Pengertian, Pembentukan dan Jenis Sikap

Pengertian, Pembentukan dan Jenis Sikap

Pengertian Sikap

Sikap adalah pernyataan penilaian yang menyenangkan dan tidak nyaman terhadap objek, orang atau peristiwa (Stephen dan Timothy, 2008: 92). Ini mencerminkan perasaan seseorang tentang sesuatu.

Ada 3 (tiga) komponen utama lingkungan, antara lain:

1. Kognitif atau penilaian
Kognitif atau evaluasi adalah segmen opini atau keyakinan dari suatu sikap yang menentukan tingkatan bagian terpenting dari suatu sikap.

2. Afektif atau perasaan
Perasaan adalah segmen emosional atau perasaan dari suatu sikap yang menghasilkan hasil akhir dari perilaku tersebut.

3. Perilaku atau tindakan
Perilaku atau tindakan adalah sikap yang berkaitan dengan niat untuk bertindak dengan cara tertentu terhadap seseorang atau seseorang.

Menurut Muchlas (2005:151), sikap adalah hal-hal kompleks yang dapat didefinisikan sebagai pernyataan evaluatif, menyenangkan dan tidak menyenangkan, atau penilaian tentang objek, orang, atau peristiwa. Beberapa pengaturan sudah selesai. berpendidikan proses belajar sosial yang dipelihara oleh orang lain.

 

Pembentukan Sikap

roses penciptaan berlangsung secara bertahap, dimulai dengan proses pembelajaran. Proses belajar ini dapat berlangsung atas dasar pengalaman pribadi seseorang dengan objek tertentu seperti orang, benda atau peristiwa, dengan cara menghubungkan objek tersebut dengan pengalaman lain dimana seseorang memiliki sikap tertentu terhadap pengalaman tersebut, atau melalui proses belajar sosial. . dengan orang lain.

Ada 3 (tiga) komponen pembentukan sikap, antara lain:

1. Pengalaman pribadi
Pengalaman pribadi diperoleh dengan membentuk sikap melalui kontak langsung dengan objek.

2. Asosiasi
Asosiasi adalah perpindahan sebagian atau seluruh sikap terhadap objek lama ke objek baru dan akan membentuk sikap baru.

3. Proses pembelajaran sosial
Sumber pembentukan sikap yang paling umum dan kuat adalah proses pembelajaran sosial. Sikap seringkali terbentuk pada objek yang belum pernah dialami secara langsung. Proses pembelajaran sosial tidak hanya mempengaruhi keyakinan sendiri, tetapi juga mempengaruhi respon yang efektif dan kecenderungan perilaku.

 

Jenis – Jenis Sikap

Ada 3 (tiga) sikap khas seseorang, antara lain: (Ardana, 2009: 22)

1. Kepuasan kerja, seseorang yang memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi, cenderung memiliki sikap positif terhadap pekerjaan dan sebaliknya.

2. Partisipasi dalam pekerjaan, sejauh mana seseorang terlibat dalam pekerjaannya, terlibat aktif di dalamnya dan menanggapi pencapaiannya, sangat penting bagi organisasi.

3. Komitmen terhadap organisasi, sejauh mana seorang karyawan memihak organisasi dan berjanji untuk setia kepada organisasi.

Sumber Rangkuman Terlengkap : SarjanaEkonomi.Co.Id