Sebagai pemompa pendorong sirkulasi darah keseluruh bagian tubuh yang merupakan organ tubuh manusia adalah pengertian dari jantung. Bisa dibayangkan bukan bagaimana jika kegiatan sirkulasi darah menjadi tidak normal karena adanya gangguan pada jantung. Multifaktoral merupakan sifat dari rangkaian penyebab terjadinya penyakit jantung. Pria dan wanita gejala penyakit jantung nya itu berbeda dan hal ini harus di perhatikan. Seakan-akan tidak terkait dengan organ jantung dan sangatlah kabur ini merupakan ciri gejala penyakit jantung yang terjadi pada wanita. Tiroid sangat berhubungan erat dengan gejala penyakit ini pada wanita oleh karena itu bsa terjadi sangat mengejutkan atau bahkan tersamarkan.
Salah satu penyakit yang sangat mematikan adalah penyakit jantung. Terus bertambahnya para penderita penyakit jantung di seluruh dunia. Seiring dengan berubahnya pola hidup sehingga hal ini banyak dilakukannya gaya hidup yang kurang sehat sehingga hal ini tidak lepas dari sakit jantung. Kadangkala para penderita tidak mengetahui bahwa mereka telah menderita sakit jantung karena terlambatnya pengetahuan sehingga dalam mengatasi penyakit ini juga akan lebih terlambat lagi. Orang yang biasanya berusia diatas 45 tahun banyak terserang penyakit ini. Sakit jantung koroner merupakan sakit jantung paling umum dan kematian mendadak dapat mereka alami kapanpun karena penyakit ini.
Tergantung pada jenis dan keparahan kondisi jantung untuk mengetahui gejala penyakit jantung itu sendiri. Untuk mengenali gejala-gejala dan penyebab situasi jantung bermasalah tidak ada salahnya jika anda mengetahuinya. Dengan menghubungi dokter ketika kita telah merasakan gejala penyakit ini dan ini merupakan sebagai langkah pencegahan dan diagnosis pasti dan suatu hal yang paling baik yang dapat anda lakukan.
Gejala penyakit jantung memang sangat penting untuk dikenali, berikut ini diantaranya.
1. Hepotitis (batuk darah)

Keluarnya sputum yang berlapis darah dan dari jalan nafas dan paru darah dapat dilihat secara makroskopis merupakan pengertian dari hepnotisis yang merupakan salah satu gejala penyakit jantung.
2. Sianosis (kulit berwarna kebiruan)

Pada kulit akan terlihat kebiruan karena didalam pembuluh darah kulit terutama dalam kapiler jumlah hemoglobin deoksigenisasi yang berlebihan dan ini merupakan arti dari sianosis.
3. Edema Dependen (pembengkakan tungkai)

Edema dependen merupakan suatu bentuk dari pembengkakan pada tungkai, bagi penderita penyakit jantung hal ini sangat sering dikeluhkan. Lama-lama kondisinya akan semakin memburuk dan biasanya pembengkakan ini terjadi pada tungkai bagian bawah.
4. Kelelahan

Berkurangnya curah jantung sehingga dapat menjadi kelelahan merupakan gejala umum dalam gejala penyakit jantung. Mereka sering kali mengeluh lelah karena para penderita gagal jantung jantung kongestik dan penyakit katup mitral.
5. Singkop (pingsan)

Hilangnya kesadaran sementara karena oleh perfusi serebral yang inadekuat merupakan arti dari singkop atau pingsan itu sendiri. Jenis pingsan yang paling sering ditemukan adalah singkop vasogal. Ketegangan emosional merupakan penyebab terjadinya jenis pingsan ini.
6. Papitalis (ketidakteraturan irama jantung)

Pada akan terasa sensasi yang tidak nyaman dan berhubungan juga pada berbagai macam aritmia merupkan salah satu gejala pada penyakit jantung yang disebut dengan palpitalis.
7. Nyeri Dada

Salah satu gejala penyakit jantung yang sangat penting adalah nyeri dada walaupun ada beberapa penyakit yang lainnya mengalami gejala yang sama seperti kantung empedu, usus dan paru-paru.
8. Dispea (sesak napas)

Bagi penderita penyakit jantung keluhan dispea ini sangat penting. Bahwa mereka sesak nafas atau tidak mendapat udara dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu gambaran yang mereka alami dengan gejala penyakit jantung.