Penyebab Konsentrasi Menurun

 

Mengalami sulit konsentrasi dapat disebut hal normal jika hal tersebut hanya terjadi sesekali. Namun, bila terjadi sering atau berulang kali, maka perlu untuk menyadari hal tersebut dan segera berusaha mengatasinya. Hal tersebut karena fokus dan konsentrasi yang terganggu akan menghambat semua aktivitas dan akan berdampak negatif pula terhadap produktivitas kerja.

Beberapa Penyebab Sulit Berkonsentrasi

Memahami beragam penyebab sulit konsentrasi bisa membantu Anda untuk mencari tahu cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan sulit konsentrasi:

Terlalu Sering multitasking

Sering melakukan beberapa tugas secara bersamaan atau yang biasa disebut multitasking dapat memecah konsentrasi pada otak. Hal tersebut karena otak manusia hanya bisa dan akan berfungsi lebih baik ketika menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu.

Bahkan, kebiasaan multitasking akan membuat pekerjaan menjadi kurang efisien dan lebih sering membuat kesalahan saat bekerja.

Kurang Tidur

Tidur memiliki peran yang penting dalam mendukung kerja otak agar dapat memfokuskan diri ketika melakukan sesuatu. Hal inilah yang membuat seseorang cenderung lebih sulit konsentrasi dan mudah terganggu ketikaa mengerjakan sesuatu apabila kurang tidur. Jika dibiarkan terus-menerus, kurang tidur juga akan memengaruhi kemampuan daya ingat seseorang.

Bosan dengan Tugas

Tugas yang membosankan akan membuat konsentrasi menjadi mudah teralihkan. Untuk mengatasi rasa jenuh atau bosan, cobalah untuk beristirahat sejenak dan lakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan. Misalnya, membuat teh atau kopi yang hangat, berbicara dengan teman kantor, atau melakukan peregangan otot.

Sibuk dengan Gadget

Gadget memang sangat memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun jika penggunaannya secara berlebihan dalam menggunakannya, maka bisa berdampak pada menurunnya kemampuan kognitif dalam memecahkan suatu masalah. Akhirnya, hal tersebut akan memengaruhi fungsi otak sehingga lebih sulit dalam berkonsentrasi.

Kebiasaan Berfikir Berlebihan

Kebiasaan memikirkan banyak hal dalam satu waktu secara berlebihan dapat memengaruhi fokus atau konsentrasi pada otaks. Misalnya, memikirkan masalah yang sama secara berulang kali atau kejadian terburuk yang bisa terjadi.

Selain akan membuat sulit konsentrasi, kebiasaan buruk tersebut juga dapat meningkatkan rasa cemas, sehingga memengaruhi kesehatan mental dan mengakibatkan insomnia.

By roket