1. Artikel Deskripsi

Artikel uraian adalah karangan yang punya tujuan untuk menulis uraian suatu fakta supaya pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus % artikel ini memuat uraian keadaan, kejadian, peristiwa.

Contoh artikel deskripsi:

Tips Memilih Ikan Segar

Ikan merupakan bahan makanan bersama dengan kandungan gizi yang tinggi. Dari anak-anak sampai dewasa terlalu direkomendasikan untuk menambahkan ikan di dalam menu makanan dengan freelance content writer.

Akan tetapi, kandungan gizi ini dapat menjadi tidak dapat didapatkan jikalau kami keliru pilih ikan.

Ikan yang baik dapat dikenali dari sebagian cirinya. Mata ikan fresh akan nampak bening, cembung atau menonjol. Jika ikan tetap segar, matanya akan nampak seperti kala ikan tersebut tetap hidup.

Insang ikan fresh juga berwarna merah tua dan terang. Jika kami membaui bagian insang ini, maka akan berbau amis fresh seperti ikan segar. Jika ikan tersebut sudah tidak fresh maka akan terlalu berbau busuk kala dicium.

Ciri lain ikan fresh adalah kala kami menghimpit dagingnya maka akan merasa keras, Berbeda bersama dengan ikan busuk yang akan terlalu lunak dan ringan hancur. Memperhatikan suasana ikan berarti memperhatikan asupan gizi yang akan dikonsumsi.

 

2. Artikel Narasi

Artikel type ini ditujukan untuk menceritakan suatu suasana atau situasi, baik berdasarkan alur kala atau alur kejadian.

Artikel narasi dapat seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi perlu tersedia penokohan, seperti dalam cerita terhadap umumnya. Sang tokoh dilukiskan sebagai sosok yang bergulat bersama dengan persoalan dan berkonflik bersama dengan kehidupan. Dan ia berusaha memenangkan pergulatan tersebut. Adanya konflik kehidupan membuat tulisan type ini menarik minat baca. Sebab misalnya tidak tersedia konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.

Contoh Artikel Narasi

Ketika sudah berkunjung musim hujan, mutlak bagi kami untuk selamanya memelihara kebersihan lingkungan supaya nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak. Cara memelihara lingkungan supaya selamanya bersih adalah memulai dari dalam rumah. Tutup seluruh gentong penyimpanan air dan kuras genangan yang terdapat di rumah kami periksa seluruh ruangan rumah yang berpotensi sebagai daerah berkembang biaknya jentik nyamuk.

Lalu di ruangan gelap serta lembab lainnya. maka oleh gara-gara itu mutlak untuk kami untuk dapat bersihkan genangan air dalam bak mandi, genangan air bekas membasuh piring, dan air di dalam akuarium jikalau miliki akuarium hias di rumah. Selain itu makanan bekas juga berpotensi menarik perhatian nyamuk dengan jasa penulisan artikel.

Dengan langkah sederhana tersebut diinginkan dapat mendukung dalam mengurangi populasi nyamuk yang begitu cepat kala musim hujan dan mengurangi risiko terserang penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga meningkatkan kenyamanan para penghuninya.

 

3. Artikel Eksposisi

Artikel type ini merupakan karangan yang punya tujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berbentuk uraian perihal definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berbentuk langkah, langkah atau sistem mengerjakan sesuatu.

Ciri khas artikel ini adalah memperlihatkan poin-poin, urut-urutan angka, bagian demi bagian langkah, menjajarkan definisi, dll. Terkadang terdapat unsur opini privat dalam artikel type ini, sering kadang tidak.

Contoh Artikel Eksposisi adalah artikel ini, atau perumpamaan lainnya

Kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah merupakan satu dari sebagian faktor mutlak dalam usaha menciptakan suasana nyaman bagi seluruh warga sekolah dan juga lingkungan sekitarnya. Setiap sekolah pasti selamanya berusaha mewujudkan lingkungan yang bersih bersama dengan mengajarkan siswa-siswi supaya memelihara kebersihan.

Untuk menarik minat warga sekolah, lebih-lebih para siswa, maka kerap kali ditunaikan lomba kebersihan kelas dan kebun sekolah secara teratur dan berkelanjutan. Beberapa langkah dan usaha yang dapat ditunaikan untuk memelihara kebersihan lingkungan di sekolah, pada lain: menghilangkan sampah terhadap tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, serta memelihara kebun sekolah supaya nampak asri.

