Nilai berlian yang sangat tinggi membuat Anda harus jeli saat ingin membeli cincin berlian solitaire. Kualitas berlian itu dilihat dari 4 hal atau 4C  yakni Carat (karat), Colour (warna), Cut (potongan), dan Clarity (kejernihan). 

Cincin Berlian Yang Bagus Berapa Karat?

Karena karat jadi acuan menilai kualitas berlian, maka Anda harus tahu, cincin berlian yang bagus sesungguhnya memiliki besaran karat berapa? Anda bisa menemukan jawabannya dengan menyimak penjelasan berikut.

Arti Karat Pada Berlian

Untuk menyatakan berat berlian digunakan satuan carat atau karat. Satuan karat ini berdasarkan pengukuran standar yang diterima di semua negara. Konversi satuan karat ke gram yaitu 1 karat sama dengan 0,2 gram. 

Jika berliannya lebih kecil lagu maka satuan karat dapat dikonversi dalam poin. Dimana 1 poin setara dengan 0,01 carat atau 1 carat = 100 poin.

Hal-hal yang Berpengaruh Pada Harga Berlian

Harga berlian ditentukan berdasarkan kualitas berlian tersebut. Untuk menilai kualitas berlian ada 4 hal yang menjadi pertimbangan yaitu:

1. Carat (Karat)

Seperti yang sudah disinggung kalau carat mengacu pada berat berlian. Di toko-toko perhiasan Anda akan ditawari beberapa varian jumlah karat dari berlian yang tersemat pada berbagai jenis perhiasan. Semakin besar nilai karat berlian maka harganya juga semakin tinggi.

2. Colour (Warna)

Warna alami dari berlian yaitu bening atau transparan. Munculnya berlian yang memiliki warna diakibatkan adanya zat-zat lain yang masuk pada saat proses pembentukan berlian di alam. Seperti nitrogen yang membentuk berlian berwarna kekuningan. 

Berlian murni yang tanpa cemaran zat lainlah yang dinilai paling tinggi. Semakin jernih suatu berlian maka semakin mahal harganya. Skala warna dari berlian mulai dari skala D hingga skala Z. Dan berlian murni tanpa jejak warna yang nilainya paling tinggi ada pada skala D.

3. Clarity (Kejernihan)

Hampir mirip dengan colour, clarity juga jadi faktor penentu harga suatu berlian. Berlian yang jernih yaitu berlian yang tanpa cacat seperti goresan, gelembung air, dan noda. Semakin besar cacat berlian maka harganya juga semakin rendah. 

Tingkatan kejernihan berlian, yang tertinggi yaitu Flawless (tanpa noda). Tingkatan di bawahnya yaitu internal Flawless, VVS1, VVS2, VS1 dan VS2.

4. Cut (Potongan)

Semakin rapi dan sempurna potongan berlian maka harganya juga semakin tinggi. Ada empat skala potongan yaitu fair, good, very good, ideal dan signature ideal. Pantulan dan kilau berlian akan semakin memukau jika berlian mendapatkan potongan yang sempurna.

Berapa Karat Berlian yang Paling Bagus?

Ukuran berlian paling kecil yang ada pada perhiasan pada umumnya yaitu 0.03 carat dengan diameter 2.0 mm. Sedangkan ukuran berlian paling besar yang umum ditawarkan toko-toko perhiasan yaitu 2.50 carat dengan diameter 9.0 mm. 

Untuk perhiasan karat berlian yang bagus yaitu di bawah 0.5 karat. Sedangkan untuk kebutuhan investasi pilihlah yang nilai karatnya 0,5 ke atas.

Sekarang Anda sudah tahu hal-hal yang penting diperhatikan saat ingin membeli cincin berlian solitaire dan jumlah karat yang bagus untuk perhiasan. Semoga artikel ini bermanfaat, yah!