Toko Kaos Bandung – Mengawali bisnis fashion tidak bisa sembarangan. Sangat penting untuk lakukan cara-cara yang tepat sejak dari awal. Salah-salah, bisnis Anda dapat berhenti di tengah-tengah jalan. Anda pasti tidak mau ini terjadi pada bisnis Anda, kan?

Disini ini, Anda akan menemukan cara untuk mengawali bisnis fashion yang tepat. Jadi, pastikan Anda menyimak tiap point dengan seksama.

Inilah Cara Untuk Memulai Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri

1. Lakukan Riset Produk

Riset produk adalah langkah pertama untuk menentukan produk apa yang akan Anda jual. Cara ini penting dilakukan. Anda tidak dapat asal pilih produk yang mau dipasarkan. Pun, Anda juga tidak dapat pilih produk cukup dengan asumsi pribadi saja.

Anda memerlukan data sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian produk yang Anda pilih kelak bisa di terima oleh pasar. Nah, di bawah ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk lakukan penelitian produk.

Mengamati Trend Pasar

Sangat penting mengenali trend mode apa yang lagi hits. Tenang, ada beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk menganalisa trend mode.

– Check di Google Trends

Google Trends adalah feature dari Google yang bisa menganalisa dengan cepat jumlah penelusuran untuk keyword spesifik. Anda bisa juga memperbandingkan beberapa macam produk untuk menyaksikan yang semakin banyak dicari.

– Check Trend di Media Sosial

Kecuali memperhatikan trend di Google, Anda pun perlu menyaksikan trend di sosial media. Di situ Anda dapat mendapati bermacam video atau foto produk mode yang direview oleh sebagian orang atau influencer.

Cukup tulis kata kunci (keyword) produk mode yang pengin Anda mencari dengan hashtag (#) di tab penelusuran. Di tab Hebat Anda akan menyaksikan produk kata kunci (keyword) yang banyak dicintai (like).

Survey ke Customer

Kecuali memperhatikan di lewat internet, Anda dapat lakukan survey untuk mengenali produk yang diperlukan dan dicintai oleh customer. Bikinlah survey online simpel agar lebih gampang ditangani. Anda dapat manfaatkan beberapa sosial media untuk menebarkan survey ini dan memperoleh semakin banyak informan.

2. Kenali Target Pasar

Mengenal sasaran pasar waktu mengawali usaha sangat penting. Dengan mengenali sasaran pasar, Anda dapat membuat produk yang dicintai dan diperlukan.Sasaran pasar dapat menolong Anda untuk bikin taktik marketing produk yang pas.

Tetapi, tahukah Anda apakah itu sasaran pasar? Sasaran pasar ialah beberapa orang sebagai sasaran pemasaran produk Anda. Umumnya sasaran pasar akan mempunyai karakter yang serupa baik dari segi rutinitas, demografi, dan yang lain.

Lalu, bagaimanakah cara mengenal sasaran pasar usaha Anda? Di bawah ini langkah yang dapat Anda kerjakan untuk mengenali sasaran pasar Anda.

Melalui Asumsi Anda

Sama judulnya, Anda perlu beranggapan kurang lebih siapa sasaran pasar yang paling vital? Misalkan Anda jual produk pakaian baju resmi wanita. Kurang lebih siapakah yang akan beli produk Anda? Wanita kantoran? Mahasiswa? Guru?

Lihat dari Kompetitor Anda

Coba saksikan beberapa produk pesaing Anda. Selanjutnya coba riset kurang lebih siapa sasaran pembelinya? Anda pun dapat memperoleh sela dan membuat produk yang lebih baik dari pesaing Anda.

Komunikasi dengan Customer

Mengenal sasaran pasar bisa juga dikerjakan dengan berbicara langsung dengan calon konsumen setia. Karena itu, coba meminta anjuran sekitar usaha mode dari rekan-rekan paling dekat atau mitra Anda. Apa produk mode apa yang mereka perlukan dan gemari? Berapakah harga yang patut untuk produk itu? Apa beberapa warna spesifik jadi opsi mereka?