Dalam usaha penguatan praktek konsistensi dan tanggung jawab siswa dalam memelihara lingkungan sekolahnya, umumnya di tiap-tiap kelas sudah ditunaikan pembagian piket per hari yang bertugas memelihara kebersihan secara bergiliran. Petugas piket umumnya melaksanakan tugas untuk menyapu ruang kelas, menghapus papan tulis, bersihkan jendela dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat atau Sabtu, sekolah umumnya miliki program untuk melaksanakan kesibukan bersih-bersih secara massal dan menyeluruh. Semua bagian kelas dan warga sekolah lainnya melaksanakan kerja bakti bersihkan lingkungan sekolah sehabis pelajaran pertama selesai. Selain meningkatkan kualitas kebersihan sekolah, keliru satu kegunaan yang dapat dipetik dari program teratur ini adalah membuat hubungan pada murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sekolah. Ini bahkan menjadi faktor mutlak demi raih sistem belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan merupakan usaha manusia supaya lingkungan selamanya sehat terawat secara konsisten menerus dan berkesinambungan.

 

4. Artikel Persuasi

Artikel type ini populer juga bersama dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya berbentuk membujuk dengan sebutan lain persuasif. Efeknya dapat mobilisasi pembaca untuk melaksanakan atau mengikuti sesuatu dan sebaliknya meninggalkan sesuatu.

Artikel ini umumnya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan dan siapa saja yang mengidamkan menggiring khalayak untuk mau, rela, antusias, bersemangat mengamini dan tidak menolak apa yang mereka tawarkan.

Contoh artikel persuasi

Mari Mengukir Prestasi Sedini Mungkin

Tidak tersedia kata ‘terlalu dini’ dalam hal mengukir prestasi. Ungkapan tersebut nampaknya terlalu cocok bersama dengan raihan yang diperoleh Wei Yi, yakni grand master termuda keempat di dunia. Wei Yi meraih gelar grand master-nya terhadap umur 13 th. delapan bulan usai raih norma grand master ketiganya dii Turnamen Catur Reykjavik Open 2013, sehabis meraih dua norma grand master di awalnya terhadap persaingan World Junior Championship serta Indonesia Open terhadap th. 2012.

Indonesia juga miliki grand master muda, yakni Medina Warda Aulia. Gadis kelahiran Jakarta th. 1997 ini meraih gelar grand masternya terhadap umur 16 th. 2 bulan. Medina juga merupakan pemegang rekor muri dan dunia sebagai pecatur yang dapat mengalahkan 650 pecatur lain terhadap persaingan Indosat Grand Master Chess Match. Atas prestasinya di bidang catur, Medina meraih penghargaan Stya Lancana Wira Karya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap 2008 lalu.

Belum lagi kisah bocah asal Amerika, Tanishq Abraham, yang meraih tiga gelar sarjana di usianya yang ke sebelas tahun. Tanishq meraih tiga gelar sarjana, yakni sarjana di bidang matematika, sains, dan bhs asing dari American River College di Sacramento, Amerika Serikat. Sebelumnya ia juga sudah mencuri perhatian publik gara-gara berhasil lulus sekolah menengah atas terhadap umur 10 tahun.

Di Indonesia sendiri, tercatat sarjana kedokteran termuda, yakni Rafidah Helmi, mahasiswi lulusan Unissula Semarang. Rafidah Helmi meraih gelar sarjana kedokterannya terhadap umur 17 th. terhadap 2016 lalu. Rafidah masuk sekolah basic terhadap umur empat th. dan sepanjang menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA, Rafidah selamanya meniti program akselerasi supaya ia sudah terdaftar sebagai mahasiswa di usianya yang ke-14. Baginya tidak tersedia hal spesifik untuk meraih prestasinya sekarang, ia menuturkan jikalau yang paling penting adalah pilih target dari awal dan bersungguh-sungguh dalam raih target tersebut.

Beberapa perumpamaan pemuda pemuda berprestasi di atas setidaknya menunjukkan jikalau tidak tersedia kata terlalu dini atau terlalu cepat dalam mengukir prestasi. Prestasi tidak perlu selamanya cocok diawali langsung dari sesuatu yang besar, mengukir prestasi dapat diawali dari sebatas menekuni hobi bersama dengan serius. BIla menyukai akademik, maka berprestasilah di bidang akademik.

Bila sebetulnya tidak menonjol di bidang akademik, tapi ahli di bidang olahraga, maka tekunilah. Tidak tersedia hal yang lebih menenangkan dibandingkan berprestasi di bidang yang kami sukai. Terlebih lagi bagi siswa siswa sekolah menengah atas, prestasi di luar nilai sekolah merupakan poin plus tersediri terhadap kala seleksi penerimaan mahasiswa baru melalu jalur SNMPTN.

By Drajad