Mandalika Lombok

Mandalika Lombok – Kekuatan pariwisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memang susah disangkal. Terhitung teritori Mandalika yang disebut teritori rekreasi dengan luas capai 1.035 hektar di Kabupaten Lombok tengah. Apa lagi, Circuit Mandalika sudah sah jadi tuan-rumah kompetisi motor balap internasional MotoGP pada 2021 kedepan.

Selainnya sebagai tuan-rumah MotoGP, Mandalika sudah mulai dikenali semenjak jadi bahan content vlog Presiden Jokowi. Teritori ini sudah diputuskan sebagai Teritori Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintahan Indonesia. Karenanya, Mandalika sudah tentu bagus menjadi tujuan liburan di wilayah Lombok. Apa saja spot rekreasi yang harus didatangi saat ada di Mandalika?

1. Pantai Gerupuk

Tujuan rekreasi yang jangan dilewati saat ada di Mandalika Lombok ialah Pantai Gerupuk. Pantai ini jadi spot bagus untuk fans kegiatan selancar. Banyak peselancar menyengaja meluangkan waktu untuk bertandang ke pantai ini untuk melawan ombak garang. Adrenalin akan betul-betul terbukti dengan bermain selancar di Pantai Gerupuk. Jika tidak dapat berseluncur, pengunjung juga dapat cukup bermain air di pinggir pantai yang berada di Dusun Gerupuk, Kecamatan Lombok tengah.

2. Pantai Kuta Mandalika

Kuta tidak cuman punya Pulau Bali saja. Di teritori Mandalika, pelancong dapat bertandang ke Pantai Kuta. Pantai itu tidak kalah tawarkan daya tarik menarik dibanding Pulau Dewata. Pengunjung bisa melihat bukit-bukit hijau dengan pantai berpasir putih yang dicumbui lautan biru. Tidaklah aneh jika tujuan rekreasi di Mandalika ini terkenal di kelompok wisatawan luar negeri.

3. Pantai Segar

Pantai ini tidak sangat jauh dari Pantai Kuta. Karena itu kamu dapat sekalian jalanan ke Pantai Segar saat ada di Mandalika. Kelebihan pantai ini karena kuat hubungannya dengan budaya di tempat. Masalahnya ada festival tahunan kebudayaan yang dapat dilihat. Festival Berbau Nyale, judulnya, akan mendatangkan beberapa ratus masyarakat lokal untuk kumpulkan cacing laut yang dipandang seperti jelmaan Putri Nyale. Keyakinan di tempat mengatakan jika putri legenda itu menyengaja menceburkan diri ke laut untuk menghindar pertumpahan darah di teritori Mandalika.

baca : 10 Bali Anyar Indonesia, Paras Anyar Tempat Liburan Dunia!

4. Pantai Serenting

Lokasi Pantai Serenting berada disebelah timur Pantai Segar. Point plus Pantai Serenting karena mempunyai garis pantai yang lebih panjang dibanding Pantai Segar. Tidak itu saja

Pantai Serenting berada di samping timur Pantai Segar. Seperti pantai tetangganya, pantai ini masuk ke teritori perayaan Festival Berbau Nyale. Hal tersebut karena karena sangat jumlahnya masyarakat yang bersama-sama ke Pantai Segar. Karenanya, Pantai Serenting juga jadi sisi dalam festival. Tentu tidak kalah hebat, dech!

5. Pantai Tanjung Aan

Tempat rekreasi bahari ini terhitung ke salah satunya tujuan terbaik di teritori Mandalika. Terletak tidak sangat jauh dari bukit eksotik, yakni Bukit Merese. Pantai Tanjung Aan mempunyai karakter ombak yang relatif tenang. Hingga berenang dan bermain air bisa dilaksanakan dengan keluarga dengan aman. Pasir putih yang halus jadikan pantai ini makin memesona. Ada juga spot instagramable yang sayang jika dilewati berbentuk ayunan pohon di pinggir pantainya.

6. Bukit Merese

Spot yang harus didatangi saat ada di teritori Mandalika ini sebagai tempat terbaik untuk melihat senja. Pemandangan matahari tenggelam dengan sinar jingga keemasan terlihat demikian istimewa dari tempat bukit-bukit. Selainnya lanscape bukit yang menarik, pengunjung bisa nikmati keelokan daya tarik pantai yang tidak kalah menarik. Belum juga, desau angin semilir ikut mempersejuk diri dan menentramkan pemikiran saat ada di Bukit Merese.

baca : 15 Liburan Budaya di Bandung jawa barat yang Menarik

7. Batu Payung

Spot rekreasi Mandalika ini tidak sangat jauh dari Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese. Persisnya, Batu Payung berada di ujung samping timur Pantai Tanjung Aan. Peristiwa alam unik ini berbentuk batu karang yang tercipta alami oleh erosi, gerusan air laut dan gerusan angin sepanjang beberapa ribu tahun. Skema batu karang di Batu Payung kelihatan demikian unik dan susah ditemui di teritori lain. Tempat rekreasi ini bagus menjadi latar berpose dan berselfie riang dengan keluarga atau rekan-rekan.

8. Goa Kotak

Sama sesuai namanya, gua ini mempunyai wujud kotak. Hal khusus itu mengakibatkan gua ini demikian terkenal dalam telinga pelancong. Wujud lorongnya tidak seperti umumnya yang bak lorong menyempit atau melebar. Goa Kotak mempunyai lorong berupa kotak atau kubus. Walau tidak mempunyai stalagtit atau stalagmit, gua ini masih tetap membentangkan panorama mengagumkan. Bila menelusuri sampai sisi paling ujung, pengunjung akan menemui pemandangan laut terlepas yang benar-benar menarik.

9. Dusun Tradisi Ende

Bertandang ke Mandalika tidak akan demikian terkesan tanpa berziarah budaya. Pelancong bisa bertandang ke Dusun Tradisi Ende yang ditinggali oleh sekirs 37 kepala keluarga dari suku Sasak. Pengunjung akan melihat situasi kehidupan masyarakat suku Sasak yang tradisionil dan terus dipertahankan sampai sekarang ini. Kekhasan yang bisa dilihat di dusun ini ialah model rumah ciri khas suku Sasak yang dibuat dari anyaman alang-alang dan bambu. Usaha pewarisan budaya secara temurun masih tetap terlihat dari lantai yang disebut kombinasi tanah dan kotoran kerbau.

baca juga : penginapan pulau macan jakarta

10. Dusun Tradisi Sade

Tidak cuman Dusun Tradisi Ende, Dusun Tradisi Sade dapat jadi alternative untuk berekreasi budaya. Dusun Tradisi Sade bisa dikitari untuk mengenali lebih dalam berkaitan budaya suku Sasak. Dimulai dari bangunan ciri khas, upacara tradisi, sampai makanan lokal. Untuk pengunjung yang tertarik dan mempunyai waktu senggang lebih, juga bisa ikuti program belajar memperdalam aktivitas menenun kain ciri khas Lombok, songket. Dimulai dari proses penyelesaiannya, pemintalan, pewarnaan sampai penyimpanan kain yang telah usai ditenun tentu terus akan terkesan dalam hati dan masa lalu.

Bagaimana? Tak perlu berpikiran 2x untuk berlibur ke teritori ekonomi khusus Mandalika, ya. Untuk peroleh ticket pesawat ke Lombok, selekasnya amankan penawaran yang menarik dari situs daftartour.co.id, ya!