Membuat Buyer Persona

Buyer figur ialah kisah sasaran pasar yang Anda sasar. Anda dapat membuat kisah ini dengan penelitian dan info yang Anda mengumpulkan awalnya. Dengan buyer figur, Anda dapat meningkatkan produk secara pas.

Nah, untuk lebih pahami mengenai sasaran pasar, Anda dapat membaca artikel Keutamaan Ketahui Sasaran Pasar untuk Usaha Anda.

3. Lihat Kompetitor Bisnis Anda

Kemungkinan di pikiran Anda bertanya, kenapa kepo sekali dengan pesaing? Dalam mengawali usaha apa saja itu, terhitung usaha mode, Anda perlu perlu pelajari pesaing.

Dimulai dari keunggulan dan kekurangan produknya, langkah marketing, sampai distribusi. Dari info itu Anda dapat membuat produk berdaya saing yang kuat.

Untuk pelajari pesaing Anda, ada banyak cara yang dapat Anda kerjakan.

Mengelompokkan Kompetitor

Pesaing di luaran sana ada banyak. Anda dapat mengawalinya mengategorikannya jadi beberapa kelompok, yakni pesaing khusus, pesaing sekunder, dan pesaing tersier.

  • Pesaing khusus ialah usaha yang mempunyai sasaran pasar yang serupa dengan usaha Anda. Misalkan, Anda dan pesaing sama membuat usaha mode baju muslim untuk wanita dewasa.
  • Pesaing sekunder ialah usaha yang jual produk yang serupa, tetapi sasaran pasarnya berlainan. Misalkan Anda punyai usaha sepatu spesial wanita, karena itu pesaing Anda ialah usaha sepatu spesial pria.
  • Pesaing tersier ialah usaha yang tidak langsung bersaing dengan sasaran pasar Anda. Tetapi, mereka hasilkan produk yang terkait langsung dengan produk Anda.

Pelajari Produk Kompetitor

Sesudah mengategorikan pesaing, Anda mulai bisa konsentrasi pada beberapa pesaing. Khususnya pesaing khusus Anda.

Saat ini, coba dalami produk dari pesaing Anda. Lihat apa keunggulan dan kekurangan produk pesaing Anda. Gunakan kekurangan produk kompetitor untuk buat produk yang lebih baik. Karena dengan tawarkan apa yang tidak dipunyai oleh kompetitor, Anda dapat berkesempatan memenangi pasar.

Misalkan, sesudah dalami produk kompetitor, Anda mengenali jika bahan baku pesain buruk. Anda dapat buat produk dengan bahan yang lebih baik dari kompetitor Anda.

Mengunjungi Website Kompetitor

Berkunjung web pesaing itu wajib. Coba lihat tiap detil situsnya. Dimulai dari penampilan situsnya, gambaran semasing produk, sampai berapa cepat loading web. Lantas, apa responsif di piranti mobile? Apa mereka punyai website atau halaman spesial promo?.

Hasil dari riset web pesaing Anda dapat membuat web yang lebih bagus dari web toko online pesaing.

Mengunjungi Media Sosial Kompetitor

Kecuali web sah, Anda pun perlu menganalisa sosial media punya pesaing. Cari info seperti apakah posting pesaing. Apa mereka responsive pada tanggapan konsumen setia? Apa mereka promo melalui influencer? Bila iya, siapa?

Melihat Review Kompetitor

Tidak cukup menyaksikan keunggulan dan kekurangan web dan medium sosialnya, Anda pun perlu menyaksikan bagaimana ulasan konsumen setia pada pesaing. Dari ulasan produk itu, Anda akan memperoleh info tentang kelebihan sampai kekurangan pesaing.

Anda dapat mengikuti taktik yang memperoleh ulasan positif dari konsumen setia dan membuat taktik yang lebih bagus dari ulasan negatif. Dengan demikian, Anda dapat lebih baik.

