pengaruh konten dalam SEO

Jika berbicara tentang pengaruh konten dalam SEO, tentunya hal yang paling mendekati tema ini adalah traffic. Di mana, lalu lintas organik memiliki jumlah pengguna internet yang mengakses situs web Anda melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Dari berbagai survey yang telah dilakukan, bagi Anda para blogger atau siapapun yang membangun website atau blog sangat penting untuk membuat konten website Anda ramah mesin pencari, khususnya Google. Perlu Anda ketahui, bahwa hampir separuh pelanggan yang menggunakan Google untuk mencari produk atau layanan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah jasa SEO

Selain itu, hampir 100% follow up, misalnya mengakses halaman hasil pencarian berlangsung di halaman pertama, atau setidaknya halaman kedua SERP. Artinya hampir semua aktivitas hanya berlangsung di halaman pertama SERP Google. Dengan memanfaatkan skill ahli SEO, keinginan anda ini tentu bisa saja akan menjadi kenyataan. 

Jadi, ketika konten atau produk yang diposting di situs web Anda oleh mesin pencari hanya terdaftar di halaman kedua atau lebih, maka kecil kemungkinan pelanggan potensial akan melihatnya. Disinilah pentingnya strategi pengaruh konten dalam SEO (Search Engine Optimization) untuk menempatkan sebuah website pada halaman utama rekomendasi.

Apa Saja Pengaruh Konten dalam SEO?

Kira-kira apa saja pengaruh konten terhadap SEO? Kami akan memberikan review singkat tentang pengaruh konten terhadap SEO berikut ini.

Pemilihan Konten Dapat Mempengaruhi SEO

Di antara berbagai kategori dalam menempatkan rangking sebuah website, ternyata pemilihan tentang pengaruh konten dalam SEO memegang peranan yang cukup besar. Sementara ada beberapa poin penting yang berperan dalam meningkatkan skor website Anda pada algoritma Google.

Poin-poin yang dimaksud adalah lingkungan yang buruk, geolokasi, waktu aktif, dan kecepatan server / waktu pemuatan. Perhatikan poin-poin berikut ini sebagai acuan Anda dalam memilih konten terbaik agar website Anda semakin populer.

Pengaruh Konten dalam SEO: Kecepatan Memuat Halaman

Setiap server konten memiliki kapasitas yang berbeda untuk memuat situs web dan kecepatan akses. Hal ini terkait dengan jaringan yang digunakan. Misalnya, jika di Indonesia yang menggunakan jaringan data center IIX yang cukup baik jika diakses secara lokal.

Jika situs Anda memiliki kecepatan akses dan memuat halaman yang bagus, maka pelanggan akan betah saat menjelajahi situs Anda. Ini dikenal sebagai boucer rate, dan jika nilainya tinggi maka kualitas SEO akan meningkat.

Pengaruh Konten dalam SEO: Skor Uptime

Sedangkan yang dimaksud dengan uptime adalah konsistensi server dan persentase gangguan website. Kecepatan muat halaman yang baik dan waktu aktif yang tinggi akan mencegah situs web Anda mendapatkan label reputasi yang buruk. Pelanggan akan langsung meninggalkan halaman Anda jika situs web tidak stabil dan kurang responsif terhadap akses. Selain menampilkan ranking SEO.

Pengaruh Konten dalam SEO: Lokasi Server

Geolokasi terkait dengan alamat IP dari server yang Anda gunakan. Mesin pencari Google pada umumnya dapat memprioritaskan situs web dengan alamat IP yang sama dengan alamat IP orang yang mengunjungi situs web.

Sederhananya, jika target Anda adalah konsumen dalam negeri atau orang Indonesia, maka Anda bisa menggunakan konten yang mamiliki lokasi yang ada di Indonesia. Hal ini sama berlaku untuk bisnis yang mengatur pasar dari luar negeri.

Alamat IP Server Email dan Situs Web

Pemula blog sering memilih layanan shared konten karena lebih murah. Artinya, host memiliki alamat IP yang sama untuk puluhan hingga ribuan situs yang dikelola. Meski murah, sistem ini membawa risiko yang besar.

Situs web Anda menggunakan alamat IP dengan situs yang terkait dengan malware atau spam yang akan memengaruhi alamat email IP dan SMTP Anda. Jika terdapat permasalahan dalam Alamat IP, maka alamt tersebut akan mendapat skor yang rendah oleh Google.

