Apakah Anda memiliki makanan favorit dari daerah tertentu? Setiap orang pasti memiliki makanan khas favorit dari daerahnya masing-masing. Jika Anda dari Pontianak, mungkin Anda menyukai makanan khas Pontianak seperti Pengkang atau Sotong Pangkong.

Atau mungkin kamu yang tinggal di Batam menyukai Mi Lendir. Apa pun makanan favorit Anda, setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya sendiri yang tiada tara kelezatannya. Provinsi ini juga memiliki sejumlah makanan Khas Sunda yang tidak boleh Anda lewatkan.

Opak

Opak merupakan makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemukan dimana-mana. Opak sendiri memiliki beberapa varian seperti opaque cassava dan opaque ketan. Opak singkong adalah opak yang terbuat dari singkong yang diparut, kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu.

Sedangkan opak ketan sendiri merupakan opak yang menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Ketan opak terbuat dari campuran beras ketan, air serta parutan kelapa, dan garam.

Semua bahan ditumbuk sampai halus kemudian adonan dibentuk menjadi bulatan pipih. Setelah itu, adonan opak dijemur di bawah sinar matahari. Setelah proses pengeringan selesai, opak bisa langsung dimasak dengan cara digoreng atau dibakar.

Surabi

Surabi merupakan salah satu kue tradisional khas Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatannya. Surabi terbagi menjadi dua varian, yaitu manis dan asin. Surabi asin tersedia dalam berbagai rasa. Ada surabi rasa oncom hingga telur.

mochi

Selanjutnya ada kue mochi yang merupakan jajanan dari Jepang, namun juga merupakan salah satu makanan khas di Jawa Barat. Khususnya daerah Sukabumi dan Cianjur. Menurut Wikipedia, mochi adalah makanan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga adonan menjadi lengket.

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan salah satu makanan khas sunda yang sudah terkenal di seluruh nusantara. Nasi tutug oncom adalah menu makanan berat yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersama. Nasi tutug oncom biasanya disajikan hangat, sehingga lebih nikmat. Demikian artikel tentang inilah makanan favorit khas Sunda.

Sumber :  wartaoce.com

baca juga : warta berita harian online

By dzail