Bandingkan Harga Kompetitor

Factor harga masih kerap jadi alasan customer saat beli satu produk. Jadi, sangat penting Anda memperbandingkan harga produk dengan seluruh pesaing Anda. Berapakah range harga untuk produk yang serupa di pasar?

4. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

Sesudah tentukan produk usaha, mengenal sasaran, sampai menganalisa pesaing, saat ini Anda perlu membuat rencana usaha yang lebih nyata.

Rencana usaha atau business rencana dapat disebutkan selaku ide usaha Anda. Business rencana ini nanti bisa menjadi dasar Anda dalam memulai usaha. Oleh karenanya, Anda tidak bisa membuat sembarangan.

Nah, supaya lebih terancang dan gampang dimengerti, Anda dapat memakai template business rencana sama seperti yang kami contohkan di bawah ini.

5. Siapkan Anggaran atau Modal

Dalam mengawali usaha mode, peranan modal sangat penting. Tetapi, modal banyak atau sedikit bukan salah satu penentu kesuksesan usaha mode Anda.

Yang paling penting Anda harus pintar-pintar mengendalikan dan mengurus modal untuk mengawali usaha mode. Karena itu, Anda perlu membuat perincian bujet dengan pas. Anda perlu menulis seluruh gagasan pengeluaran usaha Anda.

Agar lebih terancang dan tidak memusingkan, kami buat tabel simpel gagasan modal usaha mode. Tabel ini bisa Anda ganti sesuai detil keperluan usaha mode Anda.

6. Siapkan Produk Anda

Produk mode Anda harus Supaya produk bisa berkompetisi dengan pesaing, sedapat mungkin produk Anda memberi penyempurnaan dan keunggulan yang tidak dipunyai pesaing.

Jadi, sangat penting Anda menyediakan produk orisinal yang bermutu. Untuk memperoleh produk yang orisinal, Anda pasti harus pikirkan design produknya, pilih bahan yang bermutu, dan mulai cari produsen untuk produksi produk Anda.

Nah, silahkan kita ulas satu-satu cara membuat produk yang bermutu itu.

Desain Produk

Membuat produk yang bermutu diawali pada satu perancangan. Dengan bekal penelitian dan pengetahuan mengenai produk, Anda dapat membuat produk yang dicintai dan disukai beberapa orang.

Kami punyai beberapa panduan membuat rancangan produk fashion Anda.

– Buat Signature Style

Salah satunya pembanding produk Anda dengan pesaing dapat tiba dari keunikan atau model ciri khas produk Anda. Model yang unik itu membuat konsumen setia gampang ingat dan mengenali produk Anda.

Misalkan, model design yang unik dari tas Bottega Veneta. Bentuknya lumayan sederhana, yakni berbentuk anyaman horizontal.

Agar Anda dapat membuat signature model yang kuat, coba buat design yang filosofis. Misalkan, merek mode jerman A Kind of Guise yang membuat produk musim seminya dengan topik “Ayam Cemani”. Topik itu rupanya di inspirasi dari corak kebudayaan Indonesia.

Anda bisa juga di inspirasi oleh panorama seputar atau bahkan juga dari makanan. Misalkan seperti beberapa produk berikut ini.

– Pemilihan Warna yang Tepat

Warna penting untuk satu produk mode. Penyeleksian warna bisa saja factor penentu pembelian produk. Penyeleksian warna dapat dikerjakan dengan berdasarkan ide produk yang sudah Anda bikin. Oh iya, Anda bisa juga tetapkan warna produk berdasar trend warna waktu itu.

Misalkan, ide produk Dian Pelangi yang stabil tampilkan produk berwarna-warni. Ide ini juga diterima oleh pasar dalam negeri atau luar negeri.

Ada pula produk tas dari Aesthetics Pleasure. Pencinta mode tas sudah pasti ingat warna ciri khas produk ini. Yup! Cuman warna hitam. Hal itu yang jadikan produk ini benar-benar unik dan bisa dibuktikan disukai oleh beberapa pencinta mode tas di Indonesia.

– Pilih Bahan Terbaik

Perancangan produk yang baik saja tidak cukup membuat konsumen setia senang dengan produk Anda. Kualitas produk seringkali menjadi penentu kepuasan konsumen.

