5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya!

Pada dasarnya tidak semua Nabi itu adalah Rasul, sedangkan setiap Rasul sudah pasti Nabi. Rasul Ulul Azmi merupakan sebuah gelar pada beberapa sosok Nabi dan Rasul pilihan Allah SWT yang memiliki keteguhan serta kesabaran sempurna dalam mensyiarkan agama Islam.

Meski mendapatkan banyak penolakan, penghinaan bahkan hingga pengkhianatan, para Rasul yang bergelar Ulul Azmi ini tetap teguh pada pendiriannya untuk menyebarkan ajaran Tauhid (menyembah kepada selain Allah SWT). Sehingga Allah SWT akan menyelamatkan para Rasul Ulul Azmi beserta pengikutnya dari intimidasi orang-orang kafir.

Ciri-ciri Rasul yang Bergelar Ulul Azmi

  • Mempunyai seruan dakwah serta ajaran yang bersifat universal (untuk seluruh makhluk seperti manusia, jin dan makhluk Allah SWT lainnya).
  • Mengajarkan serta menyampaikan ajaran agama Islam degan syariatnya
  • Mendapatkan sebuah perjanjian dan juga wasiat langsung dari Allah SWT
  • Mengajarkan ajaran kitab Samawi (Taurat, Injil, Al Quran)
  • Memiliki kesabaran, ketabahan, dan tekad yang sangat kuat
  • Selalu berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah SWT agar kaumnya mendapatkan hidayah dan rahamat-Nya
  • Selalu berdoa dan meminta kepada Allah SWT agar kaumnya tidak mendapatkan azab.

Kendati demikian, makna dari gelar Ulul Azmi lebih cenderung kepada tekad, keteguhan hati, kesabaran, dan ketabahan ketika menghadapi berbagai rintangan dalam mesnyiarkan ajaran Tauhid. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam QS. Al-Ahzab ayat ke 7 seperti berikut:

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.“

5 Nabi dan Rasul yang Bergelar Ulul Azmi

  1. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS merupakan Nabi pertama yang mendapatkan wahyu dan diwajibkan utuk menyampaikan kepada umatnya. Meski banyak ditentang dan dihina, namun Nabi Nuh AS tetap sabar dan teguh pada pediriannya dalam menyebarkan keyakinan Tauhid (menyembah Allah yang satu).

Penentangan ajaran Tauhid yang dibawa oleh Nabi Nuh AS ini tidak hanya datang dari masyarakat sekitar, melainkan juga dari kerabat dekatnya. Bahkan, istri dan anak kandung Nabi Nuh AS pun ikut menentang ajaran Tauhid.

  1. Nabi Ibrahim AS

Ujian terbesar Nabi Ibrahim AS dalam mensyiarkan ajaran Tauhid, yakni harus berhadapan dengan penguasa atau raja yang kejam bernama Namrud. Pasalnya, raja Namrud-lah merupakan sosok utama yang paling keras dalam menentang ajaran Tauhid.

Hingga akhirnya raja Namrud mengikat Nabi Ibrahim AS dan membakarnya. Namun, Allah SWT menjadikan apinya dingin sehingga tubuh Nabi Ibrahim AS tidak mempan dibakar.

  1. Nabi Musa AS

Walaupun Nabi Musa AS telah menunjukkan berbagai mukjizat dari Allah SWT dengan sangat jelas, namun kaumnya (Bani Israil) mereka tetap saja merasa ragu. Adapun mengenai beberapa mukjizat Nabi Musa AS, seperti membelah lautan, merubah tongkat menjadi ular, mengangkat bukit Thursina, dan menurunkan hidangan dari surga.

  1. Nabi Isa AS

Tak berbeda jauh dengan Nabi Musa AS, Nabi Isa AS juga ditentang oleh kaumnya sendiri yaitu Bani Israil. Biadabnya lagi, Bani Israil merencanakan makar untuk menyalib Nabi Isa AS. Allah SWT pun mengangkat Nabi Isa AS keatas langit agar terhindar dari rencana jahat orang-orang munafik dan kafir.

  1. Nabi Muhammad SAW

Nabi dan Rasul berikutnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, yaitu Nabi Muhammad SAW. Beliau menjadi Rasul sekaligus Nabi terakhir utusan Allah SWT yang diberi mukjizat berupa Al Quran.

By sartika