Sementara, hal yang lebih parah lagi adalah apabila situs Anda yang kontennya bermanfaat ternyata memiliki IP yang identik dengan pelaku spam. Terakhir, situs Anda juga akan masuk daftar hitam karena menggunakan alamat IP yang sama dengan pengirim spam.

Faktor yang Mendukung Kesuksesan SEO Terkait dengan Faktor Pengaruh Konten dalam SEO

Tentu tidak mudah mendapatkan rangking SEO yang tinggi. Google hanya menempatkan website pada halaman utama rekomendasi pada setiap kata kunci yang paling sesuai dan berguna untuk rekomendasi.

Google sendiri dapat dibayangkan sebagai program komputer yang sangat pmsif dan setiap kali memproses ratusan faktor dalam penilaian setiap konten yang diunggah di situs web, termasuk konten yang terkait dengan produk online. Penilaian Google atas suatu pengaruh konten dalam SEO dikatakan relevan ketika ratusan faktor ini terpenuhi.

Dengan cara itu mesin pencari Google menganggap konten sebagai masalah dengan pencarian kata kunci oleh pelanggan. Sampai saat ini, Google belum pernah mengumumkan kepada publik apa itu faktor pengaruh konten dalam SEO. Namun para ahli SEO memiliki beberapa prediksi yang didapat dengan trial error berkali-kali.

Faktor Pendukung Kesuksesan SEO

Berikut adalah faktor-faktor yang mendukung kesuksesan Seo, meliputi:

  • Intensitas atau penggunaan kata kunci oleh pengguna internet.
  • Struktur situs web yang menangkap atau menyusun situs.
  • Kecepatan memuat halaman dalam memuat kontennya.
  • Berapa lama pengguna internet betah berlama-lama di website untuk berselancar atau disebut dengan waktu yang dihabiskan di situs.
  • Banyak sekali backlink berkualitas yang merujuk ke situs yang dimaksud atau disebut dengan jumlah inbound link.
  • Kualitas tautan balik yang penting ke situs terkait atau kualitas tautan masuk juga merupakan kriteria untuk berpartisipasi.

Selain dapat diakses dengan mudah melalui PC atau laptop, situs web juga harus dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau perangkat portabel praktis, yang juga dikenal sebagai kegunaan seluler.

Selain memastikan bahwa konten pada website yang Anda bangun memiliki kualitas yang baik, maka jangan ragu untuk mengembangkan konten agar website Anda berada pada peringkat SEO yang memuaskan. Sebuah website bisa dikatakan berkualitas jika durasi loading website kurang dari tiga detik.

Website tersebut juga harus memiliki jaminan uptime yang tinggi, jika memungkinkan bahkan hal ini dapat menghasilkan hingga 100%. Sementara untuk meminimalkan hal-hal yang dapat menghambat kinerja situs seperti JavaScript dan jika Anda menerapkan CMS WordPress, berhati-hatilah dengan jumlah plugin yang digunakan.

Setiap plugin akan mempengaruhi kecepatan memuat halaman situs Anda menjadi berkurang selama beberapa detik. Perusahaan konten tepercaya dan profesional sebenarnya telah menetapkan standar kualitas SEO.

Optimasi Server

Penyedia layanan konten yang baik seharusnya melakukan optimasi server secara teknis, sehingga memiliki nilai metrik yang bersahabat untuk algoritma mesin pencari.  Anda pasti tahu bahwa layanan konten bisa diibaratkan sebagai rumah bagi website yang Anda bangun di internet.

Kondisi pengaruh konten dalam SEO inilah yang membuat Anda harus membuat pilihan yang tepat agar tujuan dari pembuatan website dapat tercapai yaitu mendapatkan kunjungan yang banyak. Beberapa hal yang ingin dimasukkan dalam prioritas tersebut adalah, platform apa yang akan Anda gunakan untuk membangun website Anda, jenis konten apa yang Anda rencanakan.

Misalnya membuat banyak artikel, gambar, video, animasi resolusi tinggi atau rendah, dan sebagainya. Itulah yang dapat kami jelaskan dari beberapa pembahasan tentang pengaruh konten dalam SEO pengaruh konten dalam SEO semoga bermanfaat.

By skyweb