Pemahaman Konjungsi Temporal, Beberapa ciri, dan Misalnya

 

Dengan bahasa Indonesia ada tipe kata yang disebutkan dengan konjungsi. Menurut Gorys Keraf dalam buku Tata Bahasa Rujuakan Bahasa ndonesia (1991), konjungsi ialah kata yang menyambungkan kalimat, beberapa bagian kalimat, atau beberapa kalimat pada suatu wancana.

 

Selanjutnya, Keraf membagikan beberapa jenis konjungsi berdasar perannya. Konjungsi yang menjelaskan waktu ialah konjungsi temporal.

 

Sulis Setiawati dan Heppy Atma Pratiwi dan jurnal Faktor Kohesi Konjungsi dalam Wancana Penilaian pada Majalah Tempo dan Implementasinya pada Evaluasi Bahasa Indonesia (2016) mengatakan jika konjungsi temporal ialah jalinan atau pertalian saat yang memperlihatkan berlangsungnya kejadian dari tahapan awalnya ke tahapan selanjutnya.

 

Konjungsi temporal memvisualisasikan jalinan pertalian waktu antara klausa, frasa, atau kalimat. Menurut M. Ramlan dalam Bahasa Indonesia yang Salah dan Betul (1984) jalinan pertalian waktu terjadi saat kalimat yang satu mengatakan waktu ternyadinya kejadian atau kondisi yang itu pada kalimat seterusnya.

 

Beberapa ciri konjungsi temporal

Menurut Sutarno dalam buku dengan judul Jeli Berbahasa Indonesia: Suplemen Materi Bahasa Indonesia (2019), beberapa ciri konjungsi temporal ialah:

  • Berperan sebagai subjungtif supaya satu kalimat bermakna yang komplet, koheren, dan gampang dimengerti.
  • Bisa ditaruh dimanapun atau karakternya fleksibel, maknanya dapat ditaruh pada bagian mana saja pada suatu kalimat.
  • Bisa bertindak selaku link antara klausa dan kalimat induk
  • Mempunyai jalinan waktu
  • Contoh konjungsi temporal
  • “Budi memperoleh hukuman sapu lapangan karena tiba kesiangan. Semenjak peristiwa itu, dia bangun lebih pagi untuk ke sekolah.”

Kata semenjak dalam kalimat itu sebagai konjungsi temporal yang menyambungkan dua kalimat dan memperlihatkan pertalian waktu antara ke-2 nya.

 

Contoh lain kata yang disebut konjungsi temporal ialah semenjak, saat, saat, sekalian, saat, sepanjang, sementara, selanjutnya, saat sebelum, setelah, sesudah, lalu, setelah, sampai, hingga, sejak, sekarang, sejak dari, sambil, ketika, dan demikian.

Baca juga: prospek kerja smk teknik komputer

Pusat Kursus Bahasa Inggris

By dzail