Apabila kita seorang pelaku usaha yang baik, karenanya ialah bijak sekiranya kita bersikap secara proaktif. Proaktif untuk memutuskan merek yang kita pegang dikala ini belum terdaftar. Agar dengan demikian bisa membuat kita terhindar dari persoalan tata tertib yang berbelit-belit. Jangan sampai merek yang kita gunakan ternyata sudah terdaftar atas nama perusahaan lain.

Merek sendiri yakni kata dan simbol berharga yang dipakai oleh pelaku usaha untuk membedakan mereka dengan merek lain. Bagus itu untuk produk maupun jasa yang mereka tawarkan.

Sebelum kita mulai menerapkan merek dagang apa malah dalam bisnis kita, maka kita perlu mengenal apakah merek dagang serupa sudah diregistrasikan ke orang lain.

Seandainya telah teregistrasi, karenanya ialah bijak jikalau kita ganti merek tersebut. Karena tujuan merek adalah membikin kita menjadi beda dengan orang lain bukannya malah sama. Berikut 3 alasan Mengapa Mengenal sistem mengecek merek itu Penting?

Terbebas dari situasi sulit yang akan datang

Bila kamu memulai bisnis menerapkan merek dagang yang telah didaftarkan oleh pelaku usaha lain, maka kita tidak bisa lagi meregistrasikan merek hal yang demikian. Lebih parahnya lagi, kita berisiko dituntut karena pelanggaran merek dagang orang lain.

Pelanggaran merek dagang dapat beresiko gugatan yang akan menelan tarif puluhan juta Rupiah dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diatasi.

Akhirnya sekiranya tak mau digugat karenanya solusinya ialah kita semestinya mengubah nama merek kita. Mulai dari kemasan, label, website dan lainnya. Kecuali itu kita juga perlu mengeluarkan lagi tarif marketing untuk identitas baru kita.

Dengan kita mengetahui cara mengecek haki / merek khususnya dulu, maka hal-hal di atas seyogyanya bisa dihindari. Kita bisa bebas dari gugatan maupun tuntutan yang akan menyita waktu dan daya kita.

Bisa meregistrasikan merek dengan tenang seandainya tahu sistem mengecek merek

Salah satu alasan penolakan registrasi merek adalah sebab mempunyai unsur yang serupa dan sama dengan merek yang telah secara khusus dahulu mendaftarkan diri. Sehingga dengan mengetahui metode mengecek merek dagang, maka kita bisa mengurangi risiko ditolaknya merek yang kita daftarkan. Tak patut sepatutnya sama baru terjadi penolakan, malahan menurut pengalaman kami, beda satu huruf saja akan mendapatkan surat masukan penolakan merek oleh kementrian.

Memperoleh pandangan baru dalam menetapkan nama

Tujuan merek adalah sebagai factor pembeda untuk produk dan jasa yang kita tawarkan. Tentu kita tidak ingin jika produk kita memiliki merek yang sama dengan produk yang dimiliki orang lain. Karena dengan demikian telah tidak ada lagi factor pembeda antara produk hal yang demikian. Bayangkan saja saya mempunyai skincare bernama Babylove, terbukti adapula orang yang juga membuat produk skincare bernama babylove. Tentunya hal hal yang demikian akan membuat orang bingung untuk membedakan mana yang punya kita, mana yang punya orang lain. Jangan hingga ketika kita menawarkan teman kita untuk beli, terbukti yang dibeli sahabat kita sendiri merupakan merek skincare Babylove orang lain.

Jikalau pentingnya kita mengenal cara mengecek merek terlebih dahulu meski kita belum mengawali usaha. Apalagi kalau kita telah berkeinginan mulai mengerjakan kegiatan jasa kita maupun produksi produk kita. Jikalau kamu malas cekmerek, dapat banget ya gunakan jasa untuk tolong cek merek dan juga melaksanakan pendaftaran merek untuk usaha kamu. Tetapi telah dicek belum tentu juga merek kita dapat disetujui. paling tidak kita sudah meminimalisir ditolaknya merek dengan tak menggunakan merek orang yang telah terutamanya dahulu didaftarkan. Dan dengan semacam itu kita juga akan menjadi lebih tenang dan tak was-was merek kita tertolak, karena kita sudah mengerjakan pengecekkan merek lebih-lebih dulu. Uang yang digunakan untuk jasa pendaftaran merek juga telah pasti tidak akan sia-sia dibanding kita asal meregistrasikan merek.