Pengertian, Transformasi dan Faktor Manajemen Operasional

Pengertian, Transformasi dan Faktor Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Operasional

Yang dimaksud dengan operasi adalah kegiatan mengubah input menjadi output yang dapat menambah nilai barang atau jasa.

Menurut Anoraga (2009), manajemen operasional adalah semua kegiatan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah nilai dan manfaat dari produk (barang atau jasa) suatu organisasi.

Render dan Heizer (2005:2) mendefinisikan manajemen bisnis sebagai serangkaian kegiatan yang menciptakan barang dan jasa melalui perubahan input dan output.

Russel dan Taylor (2002) dalam Murdifin Haming (2003: 17) mendefinisikan manajemen bisnis sebagai suatu fungsi atau sistem yang melakukan aktivitas pemrosesan input dan output yang bernilai tambah.

Menurut Eddy Herjanto (2007), manajemen usaha adalah kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang, jasa, dan kombinasinya melalui proses mengubah sumber daya produksi menjadi produksi yang diinginkan.

Suryadi Prawirosentono (2001) mendefinisikan manajemen produksi (operasi) sebagai perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan urutan berbagai kegiatan untuk pembuatan barang (produk) dari bahan baku dan bahan pembantu lainnya.

Agus Ahyari mendefinisikan manajemen operasional sebagai suatu proses kegiatan untuk merencanakan, mengorganisir, mengelola dan mengkoordinasikan proses produksi dan produksi.

Aquilano (2001) mendefinisikan manajemen bisnis sebagai proses merancang, mengoperasikan, dan mengembangkan sistem yang memproduksi produk atau layanan inti perusahaan.

 

Proses Transformasi Manajemen Operasional

Menurut (Anoraga, 2009) proses transformasi dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Ubah (ubah)
  2. Transportasi
  3. Simpan (deviasi)
  4. Periksa

Dalam menjalankan keempat proses transformasi di atas, tentunya dibutuhkan peran dari plant manager, yang dapat mengarahkan input (input) yang berbeda untuk menghasilkan output (output) yang berbeda dengan kuantitas yang sesuai dengan permintaan konsumen, sekaligus membayar memperhatikan dan menanggapi Kekuatan lingkungan eksternal, yang terus berkembang.

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Operasional

Menurut Higgins (1994), faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen bisnis adalah:

1. Manajer / manajer
Pada dasarnya setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang manajer atau manajer memiliki efek yang berbeda-beda, seperti: memotivasi, teknik dan tindakan pendisiplinan, interaksi antara manajemen dan kelompok, interaksi antar kelompok, perhatian terhadap masalah yang dimiliki karyawan dari waktu ke waktu, dan kebutuhan untuk kepuasan dan kesejahteraan karyawan.

2. Perilaku karyawan
Perilaku karyawan dipengaruhi oleh kepribadian mereka, terutama kebutuhan mereka dan langkah-langkah yang mereka ambil untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Komunikasi karyawan memegang peranan penting karena cara seseorang berkomunikasi menentukan berhasil tidaknya hubungan antar manusia.

3. Perilaku kelompok kerja
Kebanyakan orang memiliki kebutuhan akan hubungan persahabatan, kebutuhan yang sering dipenuhi dalam kelompok dalam organisasi. Kelompok berkembang dalam dua cara dalam organisasi, yaitu secara formal, terutama dalam kelompok kerja; dan informal, sebagai kelompok persahabatan atau kepentingan bersama.

4. Faktor eksternal organisasi
Sejumlah faktor eksternal organisasi mempengaruhi organisasi. Kondisi ekonomi merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi organisasi. Kondisi ekonomi menjadi faktor penting. Di sisi lain, ledakan ekonomi dapat meningkatkan penjualan dan setiap orang dapat memperoleh pekerjaan dan peningkatan laba yang besar, yang mengarah pada hasil yang lebih positif. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarPengetahuan.Co.Id