Jasa print sticker murah nampaknya semakin menjamur di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya juga disebabkan karena kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus bertambah juga di bidang printing sticker. Mereka selalu menyediakan jenis bahan awet dan tahan lama bagi para customernya.

Mengenal Jenis Bahan untuk Jasa Print Sticker

Jika saat ini Anda sedang berniat untuk membuat sebuah sticker  kebutuhan umum maupun pribadi, tidak ada salahnya mengenali terlebih dahulu beragam bahan-bahannya. Agar nantinya mendapatkan hasil akhir sesuai dengan keinginan jasa print tanpa merasa kecewa. Ini dia penjelasan singkatnya:

  1.     Bahan Stiker Kertas

Bahan stiker kertas sampai saat ini masih menjadi juaranya. Jenis yang biasanya digunakan adalah glossy dan HVS. Daya rekatnya cukup tinggi dibandingkan merk lainnya. Untuk itu sampai saat ini masih banyak peminatnya. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi berbeda-beda.

Untuk HVS sendiri biasanya banyak digunakan untuk pembuatan label pada buku tulis ataupun kemasan yang banyak dipakai di minuman botol. Sedangkan glossy digunakan sebagai bahan dasar dari stiker tempel, informasi, maupun logo. Itulah yang menjadi pembeda antara keduanya.

  1.     Bahan Sticker Sintetis

Kemudian ada juga sticker sintetis yang banyak digunakan untuk keperluan branding suatu perusahaan. Misalkan pembuatan billboard, promosi logo tempel, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan sintetis memiliki sifat yang tidak mudah luntur jika terkena air, warnanya juga tidak pudar saat terkena cuaca.

Ada banyak sekali jenis stiker yang biasanya dibuat menggunakan bahan sintetis, seperti Yupo, Vinyl, Scotchlite dan masih banyak lagi. Bahkan semuanya diproduksi oleh perusahaan ternama di dunia, tak heran bila Indonesia akhirnya menganut teknologi tersebut untuk digunakan dalam negeri.

  1.     Bahan Sticker Sandblast

Untuk jasa print sticker Indonesia sebenarnya juga sudah bisa membuat jenis sandblast. Yakni tipe yang umum digunakan pada kaca pembatas ruangan. Sebenarnya jenis ini tidak termasuk pada sintetis maupun kertas, hanya saja penggunaannya lebih spesifik dan khusus.

Itulah beberapa tipe bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan sticker. Sampai saat ini terus mengalami pertambahan, hanya saja ketiga komponen diatas tadi menjadi paling banyak digunakan tak hanya di Indonesia, melainkan juga masyarakat dunia.

By doni