Pipa PVC merupakan salah satu elemen material bangunan yang memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia sehari-hari.

Pipa ini sendiri merupakan sebuah selongsong bundar yang bermanfaat untuk mengalirkan fluida-cairan atau gas. Secara terminologi, pipa ini bisa sama artinya dengan tube, akan tetapi istilah pipa ini biasanya memiliki diameter lebih dari ½ inch.

Menurut fungsinya pipa ini terbagi menjadi ke dalam 4 bagian. yakni pipa saluran untuk air bersih, pipa saluran air bekas, pipa saluran air kotor, dan pipa saluran air hujan.

Kegunaan Pipa PVC

Adapun kegunaan dari pipa pvc ini adalah sebagai saluran pasokan air bersih dan saluran air kotor/buangan, pelindung kabel litrik yang dipasang di dinding rumah/tanah yang tidak akan berkarat akibat pengaruh cuaca dan alam.

  • Pemakaian Tekanan Tinggi

Dalam kategori ini bisa digunakan sebagai saluran pasokan air minum, irigasi, saluran bahan kimia, dan sprinkler.

  • Pemakaian Tekanan Menengah

Dalam kategori ini bisa digunakan sebagai saluran pasokan air minum, irigasi, pembuangan dan venting pada bangunan.

  • Tekanan Rendah

Dalam kategori ini bisa digunakan untuk selokan, pembuangan limbah, pembuangan bahan kima pada jalan raya, air hujan, dan Telkom (Telkom Duct Sistem).

Keunggulan dan Manfaat Pipa PVC

  • Anti Karat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pipa pvc ini tidak menimbulkan karat yang disebabkan oleh air laut atau bahan kimia.

  • Sanitasi

Perlu diketahui bahwa pipa pvc ini tidak beracun dan tidak merubah rasa maupun warna dari semua cairan yang melaluinya. Tentunya hal ini sangat baik anda gunakan sebagai saluran air bersih dan air minum.

  • Ringan

Bobot pipa pvc ini cukup ringan sekitar kurang lebih 1/5 dari berat pipa besi atau sekitar 1,42 gram.

  • Tidak Menghantarkan Api

Pipa pvc ini tidak menghantarkan api sehingga ketika terbakar titik nyala api tidak akan merembet ke bagian yang lainnya. Bahkan, titik nyala api tersebut akan padam dengan sendirinya.

  • Permukaan Yang Licin

Dengan tekstur permukannya yang licin, pipa pvc ini bisa memberikan manfaat lainnya bagi penggunanya, diantaranya adalah kecepatan aliran air konstans, tidak menimbulkan endapan kotoran, tidak mudah tergerus benda yang tajam, dan tahanan aliran yang kecil.

Ukuran Pipa PVC

Pada umumnya pipa pvc yang dijual di pasaran menggunakan standar ukuran JIS (Japanese Industrial Standard), sementara untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) akan menggunakan standar ukuran SNI (Standard Nasional Indonesia).

Pipa pvc jenis JIS ini terbagi ke dalam 3 jenis yakni AW, D, dan C. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  1. Pipa PVC Jenis AW

Pipa PVC jenis ini merupakan pipa paling tebal yang biasa digunakan untuk aliran bertekanan tinggi, seperti pompa air. Selain itu, bisa juga digunakan untuk saluran air dalam tanah yang mungkin akan mengalami tekanan besar dari kendaraan berat yang melintas di atasnya.

  1. Pipa PVC Jenis D

Jenis pipa yang satu ini tidak terlalu tebal seperti jenis AW. Pipa PVC jenis ini bisa digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu besar seperti untuk saluran pembuangan.

  1. Pipa PVC Jenis C

Pipa PVC jenis C ini merupakan pipa yang paling tipis. Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk buangan air, tidak untuk tekanan.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang kegunaan, keunggulan, dan harga pipa pvc, semoga ada guna dan manfaatnya.

By sartika