Budidaya lalat tentara  hitam  (Black Soldier Fly) maupun yg lebih diketahui dengan  nama  BSF maupun maggot, saat ini kian digemari oleh publik. Untuk  bisa  mengolah kotoran dengan cara  mandiri di rumah, publik  mulai sadar  buat  memilah sampah  organik serta anorganik. kotoran organik inilah yang kelaknya  bisa  jadi  salah satu materi penting buat  budidaya maggot. tidak hanya  itu, masyarakat  yang berharap budidaya maggot pastinya jua menginginkan benih maggot yang umumnya  dalam wujud telur. Telur BSF dapat  diperoleh dengan cara  langsung dari alam maupun pembudidaya maggot yang lain yang telah ada .

 

Ketika masyarakat telah mempunyai lahan , suplai  sampah  organik serta telur BSF maka  budidaya maggot siap buat  dijalani. Cara ternak maggot pemula pun mudah dilakukan. Tetapi telur BSF mesti ditetaskan terlebih dulu hingga jadi mini maggot/mini  ulat  supaya mampu mengonsumsi sampah  organik. cara menetas kan telur ini jadi  berguna  lantaran  dari sinilah cara  budidaya maggot bakal  diawali. tetapi , kerapkali telur yang ditetaskan tidak mampu jadi  mini ulat  akibat bermacam hal.

Nah, dikutip dari cara budidaya berikut yakni beberapa panduan agar telur BSF mampu menetas  jadi anakan ulat :

1. Tetaskan telur BSF dengan media  yg bertekstur lembut  kayak bubur.

Dalam kurun masa 2-3 hari, telur hendak menetas  jadi  mini  ulat  yang ukurannya sungguh kecil. Miniulat  ini bakal  cepat  mengonsumsi sampah  organik yang ada . sesuai hal  nya dengan anak kecil orang , maka  mini  ulat  ini pula  bakal  lebih gampang mengonsumsi makanan  bertekstur lembut  ketimbang dengan yang kasar . Pembudidaya bisa  memakai sampah  sisa masakan yg dicacah halus  maupun pelet  ikan yang diberi air  buat  sebagai  alat  inkubasi.

Gunakan  penopang  jaring–jaring kawat buat  menahan telur agar tdk langsung berhubungan dengan media. Hal  ini mesti dilakoni  agar telur tidak basah  serta jadi  busuk yang akibatnya  telur tidak bakal  menetas .

 

2. Telur mesti disebarkan menyeluruh di atas penahan  kawat.

Hal ini dijalani  agar telur yg telah menetas  bakal  lebih gampang buat  turun ke media  pakan  serta bisa  langsung mengonsumsi media  itu. apabila  telur diletakkan bertumpuk, maka  mini  ulat  bakal  susah  turun ke media  pakan . akhirnya, mini  ulat  bakal  kehilangan stamina  serta mati saat sebelum bisa  mengonsumsi media .

 

3. Berikan  materi kering kayak sekam di sekitar media  pakan.

Media yang amat  berair  maupun menggenang membuat  kecil  ulat  tidak nyaman  serta akibatnya  pergi dari wadah inkubasi. jikalau hal  ini diabaikan , maka  mini  ulat  yang tersisa  di wadah akan kian sedikit malahan habis. Oleh karna itu, pembudidaya butuh memperbanyak  dedak  ke sekitar media  pakan agar air dpt terserap serta mini larva hidup dengan nyaman  hingga kelaknya  dipindahkan ke wadah yg lebih besar.

 

4. Tempat yang sejuk buat menetas kan telur.

Telur BSF hendaknya ditetaskan di ruangan/tempat yang sejuk  dengan perputaran  udara  yang baik  dan terhindar  dari cahaya mentari  langsung. Hal ini bermaksud  agar telur tidak kepanasan , kering serta akibatnya  mati saat sebelum menetas. tidak hanya  itu, tempat yang panas pula  berdampak media  pakan cepat  menguap serta kering, akibatnya akan membeku serta susah  buat  dikonsumsi  oleh mini larva. Tempatkan inkubasi  telur di tempat yang bersih serta aman  dari predator.

Pemangsa  kayak cicak serta tikus kerapkali mengacaukan wadah inkubasi telur. Predator itu dapat  saja menyantap  telur BSF maupun mengacaukan  susunan  wadah inkubasi, maka  wajib  dicegah. Oleh karna itu, inkubasi telur mesti dijalani  di tempat yang benar2 aman .

 

5. Tetaskan telur secepatnya mungkin.

Saat ini, telur BSF bisa  didapat  dari alam maupun  kandan g BSF yang telah ada . sesudah telur dipanen, hendaknya telur langsung ditetaskan. akan tetapi , kalau pemula  memperoleh  telur dari luar kota serta mesti dikirim via ekspedisi , maka  cepat lah buka paket  telur saat sampai  agar telur tidak kekurangan oksigen  dan akibatnya  tidak dpt menetas. sesudah itu, telur mesti segera ditetaskan. pastinya saat sebelum telur sampai , pemula  mesti telah mempersiapkan  bahan  apa saja yang akan jadi  media pakan agar inkubasi telur bisa  segera  dijalani .

Seperti itulah  beberapa panduan menetaskan telur BSF, selamat berusaha!.