Bahkan juga menurut beberapa pakar, kualitas produk adalah aspek terpenting kepuasan konsumen setia. Jadi sangat penting untuk pilih bahan baku produk yang sama dan bermutu.

Misalkan untuk produk mode baju, beberapa hal yang penting Anda lihat ialah macam kain yang digunakan, warna kain, dan pola kain.

Cari Produsen

Sesudah membuat produk dan pilih bahan terhebat, saat ini waktunya membuat jadi produk yang bermutu. Jika produk mode Anda ialah pakaian, Anda tidak perlu menjahitnya sendiri. Anda dapat cari penjahit oke yang bisa Anda utamakan.

Intinya, tidak perlu punyai pabrik sendiri. Anda bisa juga mencari produsen mode bermutu yang belum bermerek untuk dibawa bekerjasama. Anda tinggal melabelkan produk itu dengan merek Anda.

Misalkan, untuk produk sepatu, Anda dapat coba cari di teritori sentral produsen sepatu, Cibaduyut, Bandung. Anda tinggal pandai-pandai pilih produk yang sesuai ide usaha Anda.

Cara tersebut sudah dipakai oleh beberapa pebisnis fashion sukses di Indonesia. Diantaranya usaha mode terkenal, Men’s Republic.

Nah, Untuk cari produsen yang tepat, Anda perlu menyaksikan kualitas hasil pembuatan produknya, menyaksikan ulasan konsumen setia, dan harga.

7. Buat Design Logo Brand

Design Logo Brand tidak dapat dianggap sepele. Mengapa? Logo brand dapat disebut sebagai cerminan atau citra konsep bisnis Anda.

Kemungkinan Anda pernah dengar beberapa perusahaan mendesain ulang logo brandnya untuk sampaikan visi baru mereka dan citra baru yang mau dilihat konsumen.

Dengan kata lain, logo brand fashion harus dibuat sebaik-baiknya. Berdasar riset, 93% logo top brand dunia dibikin dengan design yang sederhana. Hingga lebih gampang diingat dan dikenal oleh konsumen.

8. Lakukan Pemotretan Produk

Pasarkan produk tiada disertai photo produk yang baik tidak akan dilirik customer. Itu kenapa, Anda pun perlu menyiapkan pengambilan foto produk sebaik-baiknya. Hasil pengambilan foto produk berikut yang nanti akan dipamerkan di daftar web toko online, iklan, dan posting sosial media.

Bikinlah semakin kompeten. Jika perlu Anda sewa layanan photografer spesial mode untuk photo produk Anda. Nah, untuk hasilkan photo produk mode yang tarik ada banyak hal yang penting Anda siapkan. Baca di bawah ini.

Pilih Model yang Sesuai

Pilih mode untuk produk mode punyai fungsi penting. Sama dengan membuat ide photo, di sini, Anda harus tentukan mode yang sesuai sasaran pasar produk Anda.

Misalkan sasaran produk mode sepatu Anda ialah barisan milenial pria, karena itu Anda harus cari mode yang masuk ke barisan milenial itu.

Pakai Background Putih

Untuk photo produk di daftar Anda, pakailah latar belakang putih. Warna putih bisa membuat konsumen lebih konsentrasi pada produk Anda. Tidak hanya hanya itu, latar belakang putih dapat menunjukkan keunggulan design produk Anda.

Pilih Angle Photo yang Tepat

Agar konsumen bisa menyaksikan produk Anda keseluruhannya, Anda harus menyediakan photo dari beberapa angle. Nah, angle photo seperti saja apa yang Anda perlukan untuk produk mode?

Photo Detail Produk

Anda pun perlu menunjukkan detil produk Anda. Detil seperti design, bahan, atau struktur bisa saja keunggulan produk Anda. Karena itu, fotolah dari jarak yang lumayan dekat supaya detilnya nampak lebih terang.

