Nah teman-teman, mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa submit ke jurnal Scopus itu berbayar. Nah, tidak semua, ternyata ada yang gratis atau free juga. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail bagaimana cara submit ke jurnal Scopus gratis, jadi baca sampai selesai!

mengirimkan jurnal Scopus gratis

Nah, langsung saja kita ke pembahasan selanjutnya, rekomendasi situs pengiriman jurnal gratis Scopus. Seperti diskusi yang cermat.

1. International Review of Research on Open and Distributed Learning (IRRODI)

Ok, situs pengajuan jurnal Scopus gratis pertama adalah IRRODI. IRRODI diselenggarakan oleh Universitas Athabasca. Jurnal di sini adalah Scopus akses terbuka. Jadi siapa pun bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja.
IRRODI berfokus pada dua bidang keilmuan, pendidikan dan ilmu sosial. International Review Research on Open and Distributed Learning (IRRODI) dimuat dalam jurnal Scopus Q1, terbit 4 kali dalam setahun.
Ini adalah rekomendasi jurnal yang bagus untuk mengirimkan jurnal Anda ke Scopus secara gratis.

2. Jurnal Internasional Ilmu Manajemen dan Manajemen Rekayasa

Rekomendasi situs berikutnya untuk mengirimkan jurnal Scopus gratis adalah International Journal of Management Science And Engineering Management. Artinya, website yang diterbitkan oleh Taylor & Francis Online (Tandfonline), yang sudah masuk Scopus sejak 2006 dan juga masuk Scopus Q1.
Bidang jurnal situs ini tidak hanya terfokus pada satu bidang saja. Ini termasuk bidang manajemen bisnis, bidang sistem informasi, teknik, bidang sistem informasi, matematika dan akuntansi.
Memang, artikel dalam jurnal diterbitkan secara gratis. Namun karena jurnal dibatasi hanya 4 judul per terbitan, dan jurnal hanya terbit 4 kali dalam setahun. Ini merupakan tantangan bagi penerbit jurnal. Tentunya situs ini sangat cocok bagi Anda yang ingin submit jurnal Scopus secara gratis.

3. JICT

Saran selanjutnya untuk pengajuan jurnal gratis Scopus adalah JICT. JICT telah masuk dalam Scopus sejak tahun 2011. Jurnal-jurnal di sini hanya fokus pada dua bidang, matematika dan ilmu komputer.
JICT termasuk dalam kategori Q3 jurnal Scopus dan terbit 4 kali dalam setahun dengan maksimal 7 artikel. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk mempublikasikan artikel di JICT, Anda dapat mengaksesnya melalui tautan beranda JICT. Tentunya jika ingin mempublikasikan di sini harus di bidang jurnal, dan bisa dipublikasikan secara gratis.

4. IJMEMS

Pengiriman jurnal gratis Scopus selanjutnya adalah IJMEMS (International Journal of Mathematics, Engineering and Management Sciences). Jurnal IJMEMS telah masuk dalam Scopus sejak tahun 2016. Jurnal-jurnal di sini mencakup berbagai bidang studi, yaitu teknik, akuntansi, matematika, komputasi, dan manajemen bisnis.
IJMEMS termasuk dalam kategori Q2 jurnal Scopus, dan biasanya IJMEMS menerbitkan 6 makalah per tahun. Tentu saja, yang terpenting adalah Anda bisa mempublikasikan jurnal ilmiah secara gratis di sini.

5. WJST

Oke, yang kelima yang submit ke jurnal Scopus gratis adalah WJST atau Valerac University. Penerbit jurnal ini termasuk dalam jurnal Scopus dari tahun 2012-2021 dan yang terpenting memiliki akses gratis ke situs WJST.
Dan WJST ini menerbitkan semua domain pengetahuan. WJST juga masuk dalam Scopus Q4, yang artinya 12 kali dalam setahun. Publikasikan hingga 10 artikel per artikel.
Jika Anda mempublikasikan di sini, Anda hanya perlu mengakses jurnal dengan mengunjungi situs tautan beranda WJST.

6. Jurnal Internasional Sains dan Teknologi Teknik (JESTECH)

Oke, saran terakhir untuk mengirimkan jurnal Scopus gratis adalah JESTECH. Jurnal di sini biasanya terbit selama 3 sampai 6 bulan, dan untuk persyaratan format, artikel yang dikirimkan harus dalam bentuk sederhana.
Misalnya, harus ditulis dalam satu kolom dengan ukuran font 12 atau lebih. Yang paling penting adalah tingkat plagiarisme tidak boleh melebihi 10%
Tentu saja, penerbitan jurnal di sini gratis dan termasuk dalam kategori jurnal akses terbuka.
Nah itulah beberapa rekomendasi situs pengiriman jurnal Scopus gratis. Oke sobat mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu cara masuk jurnal scopus.

Sumber : Al-makkipublisher

Cara masuk jurnal Scopus

Langsung saja kita ke pembahasan selanjutnya, bagaimana cara masuk ke jurnal Scopus, dan pembahasan yang cermat seperti apa bentuknya.

1. Latihan menulis artikel ilmiah

Praktik menulis artikel sangat penting bagi mereka yang ingin jurnalnya masuk Scopus. mengapa demikian? Karena Anda tahu, menulis bukanlah bakat, melainkan kemampuan. Jadi siapa pun bisa menjadi penulis ahli. Latih kemampuan menulis Anda, karena menulis yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk masuk ke jurnal Scopus.

2. Menyesuaikan bidang ilmu

Ini adalah bagian yang perlu Anda perhatikan. Perlu diingat bahwa artikel yang Anda buat harus melalui beberapa tahapan, seperti editing, review, dan drafting, sebelum bisa dipublikasikan. Dan juga akan direview oleh para ahli di berbagai bidang untuk menentukan apakah artikel tersebut layak untuk dipublikasikan. Oleh karena itu, wajar jika Anda memperhatikan bidang ilmu pengetahuan.Cobalah untuk menulis artikel berdasarkan bidang ilmu yang Anda kuasai.Misalnya bidang yang Anda kuasai adalah bidang pendidikan, sehingga Anda bisa memposting artikel tentang topik pendidikan.

3. Tulis artikel yang inovatif dan menarik

Membuat artikel ilmiah tidak harus monoton. Anda juga dapat menambahkan materi yang sangat relevan dengan isu terkini. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan poin-poin ini.

Kesimpulan

Nah sobat, mungkin cukup sedikit pembahasan tentang saran submit ke jurnal gratis Scopus. Semoga artikel kami bermanfaat untuk Anda, dan semoga artikel kami memberikan wawasan untuk Anda semua. terima kasih

By Drajad