Samsung mengumumkan versi terbaru penyimpanan flash standar ufs 4.0. Rencananya akan diproduksi massal pada Kuartal ketiga tahun ini

Teknologi ini akan memberikan keuntungan besar dalam kecepatan dan efisiensi untuk perangkat seluler seperti smartphone, tablet dan juga kamera mirrorless. Debut media ufs 4.0 yang kapasitasnya dapat mencapai 1 TB dengan ukuran 11 mm * 13 mm tebalnya 1 mm, ini mungkin akan dijumpai pada ponsel lipat Samsung seperti Galaxy Z4 dan Galaxy Z flip 4 atau pada flagship mendatang Galaxy s23 pada tahun 2023 nanti

IFS adalah singkatan dari universal flashtorage standar memori penyimpanan yang digunakan oleh Smartphone kita juga dapat melihatnya di perangkat elektronik konsumen yang lain seperti kamera digital ataupun tablet. IFS setara dengan memori SSD komputer tetapi disesuaikan dalam bentuk dan ukuran untuk bekerja di Smartphone.

Modul generasi pertama dengan standar ini telah menawarkan kecepatan tiga kali lipat dan peningkatan lainnya dibandingkan dengan modul immc. Pesaing SSD lain yang dirancang untuk ponsel Standar yfs adalah jenis memori flashman sama seperti halnya SSD dan mengimplementasikan antarmuka duplex penuh. Artinya dapat membaca dan menulis data secara bersamaan sesuatu yang secara substansial meningkatkan kecepatan transmisinya dan sangat meningkatkan multitasking.

 menghitung pajak penjual dan pembeli

Manfaat utama dari Standar ufs adalah kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat multitasking aplikasi mengkonsumsi lebih sedikit daya baterai dan meningkatkan otonomi perangkat.

Perkembangan teknologi yang pesat memaksa hardware untuk bekerja lebih keras Misalnya saja ketika ingin mengambil foto dengan resolusi tinggi atau merekam video 4G dengan bitrate yang tinggi.

Di sinilah keunggulan dari yfs akan sangat terasa manfaatnya. Untuk mencegah kebingungan pasar dalam munculnya berbagai jenis kartu ditetapkanlah standar oleh asosiasi teknologi Solis state atau joint elektron device engineering consult disingkat Ji diisi GDC menerbitkan versi pembaruan ufs secara berkala ufs versi 1.1 diterbitkan pada Juni 2012 Kemudian pada bulan September 2013 yfs 2.0 menggantikan versi 1.1 dengan peningkatan bandwidth dan kinerja yang lebih baik.

Pada tahun 2014 Samsung menggunakan ufs sebagai memori internal smartphone terbarunya pada saat itu Galaxy S6. Seakan tidak mau ketinggalan siomay juga bergerak cepat menyusul Samsung kecepatan memori internal ufs 2.0 mencapai 1,2 GB per second jauh melebihi immc 5.0 dan bahkan sanggup mengalahkan SSD PC saat itu.

Selain kecepatan transfer yang lebih baik penggunaannya juga lebih hemat daya sehingga baterai smartphone akan dapat bertahan lebih lama.

Pada Januari 2018 GDC kembali menerbitkan versi 3.0 yang pastinya disertai dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi lagi. Kecepatan data yang dimiliki ufs 3.0 rata-rata 1,45 GB per second dan memiliki kecepatan maksimal hingga 2,9 GB per second.

Smartphone high end atau flagship keluaran tahun 2019 dan tahun 2020 pastinya sudah mengandalkan teknologi ufs 3.0 sebagai memori internal untuk meningkatkan performa smartphone secara keseluruhan.

GDC laki-laki memperbarui dan menerbitkan versi yang lebih baru pada Januari 2020 yaitu ufs 3.1. Ufs 3.1 telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang pastinya jauh mengalahkan yfs versi sebelumnya. Salah satu fitur itu diberi nama deep sleep kemampuan storage pada smartphone saat tidak digunakan dapat memiliki mode deep sleep artinya tidur nyenyak atau seakan-akan mati sehingga bisa lebih hemat daya.

Fitur ini pastinya membuat baterai ponsel lebih awet dan juga tahan lama. Secara teori kecepatan storage ufs 3.1 masih sama dengan yfs 3.0 namun fitur-fitur baru akan membantu kinerja yang lebih efisien dan lebih hemat daya. Lompatan yang dilakukan oleh Samsung dengan memperkenalkan ufs 4.0 Membuka peta Jalan bagi manufaktur lain untuk membuat perangkat dengan standar teknologi yang sama.

Apalagi fitur smartphone akan semakin gila dengan integrasi dunia digital terutama Finance block chain Meta dan juga desain ifs 4.0. Samsung memiliki bandwidth maksimum 23,2 GB per kanal atau dua kali ufs 3.1 y 4.0 dianggap ideal sebagai penyimpanan media untuk ponsel 5g yang membutuhkan data besar secara cepat.

Kunci utama dari peningkatan ini adalah berkat dukungan teknologi Finance generasi ke-7 dan controller baru yang memungkinkan kecepatan baca sekuensial hingga 4200 MB per second dan kecepatan tulis sekuensial hingga 2.800 MB per second.

Selain kecepatan baca tulis standar ufs 4.0 juga meningkat efisiensinya. Ponsel dengan yfs 4.0 dapat bertahan lebih lama sambil memanfaatkan kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Menurut Samsung yfs 4.0 menghasilkan peningkatan 46% dibandingkan ufs 3.1.

Selain menyediakan ufs 4.0 untuk ponsel lipat Samsung tablet dan produk Samsung yang lain. Samsung terbuka untuk bekerjasama dengan produsen industri lainnya untuk menyediakan standar flash storage terbaru ini, baik bagi produ ponsel otomotif perangkat augmen reality dan virtual reality serta produk elektronik yang lain. 2-3 tahun lagi kita akan sangat sulit untuk memprediksi perkembangan teknologi penyimpanan elektronik yang berkembang secara eksponensial.

Kita akan dikelilingi oleh data yang Hype rate hyperspeed baik melalui Cloud melalui server atau pada perangkat elektronik kita.

Arsip Infografis