9. Buat Website Toko Online

Tahukah Anda jika ada beberapa usaha mode yang sudah berhasil tiada mempunyai toko fisik? Misalkan saja Vanilla Jilbab. Dengan modal web toko online dan promo secara online, usaha mode muslim ini saat ini masih berkembang dan dicari konsumen.

Apa betul? Coba pikir, 96% pemakai internet di Indonesia rupanya pernah cari produk atau service untuk dibeli secara online. Ditambahkan lagi, berdasar data, produk yang terlaku dibeli secara online ialah produk mode. Jadi, usaha mode Anda berkesempatan berhasil bila dipasarkan online, kan?

Nah karena itu, sangat penting untuk mempunyai web toko online usaha Anda. Dengan web toko online, ada banyak manfaat untuk usaha mode Anda. Berikut beberapa manfaat web toko online.

– Menampilkan katalog produk Anda
– Menjual produk Anda
– Menampilkan launching produk terbaru
– Tampilkan info profile bisnis Anda
– Membuat info kontak bisnis Anda

Disamping itu, membuat web toko online sesungguhnya tidak serumit yang Anda pikirkan. Apa lagi ada CMS dan socketin toko online yang mempermudah Anda dalam membuat web toko online.

Anda dapat membuat sendiri dengan beberapa langkah berikut ini. Coba lihat beberapa langkah membuat toko online di bawah ini.

1. Buat dan daftarkan nama domain web toko online Anda.
2. Beli layanan hosting terbaik.
3. Install WordPress.
4. Install Plugin Woocommerce.
5. Install tema yang sesuai dengan produk Anda.
6. Install plugin untuk menambahkan feature website Anda.
7. Masukan photo dan info produk Anda.

Nah, seluruh beberapa langkah di atas sudah diterangkan selengkapnya di artikel → Langkah Membuat Toko Online Gampang Untuk Pemula. Anda dapat segera mempraktikannya dengan baca tutorial itu.

Saat ini, Anda tidak sangsi untuk bikin web toko online, kan?

10. Launching Produk

Berikut step yang paling ditunggukan saat mengawali usaha, yakni rilis produk. Sesudah produk dan web toko online Anda sudah siap, usaha Anda bermakna sudah siap untuk rilis.

Tetapi, saat sebelum betul-betul me-launching produk, Anda perlu berencana saat yang pas untuk rilis dan taktik promosinya.

Anda dapat membuat seperti pre-launching lebih dulu. Misalkan informasi “coming soon” dengan tampilkan beberapa produk dan penawarannya.

Pre-launching ini mempunyai tujuan untuk tarik perhatian konsumen pada produk Anda. Hingga saat rilis, banyak konsumen yang berkunjung web toko online Anda dan kekuatan pemasaran produk Anda bertambah.

Nah, di pre-launching ini Anda dapat memberi info promosi istimewa pembelian waktu rilis produk Anda. Trick ini dipandang cukup baik untuk mengundang perhatian dari konsumen setia. Hal tersebut sebab seluruh orang pasti mencintai promosi istimewa.

Beberapa usaha mode umumnya akan memberi penawaran tarik waktu rilis produk. Kami sudah meringkas cara-cara promo yang umum digunakan oleh usaha mode.

Beri Potongan harga atau Harga Istimewa

Seluruh orang senang potongan harga. Apa lagi potongan harga sampai 1/2 harga. Nah di hari awal peluncuran produk, Anda dapat memberi potongan harga istimewa untuk memperoleh engagement konsumen.

Beli 1 Gratis 1

Promo dengan semacam ini telah umum dipakai. Langkah ini dapat dipakai untuk memperkenalkan produk baru Anda. Kemungkinan tidak seluruhnya produk memakai promosi ini. Anda dapat memberi promosi ini ke sejumlah produk spesifik.

Beri Hadiah

Taktik pemberian hadiah pada pembelian barang spesifik atau dalam jumlah spesifik juga bisa Anda aplikasikan. Misalkan membeli 2 produk kaos gratis 1 topi. Taktik ini bisa membawa konsumen untuk beli produk semakin banyak.

