flek hitam wajah

Ketika berbicara tentang perawatan flek hitam, ada begitu banyak pilihan di luar sana sehingga mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Bahan apa yang harus Anda cari? Dan yang paling penting, mana yang akan menghilangkan flek hitam untuk selamanya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SELF berbincang dengan beberapa dokter kulit untuk mengetahui bagaimana cara mereka mengatasi flek hitam di wajah. Karena, sebagai editor kecantikan, pencarian utama saya adalah untuk mendapatkan kulit yang sempurna. Anda tahu, jenis kulit saya-bahkan-tidak-membutuhkan-makeup apa pun yang kita semua inginkan. Tapi saya belum cukup sampai di sana.

Hal nomor satu yang menghalangi saya dari tujuan tanpa riasan? Flek hitam. Warna kulit yang tidak rata membuat saya terus-menerus meraih tas riasan. Karena itu, teruslah membaca untuk mempelajari apa yang menyebabkan bintik hitam, ditambah sembilan perawatan flek hitamyang direkomendasikan oleh dokter kulit.

flek hitam juga

Apa penyebab flek hitam?

“ Flek hitam atau hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit oleh melanosit,” kata ahli bedah plastik Melissa Doft, MD, kepada SELF. Melanin ekstra ini dapat dipicu oleh banyak hal yang berbeda, katanya: “Hormon—baik estrogen dan progesteron—dapat meningkatkan tingkat melanin—mengapa wanita hamil melihat flek hitam yang sering memudar setelah melahirkan ; matahari dapat meningkatkan kadar melanin—mengapa kita memiliki lebih banyak flek hitam setelah musim panas; dan usia dapat meningkatkan ukuran melanosit—mengapa kita melihat bintik-bintik penuaan pada pasien yang lebih tua.”

Faktor lain, seperti iritasi kulit akibat jerawat, waxing, dan scrub yang keras, juga dapat menyebabkan bintik hitam. Sekarang setelah Anda mengetahui dari mana asal bintik hitam, lanjutkan membaca untuk mengetahui cara menghilangkan bintik hitam.

  1. Vitamin C

Pikirkan di luar jus jeruk: Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan topikal yang membantu memblokir radikal bebas dari menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit (yang dapat menyebabkan kerutan dan kulit kusam, antara lain). “Ini juga menghambat proses enzimatik yang menghasilkan melanin di kulit, sehingga dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit,” Sumayah Jamal, MD, dari Schweiger Dermatology Group, mengatakan kepada SELF.

Manfaat tambahan lainnya adalah vitamin C mencerahkan hanya menargetkan area pigmentasi yang bermasalah, bukan bagian kulit lainnya, kata Fran E. Cook-Bolden, MD, dokter kulit, ahli bedah kosmetik, dan direktur Dermatologi Spesialis Kulit, kepada SELF.

Cara menggunakannya: Pijat beberapa tetes setiap hari ke kulit yang sudah dibersihkan, sebaiknya sebelum mengoleskan tabir surya di pagi hari

Jika anda termasuk orang yang tidak ingin repot, kami menyarankan untuk menggunakan Red Jelly MS Glow, ini juga mengandung vitamin C. Untuk hasil yang lebih baik, bisa beli Paket Ms Glow sehingga treatment terhadap kulit bisa lebih maksimal.

  1. Hidrokuinon

Dalam hal perawatan bintik hitam, hidrokuinon telah menjadi standar emas selama lebih dari 50 tahun. Anda dapat menemukan bahan ini tanpa resep dalam konsentrasi 2% atau kurang, sedangkan resepnya memiliki 4% atau lebih. Pada tingkat biologis, hidrokuinon bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase, yang membantu produksi melanin, kata Dr. Cook-Bolden. Secara alami, semakin sedikit tirosinase yang diproduksi, semakin sedikit melanin yang diproduksi.

Dalam beberapa kasus, efek hidrokuinon dapat terlihat hanya dalam dua minggu. Namun, sebagian besar harus mengantisipasi penggunaan 8 hingga 12 minggu untuk melihat perbedaan yang terlihat tergantung pada beberapa faktor (seperti tingkat hiperpigmentasi, seberapa dalam ia menembus, berapa lama sudah ada di sana, dll.).

“Seperti halnya produk apa pun yang dioleskan ke kulit, hidrokuinon dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan rasa terbakar, yang mungkin menandakan reaksi alergi terhadap bahan tersebut,” Dr. Cook-Bolden memperingatkan, yang selalu merekomendasikan untuk mencoba tes di tempat terlebih dahulu. Efek samping potensial lainnya adalah “ghosting”, yang merupakan pencerah kulit yang tidak disengaja di luar area yang ditargetkan. Untuk menghindarinya, oleskan hydroquinone dengan hemat ke bagian tengah noda dan bulu ke arah tepinya.

  1. Asam kojic

Asam kojic (berasal dari jamur atau beras fermentasi) umumnya digunakan dalam pencerah kulit, dan paling baik digunakan bersama dengan hidrokuinon untuk hasil yang maksimal. “Ini bekerja dengan menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen,” Carlos Charles, MD, dokter kulit dan penSELF Derma di Colore, mengatakan kepada SELF.

“Risiko yang umumnya terkait dengan asam kojic topikal adalah dermatitis alergi, dan itulah sebabnya ia terutama ditemukan dalam konsentrasi yang relatif rendah.” Mereka yang memiliki kulit sensitif harus memilih dosis kecil hanya pada malam hari karena peradangan dan iritasi dapat menjadi efek samping. Juga, jangan mengharapkan hasil yang cepat—butuh beberapa bulan untuk melihat perbaikan hiperpigmentasi dengan penggunaan asam kojic topikal.

By Mr Jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : Salim Digital