Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit asam lambung naik adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, penting sekali bagi penderita penyakit ini untuk memperhatikan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Terutama disarankan untuk makan makanan yang dapat menurunkan gejala.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

GERD atau gastroesophaeal reflux disease merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh banyak orang mulai dari remaja hingga orang tua. Gejala yang ditimbulkan seperti rasa panas di dada, mual, sesak nafas, hingga sulit menelan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang direkomendasikan, di antaranya:

  1. Buah-buahan

Buah memiliki sifat basa dan mengandung alkali sehingga dapat menurunkan asam lambung. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan rendah asam atau non adicic. Contohnya seperti pisang, melon, apel, pir, dan pepaya. Kandungan yang terdapat dalam buah tersebut sama seperti yang sering digunakan pada obat untuk refluks asam.

  1. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena secara alami mengandung kadar lemak dan gula yang rendah. Sehingga bisa membantu untuk mengurangi gejala asam lambung. Contoh sayuran yang direkomendasikan seperti kacang hijau, brokoli, kembang kol, asparagus, bayam, timun, dan kangkong.

  1. Nutriflakes

Produk Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang bisa berfungsi sebagai pengganti makanan khususnya bagi penderita asam lambung. Sereal ini terbuat dari kombinasi bahan umbi garut, daun kelor timur, susu etawa, pysilium husk, dan gula aren. Di dalam bahan-bahan tersebut terdapat kandungan yang bagus untuk atasi asam lambung.

  1. Makanan Rendah Lemak

Penderita asam lambung sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Anda masih bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam, makanan laut, dan ikat karena dapat mengurangi gejala refluks. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat menambah produksi asam.

Dari berbagai jenis makanan untuk penderita asam lambung di atas, maka Anda bisa memilih sesuai kesukaan. Tentu akan lebih baik jika bisa mengkonsumsi makanan sehat setiap hari seperti sayur dan buah-buahan untuk mencegah gejala asam lambung muncul kembali.

By doni