Saat ini daftar umkm sudah bisa dilakukan secara online. Pemerintah Indonesia menghadirkan inovasi terbaru demi memudahkan mendata pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Hal ini juga sekaligus memudahkan pemerintah nantinya dalam pemetaan ekonomi di seluruh Indonesia.

Sudah ada situs https://oss.go.id/ yang bisa diakses untuk melakukan daftar umkm online. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa syarat dan juga kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan daftar umkm online, seperti:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN), maupun TNI/Polri, serta bukan merupakan pegawai BUMN/BUMD
  3. Memiliki usaha skala mikro yang dibuktikan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UKM di wilayah setempat
  4. Tidak sedang dalam masa menerima pinjaman di bank ataupun KUR (Kredit Usaha Rakyat)
  5. Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi perorangan. Bagi non-perorangan siapkan nomor akta pengesahan, akta pendirian ataupun nomor pendaftaran.
  6. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  7. Foto usaha UMKM
  8. SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dari Dinas Koperasi dan UKM di wilyaah setempat.
  9. Bukti kepemilikan UMKM dengan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Izin Berusaha (NIB) serta Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Setelah semua syarat dan dokumen telah dilengkapi, Anda bisa melakukan daftar umkm online dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs resmi https://oss.go.id/
  2. Lakukan login bagi yang sudah memiliki akun di OSS
  3. Jika belum, lakukan registrasi terlebih dahulu melalui menu registrasi
  4. Setelah selesai, Anda bisa langsung login
  5. Pilih tombol Perizinan Berusaha lalu klik Perseorangan
  6. Pilih menu Pendaftaran NIB sesuai dengan kegiatan usaha yang dimiliki
  7. Lanjutkan dengan mengisi data secara lengkap dan benar
  8. Kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan
  9. Lanjutkan dengan memberikan rangkuman data yang telah diisi sebelumnya
  10. Kemudian centang pada kotak disclaimer dan klik proses NIB

Agar semua syarat daftar UMKM online bisa terpenuhi dengan baik, maka pelaku UMKM harus membuat SKU yang biasanya dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kepala desa. SKU tersebut nantinya akan disahkan di kantor kecamatan sebagai salah satu bukti atau syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan bantuan.

Selain melalui OSS, Anda juga bisa melakukan daftar UMKM online di Pasar Digital UMKM, namun dengan catatan Anda harus memiliki dokumen dan persayaratan yang lengkap.

Setelah dokumen dan persayaratan sudah dilengkapi, Anda bisa langsung melakukan daftar UMKM online di Pasar Digital UMKM yang merupakan wadah bagi UMKM di seluruh Indonesia untuk jualan online.

Dengan melakukan daftar UMKM online di Pasar Digital UMKM, usaha Anda secara otomatis akan tercatat sebagai UMKM resmi di Kementerian Koperasi dan UKM.

Anda juga akan mendapatkan banyak program dan keuntungan lainnya yang tentunya sangat berguna bagi usaha Anda. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan daftar UMKM online, segera kunjungi OSS atau Pasar Digital UMKM!

By fondop