mobil honda indonesia

Hal-hal yang harus diperiksa saat membeli mobil bekas

Mengakui bahwa mobil modern dibuat tidak tahan lama, membeli mobil tua atau bekas memang merupakan keputusan yang cerdas. Karena Anda telah menyelesaikan pertanyaan penting ini, bukan berarti Anda dapat memiliki kendaraan bekas ini tanpa checklist.

 Ini bisa menjadi aktivitas yang menakutkan bagi keduanya, penjual maupun pembeli.

Jadi kami telah menyiapkan checklist Hal-Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Membeli Mobil Bekas yang menguraikan apa yang harus dicari saat berbelanja mobil bekas melalui penjual atau dealer pribadi sehingga Anda dapat melakukan pembelian dengan tenang.

  1. Periksa Kondisi Mobil

Kendaraan yang Anda rencanakan untuk dibeli harus dalam kondisi berjalan agar bernilai baik. Lakukan test drive pada mobil dan periksalah semua sistem utama oleh mekanik tepercaya Anda seperti mesin, pendingin, transmisi, roda, dll.

Diperiksa oleh mekanik tepercaya. Pada akhirnya, jika Anda merasa ada masalah dengan mobil tersebut, arahkan hal yang sama kepada penjual dan negosiasikan harganya.

Selain itu, jika Anda tidak sepenuhnya puas dengan mobil tersebut, silakan akhiri negosiasi dengan penjual.

Jika memungkinkan ada bawa ke Dealer Honda terdekat untuk mendapatkan informasi fisik dan mesin dari mobil honda yang anda beli.

  1. Dokumen pendaftaran

Tidak peduli seberapa cepat Anda ingin mendapatkan mobil itu, memastikan bahwa penjual memberi Anda dokumen terverifikasi sangat membantu.

 Ini termasuk surat-surat asuransi, sertifikat pendaftaran, sertifikat polusi, faktur pembelian asli, tanda terima pajak jalan, dan tanda terima pajak jalan raya.

Periksa juga Nomor Seri Pemilik di buku RC untuk mengetahui apakah penjualnya adalah pemilik sebenarnya dari mobil tersebut. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap perubahan pada mobil, seperti warna bodi baru atau penggantian mesin juga harus diperbarui dalam sertifikat pendaftaran.

  1. Sejarah kendaraan

Jika mobil Anda baru, perhatian tentang riwayat servis dan pemeliharaan cenderung minimal. Jadi usahakan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari penjual mobil.

Dan tidak hanya itu, lakukan juga riset sekaligus menilai keputusan pembelian mobil tersebut.

Periksa NIK (Vehicle Identification Number) mobil untuk mengetahui apakah mobil pernah mengalami kecelakaan sebelumnya atau apakah ada penarikan pada model mobil.

  1. Kondisi ban

Ban adalah bagian terpenting dari mobil apa pun. Tapak ban harus dibalut secara merata pada semua ban dan harus serasi juga.

Keausan ekstra atau tidak rata pada salah satunya berarti penjajaran yang buruk, yang juga dapat menyebabkan masalah pada suspensi, kemudi, atau masalah rangka mobil.

Perhatikan baik-baik ban karena mobil yang tidak sejajar akan menarik ke kiri atau kanan saat mengemudi yang berbahaya.

  1. Jaminan

Saat Anda berjalan-jalan dengan mobil Anda, Anda juga harus mencari jaminan. Dengan seringnya terjadi keausan, tentunya merupakan ide yang baik untuk memiliki garansi terbaik pada suku cadang mobil.

Periksa ini dengan penjual bahwa jika garansi tergantung pada kilometer yang ditempuh atau jumlah tahun, atau jika beberapa garansi yang diperpanjang tersedia juga.

Jangan ragu untuk menanyakan hal ini kepada penjual karena ini memastikan kelancaran fungsi mobil Anda.

By fondop