Gratis Biaya Ongkos Kirim

Pemberian gratis ongkos biaya kirim atau cuma-cuma ongkos kirim benar-benar bermakna untuk beberapa konsumen. Konsumen dapat lebih irit banyak dengan promo ini. Anda dapat memberi promosi ini terbatas. Misalkan 50 konsumen pertama saja. Dengan demikian konsumen akan selekasnya lakukan checkout pada barang belanjanya.

Memberi Voucer

Berlainan dengan pemberian hadiah, voucer ini bisa berbentuk diskon untuk produk spesifik waktu itu atau diskon untuk pembelian produk seterusnya.

Memberi Giveaway

Beberapa usaha mode mengaplikasikan giveaway ke sebagian orang yang mujur. Umumnya program giveaway ini diberi dengan persyaratan spesifik. Misalkan harus memfollow account sosial media merek, bagikan posting, dan ajak seseorang untuk turut giveaway ini. Jadi, produk Anda dapat diketahui bisa lebih cepat secara luas.

Sesudah tentukan promo apa yang pas waktu rilis produk, Anda dapat menebarluaskan info itu di web Anda. Kecuali di web, Anda pun perlu menebarkannya di sosial media, acara bazar, atau kerja sama dengan influencer.

11. Promokan Iklan secara Online

Cara ini adalah cara paling akhir sekalian cara yang penting dikerjakan secara periodik. Apa maksudnya? Arah intinya sudah pasti tingkatkan pemasaran produk Usaha Anda.

Dengan memasang iklan produk Anda secara online, Anda dapat mencapai konsumen setia lebih luas kembali. Apa lagi memakai beberapa pemasaran alat terkenal. Iklan Anda bisa dicapai langsung oleh sasaran pasar yang tepat.

Di sini, kami mereferensikan Anda memakai pemasaran alat terkenal untuk mempromokan usaha Anda secara online.

Google Ads

Google Ads adalah feature dari Google yang digunakan untuk tampilkan iklan pada hasil penelusuran Google. Dengan memakai Google Ads, iklan usaha mode Anda bisa tampil di hasil penelusuran dengan keyword kata kunci spesifik.

Google Search adalah basis penelusuran yang terbanyak digunakan. Menurut catatan statistik, 91,98% penelusuran di internet dikerjakan di Google Search.

Itu berarti, dengan memakai Google Ads, iklan Anda kemungkinan akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Instagram Ads

Kenapa harus di Instagram? Harus dipahami jika 45% pemakai Instagram di Indonesia beli produk yang mereka saksikan di Instagram. Pikirkan bila pemakai Instagram di Indonesia ada lebih dari 61 juta pemakai.

Bukti tarik yang lain, umur pemakai Instagram juga bermacam. Dimulai dari umur 13 tahun sampai 65 tahun. Pemakai di umur 18-24 tahun ialah yang paling banyak memakai Instagram atau seputar 37,3% dalam jumlah pemakai wanita semakin banyak.

Jika umur sasaran pasar Anda terhitung pemakai paling banyak di Instagram, Instagram Ads bisa saja opsi yang pas untuk iklan usaha Anda. Untuk mengenali langkah tampilkan iklan di Instagram Ads, baca artikel kami mengenai Tutorial Komplet Membuat Instagram Ads.

Facebook Ads

Tidak hanya Google dan Instagram, Facebook Ads juga berkesempatan untuk tingkatkan pemasaran. Pemakai aktif Facebook di Indonesia capai 130 juta pemakai.

Facebook Ads mempunyai feature untuk tampilkan iklan pada sasaran pasar yang sesuai usaha Anda. Dengan demikian iklan Anda semakin lebih pas target. 

Ayo Mulai Bisnis Fashion Anda!

Anda pun berkesempatan berhasil seperti usaha mode yang sudah berhasil di dunia fashion. Kuncinya lihat peluang, ciptakan produk berkualitas, dan gunakan basis online. Bila Anda dapat mengoptimalkan ketiganya dalam taktik bisnis Anda, bisa saja bisnis fashion Anda akan berhasil dan tahan lama.