Roda kemudi yang longgar bisa berbahaya tidak hanya bagi pengemudi dan penumpang tetapi juga semua orang di jalan.

Pelajari dengan cepat cara memperbaiki roda kemudi yang longgar sebelum membawa mobil Anda ke jalan lagi.

Kursus Mengemudi Pekanbaru – Anda perlu memahami bahwa roda kemudi kendaraan Anda mengontrol pergerakan dan arah mobil Anda dan pasti dianggap sebagai salah satu bagian yang paling penting. Roda dan kolom adalah komponen dari sistem kemudi kompleks yang menerima panduan langsung dari pengemudi. Dengan mengendalikan kolom roda kemudi, pengemudi mengendalikan seluruh kendaraan dan semua komponennya. Itulah mengapa sangat penting bahwa seluruh sistem ini merespons pengemudi untuk memastikan perjalanan yang aman, mulus, dan bebas dari rasa khawatir.

Meskipun ada 2 jenis roda kemudi, sebagian besar kendaraan memiliki kolom kemudi miring dan di situlah kami akan memfokuskan petunjuk perbaikan cepat kami.

Untuk memulainya, Anda perlu memarkir kendaraan Anda di permukaan datar yang jauh dari lalu lintas. Pastikan untuk menarik rem parkir Anda dan lepaskan kunci Anda. Buka kap mesin dan gunakan tang untuk melepaskan kabel dari baterai.

Lepaskan bagian yang menutupi bagian tengah roda dengan menggunakan obeng atau alat tajam lainnya. Lakukan ini dengan hati-hati agar Anda tidak merusak atau mematahkan bagian tengahnya. Anda seharusnya dapat melihat baut tengah dan Anda harus mengendurkannya dengan kunci pas agar Anda dapat melepasnya sepenuhnya.

Kencangkan penarik roda kemudi ke roda itu sendiri, pastikan untuk memperhatikan instruksi manual untuk kendaraan spesifik Anda dan juga model alat penarik. Anda sekarang harus dapat melepas seluruh roda dan pelat pengunci.

Temukan cincin penahan setelah Anda melepas roda dan kemudian ambil tang biasa untuk melepasnya.

Buka sekrup yang menahan unit lampu sein pada roda. Jumlah total sekrup dapat bervariasi untuk setiap merek dan model kendaraan yang dapat berkisar dari 4-6 sekrup. Tempatkan sekrup di tempat yang aman jauh dari tempat Anda bekerja sehingga Anda tidak akan kehilangannya.

Temukan braket kolom yang menghubungkan kolom dengan dashboard mobil Anda. Ambil obeng dan buka 2 baut besar di bagian bawah braket. Anda tidak harus melepas seluruhnya, cukup dengan melihat dan melepas kabelnya saja. Setelah itu masukkan kunci Anda ke dalam lubang pengapian dan putar ke posisi on.

Lepaskan silinder kunci dengan melepas 2 sekrup dan kemudian lepaskan seluruh silinder dari mobil. Kemudian lepas 3 baut torsi besar dari kolom setir.

Tarik rumah, lalu bagian-bagian bantalan dan terakhir tekan penahan pegas dengan alat obeng. Luangkan waktu sejenak untuk memutar penahan searah jarum jam sekitar seperempat putaran.

Lepaskan unit pegas dari bagian bawah poros kemudi dengan mengambil sepasang tang dan melepaskan 2 pin pivot. Anda harus dapat melihat pivot di dalam kolom kemiringan yang sebenarnya.

Tarik lengan kolom kemiringan untuk menyesuaikan kolom, lalu gerakkan ke atas.

Langkah selanjutnya adalah memiringkan kolom ke atas dan ke kanan lagi. Anda harus menarik casingnya lagi lalu menahan klip pegas logam dan memutarnya searah jarum jam sampai Anda tidak dapat memutarnya lebih jauh.

Setelah ini selesai, ikuti semua langkah di atas ke belakang untuk mengganti semua komponen kembali ke posisi semula.

Ini adalah langkah-langkah dasar yang perlu Anda lakukan ketika kemudi Anda longgar. Ingatlah bahwa roda kemudi yang longgar dapat memengaruhi keselamatan perjalanan Anda, jadi Anda harus memperbaiki roda kemudi yang kendor itu sesegera mungkin.