Bunga cantik yang biasanya hidup menjadi benalu yakni tanaman anggrek ternyata sudah ada di dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Tepatnya bunga ini pertama kali ada di Yunani dan pertama kali namanya adalah Orchis.

Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bunga ini sudah ada sebenarnya sudah sangat lama. Namun begitu nama resmi dari bunga ini yaitu orchid baru diperkenalkan sejak 200 tahun lalu yakni 1845 oleh John Lindley yang merupakan singkatan dari nama latinyya yakni Orchidaceae.

Di Yunani sendiri dulunya bunga ini diidentikan untuk kaum pria, dimulai dari bentuk dan juga warnanya. Tanaman ini melambangkan kejantanan, dan juga kesuburan bagi pria. Bahkan ada mitos yang berkembang kalau mengkonsumsi bunga anggrek saat hamil bisa menghasilkan anak laki-laki.

Mulai Dibudidayakan Di Indonesia Sejak 50 Tahun Lalu

Di Indonesia sendiri sebenarnya anggrek sudah ditemukan lebih dari 100 tahun lalu tepatnya di Minahasa pada tahun 1911. Kala itu anggrek yang ditemukan memiliki bentuk seperti kalajengking dengan nama ilmiah Arachnis flos-aeris.

Namun saat itu nama tumbuhan ini belum begitu populer, dan baru kemudian sekitar tahun 60-an masyarakat mulai melakukan budidaya tanaman ini. Karena tanaman ini dianggap cantik, dan cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Itulah tadi sejarah singkat yang dimiliki oleh tanaman anggrek, dan ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun awalnya tumbuhan ini dianggap sebagai benalu, namun sekarang justru semakin banyak yang menyukai tanaman ini.

sumber : Pusat Anggrek Murah

By dzail