Apakah Anda seorang pecinta tanaman? Tahukah Anda berapa kali sehari Anda menyirami tanaman? 2 kali sehari atau 3 kali sehari?

 

Biasanya air dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Tapi, buat kamu yang suka menanam, jangan hanya menyiram air saja. Tergantung pada jenis tanaman, umur dan cuaca.

 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menyiram? Berapa kali intensitas sehari? Simak aturan penyiraman yang benar di bawah ini.

 

Waktu yang Tepat untuk Menyirami Tanaman Anda

Bukan hanya sekedar menyiram, tetapi menyiram tanaman memiliki waktu dan intensitas tertentu. Jadi, berapa kali sehari Anda harus menyirami tanaman Anda?

 

Tanaman air menurut jenisnya

Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya menyiram tanaman baik pada pagi dan sore hari. Namun, Anda juga harus memperhatikan jenis tanamannya.

 

Untuk jenis tanaman dewasa, Anda bisa menyiram 250ml 3 kali sehari.

 

Sedangkan untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, Anda bisa menyiraminya dua kali sehari.

 

Waktu Penyiraman Berdasarkan Usia

Umur tanaman masih muda, dan kekuatannya hampir sama dengan tanaman dewasa. 

 

Hanya saja, jumlah airnya lebih sedikit. Setidaknya 100 ml untuk satu penyiraman usia muda.

 

Sedangkan untuk tanaman dewasa intensitas penyiraman dilakukan 2 kali sehari dengan dosis 250 ml pada pagi dan sore hari.

 

Siram tanaman Anda sesuai cuaca

Tanaman memang membutuhkan air, tetapi terlalu banyak air justru dapat membunuh tanaman.

 

Saat musim hujan, siram sekali sehari. Mencegah pembusukan akar yang disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan, baik itu tanaman dewasa maupun tanaman kecil.

 

Air sesuai dengan kondisi tanaman

Penyiraman juga perlu menyesuaikan kondisi. Jika tanaman terlihat layu terutama pada siang hari, perbanyak penyiraman pada pagi hari dan jangan pada sore hari.

 

air per jam

Di pagi hari, usahakan untuk menyiram sebelum pukul 07.00. Pada saat yang sama, yang terbaik adalah menyiram setelah pukul 15:00 sore.

 

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa pada saat-saat ini, stomata daun tanaman telah berubah. Artinya, buka pada pagi hari dan tutup pada sore hari. Oleh karena itu, kebutuhan akan air akan selalu terpenuhi.

 

Efek menyiram tanaman di siang hari

Umumnya, waktu terbaik untuk menyirami tanaman Anda adalah di pagi dan sore hari. Tetapi bagaimana jika Anda menyiramnya di siang hari? Apakah itu penting? Yuk, kita bahas.

 

Biasanya, beberapa orang yang suka berkebun menyiram tanaman di cuaca panas. Tujuannya agar tanaman tidak kepanasan karena terik matahari. Tapi tunggu. Apakah boleh menyiram tanaman di siang hari? Apakah itu mempengaruhi tanaman?

 

Padahal, tanaman harus disiram secara teratur, terutama saat musim tanam, yaitu pagi dan sore hari.

 

Tentu saja, menyiram tanaman di sore atau pagi hari adalah untuk menjaga persediaan air tetap terjaga setiap saat. Apalagi di musim kemarau.

 

Jadi, bagaimana jika Anda menyiram saat cuaca panas? Apakah itu mempengaruhi pertumbuhan tanaman?

 

Padahal, tidak ada pantangan untuk menyiram berbagai tanaman di siang hari. Hanya saja, jika disiram pada siang hari, efeknya akan muncul. di:

 

terjadi penguapan tinggi

Penguapan bisa tinggi ketika Anda menyirami tanaman Anda di hari yang panas.

 

Tentu saja kondisi ini memicu tanaman untuk menguapkan air yang dibutuhkannya sebelum bisa diserap oleh akar.

 

Jadi, menyiram tanaman di siang hari saat musim kemarau rasanya kurang pas. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menyiram lebih banyak di pagi hari, yang akan memastikan pasokan air dari pagi hingga malam.

Baca Juga : growing swiss chard in containers

Memicu penyusutan sel tanaman

Saat tanaman disiram pada siang hari, ada juga efek penyusutan sel tanaman. Terutama sel-sel pada daun.

 

Sel bisa pecah jika dibiarkan dalam kondisi cuaca panas. Oleh karena itu, jika ini diulangi, tanaman akan cepat rusak dan mudah layu di kemudian hari.

 

terlalu banyak air

Perlu Anda ketahui bahwa proses terbaik fotosintesis tumbuhan terjadi di pagi hari.

 

Sebab, intensitas fotosintesis pada siang hari akan berkurang. Oleh karena itu, air yang ditambahkan pada penyiraman siang hari, yang berguna untuk fotosintesis tanaman, kemungkinan besar tidak akan diserap sama sekali.

 

pemicu jamur akar

Kelebihan pasokan air, tidak diserap oleh semua orang, dapat memicu pertumbuhan jamur. Kondisi ini justru dapat menyebabkan tanaman cepat mati dan sulit berkembang.

 

akar busuk

Selain jamur, penyiraman di siang hari tanpa melihat kondisi tanaman juga bisa memicu busuk akar. Hal ini karena air tidak diserap oleh semua tanaman.

 

Akibatnya, akar tanaman memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, berpotensi menyebabkan busuk akar.

 

Selain waktu penyiraman, Anda juga harus hati-hati memilih jenis air yang Anda gunakan untuk menyirami tanaman. Lebih baik menggunakan air sumur, yang lebih aman.

 

Jadi, Anda sudah tahu, berapa kali sehari Anda menyirami tanaman Anda? Pastikan untuk menyesuaikan jenis, umur, cuaca, kondisi tanaman dan waktu yang tepat.

 

Sejauh ini, semuanya jelas. Menyiram tanaman di siang hari tidak dianjurkan. Mengingat hal itu akan berdampak negatif bagi pabrik itu sendiri.

 

Suka topik tanaman kunjungi www.marylandlawnandgarden.com