Dilihat dari apa yang sudah kamu lakukan, maka keputusan untuk membeli dimulai secara online. Apabila semua orang melakukan hal yang sama, maka cara untuk mendapatkan banyak konsumen adalah melalui digital marketing di berbagai platform yaitu :

 

– Konten, dimana konsumen akan mendapatkan update tentang produk sebagai solusi dari kebutuhan yang dicari.

 

– Sosial media, dimana digunakan untuk share konten yang telah dibuat.

 

– Search Engine Optimization (SEO) untuk mengoptimasi konten yang akan keluar ketika seseorang mencari informasi yang dibutuhkan.

 

– Iklan, dimana berfungsi untuk mendrive trafik secara berbayar ke dalam web atau sosial media dimana konsumen dilihat penawaran.

 

– Email marketing, dimana kamu bisa melakukan follow up pada audien yang tertarik sehingga membeli produk sebagai solusi yang mereka butuhkan.

 

Ketika lima langkah tersebut dijalankan, maka kamu akan mendapatkan pemasaran yang efisien dan mudah untuk dijalankan secara online. Tentu saja untuk membangun itu semua kamu harus mengikuti pelatihan digital marketing dari dasar.

 

Skill Dasar Digital Marketing dalam Facebook Ads

 

Digital marketing telah menjadi ilmu yang banyak diincar oleh kalangan anak muda zaman sekarang. Mengetahui pengertian dan mempelajarinya secara individu tidaklah cukup, perlu bantuan orang yang sudah mengetahui seluk beluk internet marketing lebih dalam. Oleh karena itu perlu untuk mengikuti pelatihan digital marketing yang diselenggarakan dalam sebuah lembaga kursus.

 

Bagi kamu yang ingin menguasai Facebook Ads dalam digital marketing, pahami dulu skill dasar apa saja yang dibutuhkan. Jadi tidak akan kaget ketika nanti mempelajarinya di kelas kursus. Berikut ini skill dasar yang harus dimiliki seorang digital marketer dalam mempraktekkan Facebook Ads.

 

1. Pembuatan Konten yang Menarik

Konten selalu menjadi bagian yang penting dalam periklanan bahkan dalam digital marketing. Tanpa konten yang menarik konsumen tidak akan melirik produk yang ditawarkan. Konten akan terus menerus menjadi hal yang sangat besar dalam promosi.

 

Kamu harus menguasai cara membuat konten menjadi menarik dan berkualitas baik. Dimana hasilnya bisa menimbulkan interaksi dengan konsumen. Satu hal yang menarik dari konten adalah bisa berbentuk yang bervariasi. Konten Facebook ads yang bisa dibuat seperti video, tulisan, e-book, dll.

 

2. Membuat Video Iklan

Video menjadi strategi iklan Facebook yang sangat ampuh. Video mampu memberikan potensial tinggi dalam menarik perhatian konsumen khususnya untuk produk retail. Bukan hanya itu, video juga bisa naik ke ranking 50 besar Goggle dimana 80% dari konsumen akan membeli produk setelah melihat video iklan.

 

Apa yang membuatnya sangat menjanjikan? Karena video bentuknya personal. Ketika seseorang dilihat wajah dari orang yang memprmosikan tentu kepercayaan akan meningkat. Seorang digital marketer tak harus mengetahui secara detail bagaimana produksi video. Namun mengetahui bagaimana cara singkat membuat video melalui laptop adalah awal yang baik.

 

3. Mengetahui Cara Membaca Data

Apapun platform yang nantinya digunakan termasuk Facebook ads, membaca data menjadi skill dasar yang sangat penting supaya dapat membangun strategi kedepannya. Melakukan monitoring dan mendapatkan laporan melalui sebuah tools adalah mudah, tapi yang sulit adalah bagaimana mengumpulkan dan menggunakan informasi untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan mengaplikasikannya sebagai sebuah solusi.

 

Platform Facebook sendiri akan memberikan beberapa informasi seperti data pengguna berdasarkan umur, demografi, jenis kelamin hingga kebiasaan lainnya. Melalui informasi inilah kamu nantinya harus bisa membuat target iklan yang sesuai dengan produk.

 

4. Persuasif!

Tak hanya skill untuk membaca data, membuat video tetapi juga mampu membuat konten menarik. Menarik yang dimaksud adalah dapat menarik perhatian dan membujuk orang untuk dilihat lalu membeli. Iklan Facebook yang dibuat haruslah inovatif yang mendrive bisnis melaju kencang.

 

Sebelum membuat konten, cobalah untuk menanyakan kembali. Apakah iklan tersebut cukup menarik seseorang untuk membeli? Apakah cukup meyakinkan bagi tim kerja lainnya bahwa ide milikmu tersebut yang terbaik? Bagaimana cara menjadi persuasif dalam bentuk iklan bisa kamu pelajari di kursus digital marketing.

Empat skill di atas baru dasar-dasar saja dan masih banyak materi lain mengenai kursus digital marketing lain yang harus dikuasai. Untuk mengetahui ilmu apakah yang akan dipelajari, kamu bisa mengetahuinya dengan belajar marketing online sesuai dengan jenis-jenisnya.