Wanita dan perhiasan, kelihatannya pantas dikatakan sebagai dua segi mata uang yang susah untuk dipisah. Selainnya berperan sebagai aksesori untuk memperbaiki performa, kalung mewah jadi parameter status sosial seorang.

Perhiasan pada Zaman Prasejarah

Tetapi, tahukah Anda? Kedekekatan jalinan di antara wanita dan perhiasan ini rupanya telah diawali semenjak jaman prasejarah, lho. Meskipun pada jaman prasejarah ini manusia masih memakai simbol-simbol dan kode untuk berbicara, tetapi rupanya mereka telah sadar benar akan peranan perhiasan sebagai alat percantik diri dan pertanda status sosial.

Perhiasan Jaman Batu

Pada jaman ini, perlengkapan yang dipakai manusia masih ala-ala kandungannya. Mereka manfaatkan batu untuk jadi alat menggunting dan senjata. Tetapi rupanya, di jaman ini telah banyak diketemukan beragam perhiasan, seperti gelang, kalung dan anting. Umumnya, perhiasan dipakai sebagai mahar atau mas kawin saat seorang lelaki ingin melamar seorang wanita.

Perhiasan pada jaman ini biasanya dibuat dari bebatuan, seperti batu agate, batu kalsedon, dan batu yaspis dengan beragam warna. Tidak itu saja, perhiasan pada jaman ini dibikin dengan memakai kulit kerang. kalung mewah dengan jaman saat ini, pada Jaman Batu ini tentu saja semua perhiasan dibikin dengan tangan manusia tersebut dan ditolong dengan alat seadanya.

Di Indonesia, perhiasan jaman batu ini lebih banyak diketemukan diJawa Barat dan Jawa tengah. Sedang di luar negeri, perhiasan jaman batu ini lebih banyak diketemukan di Siberia, Jepang, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Taiwan.

Perhiasan Jaman Logam

Pada jaman ini manusia bisa membuat beragam perlengkapan dari logam. Mereka telah mengenali tehnik menyatu dan cetak beberapa alat yang mereka harapkan. Oleh karenanya, di jaman ini manusia mulai memanfaat logam, seperti perunggu dan emas, untuk membikin perhiasan kalung mewah dengan bermacam wujud. Masyakat pada Jaman Logam ini umumnya jadikan perhiasan dari perunggu sebagai perbekalan pendam mereka.

Tidak lama sesudah warga pada jaman logam mendapati emas dan perunggu, mereka selanjutnya mendapati perak dan membuat jadi perhiasan. Waktu itu, perak banyak diketemukan di Eropa dan Asia Barat.

 

Nach, jelas sudah kan saat ini jika perhiasan banyak juga digunakan semenjak jaman prasejarah? Rupanya, perannya tidak berbeda jauh dengan jaman kekinian ini!