Gabby Thomas, Calon Epidemiolog yang Raih Medali Lari 200 M Putri Olimpiade  Tokyo

Sprint atau lari jarak pendek, siapa sih yang tidak tahu dengan salah satu cabang olahraga ini?, olahraga ini adalah salah satu olahraga yang menggunakan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan dari start hingga finish, dimana yang pemenangnya di tenukan berdasarkan catatan waktu paling cepat. Nah apakah kalian sudah tau nama-nama atlet lari yang memegang rekor dunia? Untuk kali ini disini akan membahas tentang seseorang asal Negara Ceko yang memegang rekor dunia di ajang olahraga lari. Yuk simak artikel ini namanya yaitu;

  • Eva Gleskova

Eva Gleskova, lahir 26 Juli 1934 adalah seorang mantan pelari lapangan yang berspesialis di bidang 100 meter. Nah Eva sendiri sudah mewakili Cekoslowakia sebanyak tiga kali di Olimpiade Musim Panas pada tahun 1964, 1968, dan 1972. Dan dua kali di Kejuaraan Eropa pada tahun 1966 dan 1969. Gimana keren kan? Eva juga menyamai rekor dunia untuk 100 meter pada tahun 1972 dengan kecepatan lari 11,0 detik secara manual. Selain itu Eva juga dua kali menjadi peraih medali estafet di Europaen Indoor Games dan 13 kali juara nasional dalam sprint individu.

Nah untuk mulai karier sebagai atlet Eva sendiri sejak usia lima belas tahun, dan dilatih oleh pelatih lokal di Zvolen. Eva mulai menseriuskan olahraga ini setelah pindah ke Bratisvala, di mana dia bergabung dengan klub Slavia. Eva mendapatkan gelar nasional pertama kali di 200 meter saat Kejuaraan Atletik Cekoslowakia pada tahun 1962. Eva juga memenangkan gelar itu tiga tahun secara berturut turut dan pada tahun 1964 mencetak rekor kejuaraan dengan sprint double 100 meter. Setelah itu dia menikah dengan pelatih yaitu Pavol Glesk pada pertengahn tahun 1960-an. Setelah Eva dibawah asuh Glesk menjadikan bagian dari kualitas tinggi atlet wanita Cekoslowakia besama juara Eropa 400 meter Anna Chmelkova dan Eva Gleskova meraih medali lompat jauh di ajang Olimpiade.

Sumber : https://www.matadjurnal.com/

By Drajad