garudacyber – Internet Nirkabel mengacu pada jaringan yang memungkinkan Anda mengakses internet tanpa harus menggunakan kabel apa pun. Media yang digunakan dalam internet nirkabel adalah gelombang udara atau gelombang radio, yang melaluinya data ditransmisikan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kebanyakan orang lebih memilih koneksi internet nirkabel daripada kabel karena kelebihannya. Produsen pun selalu memproduksi perangkat elektronik dan komunikasi yang dapat mengakses internet tanpa kabel.

Ada berbagai cara untuk mengakses internet. Yang pertama melalui satelit. Jenis komunikasi ini kebanyakan dilakukan oleh organisasi pemerintah seperti militer, dan perusahaan besar lainnya. Untuk mengakses internet melalui satelit, Anda memerlukan piringan / penerima yang akan dipasang secara permanen di tanah atau struktur seperti tiang atau gedung tinggi. Penerima ini kemudian ditempatkan pada sudut yang sesuai dengan stasiun satelit internasional yang mengorbit bumi. Koneksi internet nirkabel ini lebih cepat dalam kecepatan dan lebih nyaman, terutama di daerah terpencil yang terlibat. Namun, ini agak mahal bagi bisnis kecil dan individu untuk mendirikan dan menjalankannya. Itu juga terpengaruh oleh hujan dan sinyal koneksi bisa hilang jika ada halangan antara kedua perangkat.

Yang lainnya adalah melalui broadband nirkabel. Dalam hal ini, kantor atau rumah dapat dihubungkan ke internet melalui modem broadband nirkabel. Antena / penerima dipasang pada layanan yang ditinggikan, katakanlah atap. Antena kemudian mengambil sinyal internet dari penyedia layanan internet (ISP), dan mengirimkannya ke modem. Modem kemudian terhubung ke router yang mendistribusikan internet ke berbagai perangkat yang tersedia. Ada juga modem portabel di pasaran yang dapat digunakan untuk mengirimkan internet nirkabel. Jenis internet ini relatif lebih murah daripada satelit untuk disiapkan dan dijalankan. Ini juga dapat memungkinkan sejumlah perangkat untuk dihubungkan ke internet secara bersamaan, sehingga menjadikannya hemat biaya. Kecepatan koneksi di sini cukup cepat. Namun, biaya penyiapan untuk koneksi internet ini mungkin timbul.

Internet broadband juga dapat ditawarkan oleh perusahaan telepon seluler. Perusahaan-perusahaan ini menggunakan jaringan BTS yang ada untuk memberikan koneksi internet kepada pelanggan mereka bersama dengan layanan telekomunikasi lainnya. Internet seluler menggunakan seperangkat aturan yang disebut WAP (Wireless Application Protocol), yang memungkinkan ponsel terhubung ke internet normal dan memungkinkan akses ke berbagai layanan online. Oleh karena itu untuk Anda mengakses layanan tersebut, ponsel Anda harus mengaktifkan internet. Biaya tambahan selain dari tarif panggilan ponsel normal mungkin berlaku, tergantung pada perusahaan yang menawarkan layanan tersebut.

Dibandingkan dengan jenis akses internet lainnya, broadband nirkabel lebih nyaman karena mobilitasnya. Anda dapat memiliki internet nirkabel di ponsel, laptop, PC saku atau tablet Anda dan tetap bergerak tanpa perlu khawatir kabel yang terhubung terlepas. Oleh karena itu, internet nirkabel disarankan untuk orang yang selalu bepergian.

Satu kekhawatiran tentang internet nirkabel adalah kecepatan koneksinya, yang lebih lambat daripada internet kabel. Sebelumnya, internet nirkabel telah ditawarkan pada teknologi seperti GPRS dan EDGE. Mereka sekarang digantikan oleh teknologi internet nirkabel yang lebih baik dan lebih cepat seperti 3G, 4G dan WiMAX. Ini menjamin kecepatan koneksi yang sama dengan kabel, sementara masih menggunakan internet nirkabel.