Media promosi online sangat besar manfaatnya bagi UKM yang dikenal mampu mendorong perekonomian negara. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa media promosi online sangat efektif untuk menembah angka penjualan dan berpotensi mendapatkan calon pembeli ideal dengan mudah.

Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan oleh penggiat UKM dalam pemanfaatan media promosi online ini, antara lain:

Lebih fleksibel. Penggunaan platform online untuk promosi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu seperti membuka toko fisik. Pembeli juga bisa melihat dan memilih produk yang mereka beli tanpa ada batasan waktu.

Memperluas target pasar. Promosi menggunakan media digital mampu menjangkau pelanggan lebih luas tanpa terbatas jarak. Hal ini memunggkinkan UKM mendapatkan pelanggan dari luar kota maupun luar pulau bahkan luar negeri tanpa harus membuka store di daerah tersebut.

 

Silahkan baca juga :

Tips Memaksimalkan Pemasaran Media Sosial

 

Minim biaya. Berbeda dengan promosi konvensional, promosi melalui platform digital lebih minim biaya karena beberapa media bisa digunakan tanpa berbayar. Dengan mempromosikan barang secara online, UKM tidak perlu membuka toko secara fisik yang menghabiskan banyak biaya operasional.

Membangun interaksi dua arah. Hubungan antara pembeli dan penjual dapat dibangun melalui plaftorm online yang memungkinkan keduanya berinteraksi tanpa batas jarak dan waktu. Interaksi ini diperlukan untuk kebutuhan peningkatan trust pada produk dan pemberian label ‘ramah’ bagi penjual.

 

Promosi jangka panjang. Foto atau video yang diunggah secara online akan bertahan lama selama tidak melanggar kaidah penggunaan internet dan tidak dihapus oleh penjual. Pembeli akan dapat mengakses informasi mengenai produk ini kapan saja selama postingannya masih ada di plaftorm yang digunakan.

Menemukan dream customer. Calon pembeli ideal dapat disasar dengan mudah menggunakan kecanggihan teknologi di mana pembeli biasanya memberikan informasi tentang produk apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

 

Evaluasi yang efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memantau tools yang digunakan untuk melihat performa traffic baik melalui website pribadi, sosial media ataupun media onlie lainnya. Pada website misalkan bisa menggunakan Google Analytic untuk melihat jumlah dan sumber trafik. Pada Instagram for Business sudah ada fitur Insight untuk melihat impresi, dll.

 

Demi mengikut trend kekinian, UKM yang diharapkan bisa membangun perekonomian Indonesia bisa mengadaptasikan media promosi online dalam melakukan pemasaran agar mampu meningkatkan angka penjualan. Promosi ini dapat dilakukan melakui sosial media yang efektif dan efisien dalam menjangkau target market, marketplace, website pribadi, WhatsApp, bekerjasama dengan blogger dan influencer, hingga saluran YouTube.

Banyak manfaat yang ditawarkan dengan pemanfaatan media promosi online bagi UKM Indonesia antara lain dapat dengan mudah menemukan dream customer, lebih efisien dan hemat biaya, bisa dijadikan long term promotion, tidak terbatas jarak dan waktu, dan dapat dipantau hasil dari tiap postingannya.

By toha