidak akan bertahan lama.

Solusi lain adalah dengan menggunakan vinyl kualitas terbaik, seperti vinyl rumah sakit. Biasanya dibuat dengan kualitas yang lebih tinggi.

  1. Ganti ubin vinyl yang rusak

Pengecatan tidak dapat menyembunyikan penyok, luka, dan goresan yang ada, jadi Anda harus mengganti ubin yang rusak sebelum memulai proyek. Berhati-hatilah untuk menemukan ubin pengganti dengan ketebalan yang sama

Solusi lain adalah mengisi retakan dan lubang dengan pengisi kayu untuk menambalnya setepat mungkin. Biarkan mengering, ratakan area tersebut dengan amplas berukuran sedang, dan bersihkan debu dengan penyedot debu.

Ingatlah bahwa beberapa kerusakan tidak terlalu terlihat pada vinyl yang aus, tetapi Anda akan melihatnya pada permukaan yang baru dicat.

  1. Cat hanya setengah dari lantai pada suatu waktu

Menghapus semua barang dari ruang bawah tanah bisa jadi menantang dan terlalu rumit. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba trik yang sangat baik dan membersihkan setengahnya, mengecatnya, membiarkannya kering, dan memindahkan semuanya ke setengah yang dicat. Kemudian, saatnya untuk mengecat setengah lantai lainnya.

  1. Pembersihan

Persiapan sangat penting untuk sebagian besar proyek DIY, termasuk mengecat lantai vinyl. Tidak mungkin mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa menggosok secara menyeluruh dengan sikat bulu yang lebih bersih dan kaku, pembilasan, pengamplasan permukaan yang lecet, dan pencucian akhir.

Bahan

  • Ember dan air hangat
  • Deglosser Cair
  • Pembersih serba guna
  • sikat bulu kaku
  • Kain microfiber lembut
  • Spons
  • Handuk kertas dan kardus bekas
  • Penyedot debu

Prosedur ini penting karena beberapa alasan, termasuk:

  • Primer dan cat lebih melekat pada lantai vinyl yang bersih
  • Cat yang diaplikasikan di atas vinyl yang kotor akan menghasilkan lapisan akhir yang tidak rata dan bernoda
  • Tanpa pembersihan yang memadai, serpihan kecil debu dan kotoran akan tersangkut di cat

Prosedurnya tidak rumit, dan Anda hanya membutuhkan ember berisi deterjen yang dilarutkan dalam air untuk membersihkan lantai. Cuci permukaan secara menyeluruh dan hilangkan noda membandel dengan spons. Kemudian, biarkan lantai mengering.

  1. Amplas lantai dengan pole sander

Anda memerlukan pengamplasan tiang genggam, beberapa jam, dan kesabaran untuk mengampelas lantai vinyl sebelum mengecat. Itu adalah cara untuk menciptakan permukaan yang memadai untuk cat dasar dan daya rekat yang lebih baik.

Anda akan membutuhkan pengamplas orbital atau tiang pengamplasan dengan amplas grit 180 hingga 220 untuk menyelesaikan pekerjaan. Kemudian, sangat penting untuk menghilangkan debu dengan menyeka lantai dengan kain lembab.

  1. Oleskan Deglosser lantai

Menerapkan Deglosser lantai akan memperbesar efek pengamplasan. Pilih produk yang disukai dan tuangkan beberapa ke area yang ingin Anda bersihkan. Sebarkan di atas permukaan menggunakan pel spons dan ulangi prosedur setidaknya dua kali hingga tiga kali.

Biarkan hingga benar-benar kering selama kurang lebih 12 jam sebelum mengaplikasikan primer. Langkah ini akan menghilangkan lapisan mengkilap pada vinyl Anda dan memudahkan cat dasar menempel pada permukaan lantai.

Hati-hati selama langkah ini, pastikan ventilasi yang baik, dan lindungi mata dan hidung Anda saat menerapkan produk. Plus, selalu mulai dari sudut yang ditempatkan di seberang pintu masuk ruangan. Gerakan mundur akan mencegah menginjak lantai yang sudah disiapkan.

Owh ya, untuk anda yang sedang cari supplier vinyl, coba kunjungi suppliervinyllantai.com

By Mr Jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : Salim Digital