info grobogan terkini – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni meresmikan objek wisata Geopark di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan pada Kamis, 13 Oktober 2022 lalu. Hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Desa Karangsari, Suhartini dan pihak terkait lainnya.

Geopark Karangsari Diresmikan Ganjar Pranowo, Pemkab Grobogan Ajak Warga Berwisata Lokal

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat berkeliling melihat spot wisata, kolam renang, dan fasilitas lainnya. Pihaknya pun memuji adanya objek wisata yang dikelola BUMDes ini. Menurutnya, objek wisata ini dapat meningkatkan dan menggeliatkan kembali perekonomian warga setempat.

 

Gubernur Ganjar juga mendorong masyarakat agar lebih memilih mengunjungi wisata lokal dan membeli produk-produk lokal dari daerahnya.

 

“Yang bagus seperti ini bisa dikembangkan. Kalau perlu piknik antar kabupaten juga penting saling pamer kondisi-kondisinya dan ini bagian untuk membeli produk lokal. Sehingga pikniknya lokal, produknya lokal, kulinernya lokal. Tadi juga ada karya-karya UMKM dari lokal itu kalau kita beli, maka resiliensi (ketahanan) ekonomi kita akan sangat bagus,” ujar Gubernur Ganjar sembari memuji.

Geosite. Geosite merupakan tempat yang memiliki jejak rekaman penting tentang sejarah bumi, biasanya berupa batu cadas dan pasir yang bisa menjelaskan perkembangan kebumian (geologi), alam, makhluk hidup, serta budaya dari zaman purba hingga sekarang.

Meski begitu, Gubernur Ganjar Pranowo meminta pengelolaan wisata untuk tetap menjaga kebersihan. Hal ini supaya para pengunjung merasa nyaman dan betah saat berwisata.

 

“Menurut saya sangat kreatif, karena direncanakan cukup panjang cara penganggarannya bertahap bagus dan hasilnya juga bagus. Tinggal manajemennya yang baik. Jangan lupa, ojo kemproh (jangan jorok),” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Karangsari Suhartini berharap dengan diresmikan objek wisata Geopark oleh Gubernur Jawa Tengah, objek wisata tersebut dapat lebih dikenal masyarakat, sehingga dikunjungi warga.

 

Diketahui, sebelum meresmikan objek wisata Geopark, di hari yang sama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP), di komplek Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi dan Festival UMKM. (Lingkar Network | Muhammad Ansori – Koran Lingkar Grobogan)

By roket