Mengenal Pestisida Alami

Merawat kebun di lingkungan sekitar rumah adalah hal yang menyenangkan. Namun, bagaimana jika hama dan penyakit tiba-tiba menyerang? Tidak perlu panik, karena pestisida alami dapat dijadikan sebagai pengendali hama dan penyakit tanaman terbaik.

Mengenal Pestisida Alami (Organik)

Pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami atau dikenal dengan pestisida organik ini merupakan jenis pestisida yang ramah lingkungan dan dikenal aman bagi kesehatan manusia lho. Apa saja sih manfaatnya menggunakan pestisida organik ? Simak penjelasan berikut ya.

  • Apa itu Pestisida Alami?

Apa itu Pestisida alami atau yang disebut juga dengan pestisida organik merupakakan jenis petisida yang berasal dari bahan-bahan alami yang dimanfaatkan untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit pada tanaman. Biasanya, pestisida ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, hewan dan mikroorganisme.

  • Manfaat Pestisida Organik

Tahukah kamu bahwa pestisida organik memiliki manfaat yang baik bagi petani dalam mengahasilkan buah dan sayuran yang bebas dari bahan kimia ? Selain itu, pestisida ini tidak meninggalkan residu di tanaman, harganya lebih terjangkau dan pastinya lebih aman untuk dikonsumsi.

  • Kekurangan Pestisida Organik

Penggunaan pestisida alami ternyata juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah kurang praktis, tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama dan bahan-bahan pestisida organik cukup sulit ditemukan dalam jumlah banyak. Untuk hasil penyemprotannya pun tidak secepat pestisida kimia sintetis serta tidak tahan terhadap sinar matahari dan hujan.

  • Bahan Baku Pestisida Organik

Apa saja bahan baku dalam pembuatan pestisida organik ? Beberapa bahan alami untuk membuatnya bisa ditemukan dengan mudah kok, diantaranya seperti ; bawang putih, jeruk nipis, daun dan biji mimba, garam dan lain sebagainya. Walaupun bahan bakunya mudah didapatkan, sebaiknya penggunaan pestisida organik dilakukan secukupnya saja ya.

Demikianlah uraian singkat tentang pestisida alami yang aman digunakan sebagai pengendali hama dan penyakit pada tanaman. Jadi, sekarang sudah tahu ya bahwa penggunaan pestisida organik ini aman dan baik untuk kesehatan. Yuk segera beralih menggunakan pestisida alami!

By arief