Mencari pekerjaan di bidang IT, mungkin bisa dibilang mudah tapi juga tidak gampang untuk diwujudkan. Untuk kategori lowongnya mudah di dapat bahkan ada dimana saja. Karena saat ini banyak perusahaan membutuhkan Anda yang punya bakat untuk memajukan perusahaannya, apalagi di bidang teknologi.

Namun sebelum Anda memilih pekerjaan di bidang yang berhubungan dengan teknologi ini, simak dulu beberapa hal berikut.
1. Mengasah Bakat
Jika memang Anda memiliki bakat dibidang IT maka sebaiknya asah bakat tersebut. Karena saat ini semakin tinggi kompetisi yang harus Anda ikuti terhadap banyaknya lulusan IT, jika ingin bekerja di Indonesia. Apalagi jika ingin berkarir di perusahaan IT luar negeri, tentu tantangan lainnya adalah Anda juga harus bersaing dengan para lulusan IT di luar negeri.
Ternyata kemampuan teknis sebagai lulusan IT bukan hal satu-satunya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Anda juga wajib memiliki kemampuan melakukan presentasi, karena hal ini akan berguna untuk nantinya jika mendapatkan proyek besar. Presentasi dilakukan ketika Anda ingin menjelaskan secara detail konsep dari produk teknologi yang ingin dijual lalu mengimplementasikannya dengan baik.

2. Membangun Jaringan
Membangun jaringan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan apabila ingin bekerja di bidang IT. Membangun jaringan adalah dengan bertemu dan mengenal satu sama lain orang-orang yang tepat. Anda tentu tidak tahu mungkin saja dengan berkenalan dengan orang-orang tersebut lowongan kerja akan menghampiri dengan sendirinya.
Membangun jaringan bisa dimulai dengan mengikuti seminar atau ikut komunitas IT dan bisa juga lewat sosial media. Ada banyak komunitas IT yang bisa Anda temukan di layanan pesan instan seperti WA, Telegram atau media sosial.

3. Mengikuti Kursus/Pelatihan
Saat sangat penting bagi Anda untuk mengikuti kursus yang mendukung bidang pekerjaan yang ingin dimasuki. Jika Anda ingin fokus ke bidang IT di bagian pemrograman, maka Anda bisa mengikuti kursus belajar pembuatan coding yang baik dan ini bisa diikuti di internet. Kursus ini terdapat pilihan kursus gratis ataupun yang berbayar.
Namun jika memiliki budget sebaiknya pilih kursus berbayar agar Anda bisa lebih makasimal dalam pelatihan di bidang IT.

Untuk yang sedang ingin belajar coding secara online Anda juga bisa memanfaatkan Nextgen yang merupakan tempat kursus programming online. Di sini Anda bisa belajar coding secara online dan mengerjakan banyak proyek aplikasi. Selain itu, Nextgen punya penawaran menarik bagi Anda berupa lowongan kerja di bidang IT.

Ada beberapa pilihan posisi lowongan pekerjaan IT, jika Anda memilih lowongan yang sesuai dengan kualifikasi masing-masing. Bisa langsung kirim CV dengan format yang sudah tertera pada situs Nextgen. Beberapa lowongan yang ada di situs ini mulai dari lowongan pemrogram hingga pengembang software, analisa sistem dan masih banyak lagi. Anda yang fresh graduate juga bisa ikut melamar di Nextgen, ada beberapa posisi yang memang diperuntukkan untuk para pelamar yang baru lulus.

By mirfan